Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP

Kembali bersama Website Edukasi, Apa kabar adik-adik semua? Tentunya kami berharap semua dalam kondisi baik. Dalam pertemuan ini Website Edukasi akan berbagi contoh soal PTS mata pelajaran Bahasa Indonesia semester 2.

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP ini kami ambil dari materi Teks Ulasan dan Teks Persuasif yang berjumlah 20 soal pilihan ganda dilengkapi dengan kunci jawabannya. Kami harapkan dengan contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP ini dapat memberi bekal untuk adik-adik yang akan menghadapi PTS. Langsung saja yuk kita simak contoh soalnya dibawah ini :

Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP

1. Perhatikan pernyataan di bawah ini !

1)Teks yang menjelaskan suatu penilaian maupun komentar baik kelebihan dan kekurangan suatu karya.

2)Teks yang menjelaskan suatu proses peristiwa sosial maupun budaya

3) Teks yang berisikan ajakan dan bujukan

4) Teks yang berisikan suatu pendapat maupun fakta

Dari pernyataan di atas manakah definisi yang tepat untuk teks ulasan !

A. 4

B. 3

C. 2

D. 1

2. Novel, cerpen, film, drama, lagu, lukisan dan buku merupakan bagian ……… yang ada pada teks ulasan.

A. Objek tanggapan

B. Kaidah kebahasaan teks ulasan

C. Kelebihan dan kekurangan ulasan

D. Struktur teks ulasan

3. Perhatikan pernyataan di bawah ini !

Identitas

Orientasi

Sinopsis

Analisis

Evaluasi

Rekomendasi

Bagian di atas merupakan bagian dari ……….. teks ulasan.

A. Kelebihan dan kekurangan ulasan

B. Objek tanggapan ulasan

C. Struktur ulasan

D. Kaidah kebahasaan ulasan

4. Judul : Atheis

Pengarang : Achdiat K. Miharja

Penerbit: Balai Pustaka

Tahun Terbit : 1949 (cetakan pertama)

Tebal Halaman : 232 halaman

Pernyataan di atas merupakan bagian struktur teks ulasan

A. Sinopsis

B. Identitas

C. Analisis

D. Orientasi

5. Bacalah kalimat berikut !

“ Dillan merupakan novel karya Pidi Baiq yang mendapat apresiasi dari berbagai kalangan terutama anak remaja. Sementara itu, novel garapan Pidi Baiq ini kini diangkat ke layar lebar untuk mengobati kerinduan para pembacanya…”

Kutipan kalimat di atas merupakan bagian struktur teks ulasan ……….

A. Identitas

B. Orientasi

C. Analisis

D. Sinopsis

6. Perhatikan pernyataan di bawa ini !

– Konjungsi penerang

– Konjungsi temporal

– Konjungsi penyebab

– Pernyataan berupa saran

– Kata perintah dan ajakan

Dari pernyataan di atas yang bukan bagian dari kaidah kebahasaan teks ulasan yaitu ……..

A. Kata perintah dan ajakan

B. Konjungsi penyebab

C. Pernyataan berupa saran

D. Konjungsi penerang

7. “ Jangan sampai salah pergaulan hingga pada akhirnya kita malah tersesat….”

Pernyataan di atas pada kata “ Jangan” merupakan bagian kaidah kebahasaan ……..

A. Konjungsi penyebab

B. Konjungsi temporal

C. Konjungsi penerang

D. Pernyataan berupa saran

8. Kata-kata seperti bahwa, yakni, dan yaitu merupakan bagian dari konjungsi ……….

A. Konjungsi penyebab

B. Konjungsi penerang

C. Konjungsi temporal

D. Pernyataan berupa saran

9. Secara garis besar teks persuasif merupakan teks yang …….

A. Teks yang berisikan suatu pendapat maupun fakta

B. Teks yang menjelaskan suatu penilaian maupun komentar baik kelebihan dan kekurangan suatu karya.

C. Teks yang menjelaskan suatu proses peristiwa sosial maupun budaya

D. Teks yang berisikan ajakan dan bujukan

10. Di bawah ini yang bukan bagian dari isi teks persuasi ialah …….

A. Argumentasi

B. Perintah

C. Fakta

D. Ajakan

11. Ajakan dalam teks persuasi ada 2 yakni …..

A. Singkat dan padat

B. Tidak bertele-tele

C. Tersirat dan tersurat

D. Jelas dan rinci

12. Ajakan yang tersembunyi dibalik pernyataan merupakan ajakan dalam teks persuasi bagian …….

A. Perintah

B. Fakta

C. Tersirat

D. Tersurat

13. Struktur teks persuasi yang tersusun dengan benar adalah ………..

A. Pengenalan isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan, penegasan kembali

B. Pengenalan isu, pernyataan ajakan, penegasan kembali, rangkaian argumen

C. Penegasan kembali, pernyataan ajakan, pengenalan isu, rangkaian argumen

D. Rangkaian argumen, pernyataan ajakan, penegasan kembali, pengenalan isu

14. Bacalah kutipan di bawah ini !

“ Pro dan kontra tentang pengadaan UN (Ujian Nasional) di setiap sekolah yang menjadi penanda kelulusan setiap siswa masih saja berkembang hingga saat ini, bagi mereka yang kontra menganggap bahwa rasanya tidak adil jika hasil belajar selama 3 tahun di sekolah atau 6 tahun di sekolah dasar hanya ditentukan selama 3 hari.”

Kutipan di atas termasuk ke dalam struktur teks persuasi bagian …..

A. Rangkaian argumen

B. Penegasan kembali

C. Pengenalan isu

D. Pernyataan ajakan

15. Bacalah kutipan di bawah ini !

“ Fenomena ini malah memunculkan suatu pemikiran atau paradigma SKS atau sistem kebut semalam bagi para siswa yang hanya belajar dengan benar pada saja musim ujiannya saja. Di tahun 2008 akhirnya pemerintah mengeluarkan peraturan yang isinya sekolah tetap harus mencantumkan nilai rapor setiap siswa.”

Kutipan di atas termasuk ke dalam struktur teks persuasi bagian …..

A. Rangkaian argumen

B. Pernyataan ajakan

C. Penegasan kembali

D. Pengenalan isu

16. Bacalah kutipan di bawah ini !

“ Agar nilai rapor mereka mendapat nilai yang bagus ditunjang dengan nilai UN, sehingga syarat kelulusan siswa siswi ini bisa tercapai dengan mudah. Maka dari itu, kita harus mulai untuk belajar sedini mungkin untuk mempersiapkan UN agar kita dapat mengerjakan soal ujian dengan baik dan menambah pemahaman kita akan setiap materi yang sudah diberikan oleh guru di sekolah.”

Kutipan di atas termasuk ke dalam struktur teks persuasi bagian …..

A. Rangkaian argumen

B. Penegasan kembali

C. Pernyataan ajakan

D. Pengenalan isu

17. Bacalah kutipan di bawah ini !

“Mengingat tujuan belajar itu penting, dengan demikian dibutuhkan usaha yang keras dan tekun selama kita sekolah bukan lagi sistem kebut semalam yang tidak baik dilakukan pada saat ujian akhir. Marilah kita mulai berpikir untuk giat belajar sedini mungkin karena tidak ada kata terlambat, yang ada hanyalah penyesalan di kemudian hari.”

Kutipan di atas termasuk ke dalam struktur teks persuasi bagian …..

A. Penegasan kembali

B. Rangkaian argumen

C. Pernyataan ajakan

D. Pengenalan isu

18. Kata-kata seperti: karena, jika, sebab, dan akibatnya termasuk ke dalam kebahasaan teks persuasi bagian……

A. Kata mental

B. Kata majemuk

C. Kata penghubung argumentatif

D. Kata imperatif

19. Bacalah kutipan di bawah ini !

“Marilah kita mulai berpikir untuk giat belajar sedini mungkin karena tidak ada kata terlambat, yang ada hanyalah penyesalan di kemudian hari.”

Dari kutipan di atas kata yang termasuk ke dalam kata kerja mental adalah …..

A. Kemudian hari

B. Terlambat

C. Marilah

D. Berpikir

20. Langkah- langkah yang tepat dalam menyusun teks persuasi adalah ……

A. Tentukan tema, susun perincian, pengumpulan bahan, pengembangan teks

B. Pengumpulan bahan, tentukan tema, pengembangan teks, perincian

C. Tentukan tema, pengembangan teks, susun perincian, pengumpulan bahan

D. Susun perincian, pengembangan teks, pengumpulan bahan, tentukan tema

Download Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP

Jangan lupa bahwa contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP ini dapat Anda unduh dalam format PDF sebagai bahan pembelajaran dirumah melalui tautan berikut ini :

Download Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP

Demikian contoh soal PTS mata pelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMP yang telah kami bagikan kali ini, semoga contoh soal ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar