17+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Penjelasannya

A. Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Untuk memahami apa yang dimaksud dengan teks laporan hasil observasi, maka perlu kiranya membedah setiap kata yang menyusunnya. Teks ini terdiri dari tiga kata penyusun, yakni laporan, hasil, dan observasi.

Laporan dalam KBBI artinya segala sesuatu yang dilaporkan. Laporan bisa juga berarti berita.

Hasil dalam KBBI artinya sesuatu yang diadakan. Diadakan disini maksudnya bisa dibuat, dijadikan, dan sebagainya.

Observasi dalam KBBI artinya peninjauan secara cermat.

Berdasarkan pengertian dari masing-masing kata tersebut, maka teks laporan hasil observasi adalah sebuah teks yang isinya adalah laporan yang dibuat oleh pembuat atau pelapor berdasarkan hasilkan peninjauan secara cermat mengenai objek yang dilaporkan.

Dengan demikian, teks laporan hasil observasi adalah teks yang tidak bisa sembarangan ditulis. Sebelum ditulis, harus didahului kegiatan peninjauan secara cermat atau observasi. Hal ini karena dasar dari teks laporan hasil obervasi ini adalah peninjauan atau pengamatan secara cermat.

Teks laporan hasil obervasi bukanlah tulisan yang didasarkan pada kegiatan mengawang-awang atau berimajinasi.

B. Karakteristik Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil obervasi memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan teks-teks lainnya yang kalian pelajari disekolah. Diantara perbedaan tersebut antara lain:

1. Objektif yang dimaksud disini adalah bahwa teks laporan hasil observasi tidak mengandung opini atau pendapat pembuat teksnya yang subjektif. Namun, pembuat teks ini hanya menulis berdasarkan apa yang dia amati atau dia tinjau dengan cermat.

2. Informatif yang dimaksud disini adalah bahwa teks laporan hasil obersvasi berisi berbagai hal yang ditujukan untuk memberitahukan. Maka dari itu, orang yang membaca atau menyimak teks ini akan merasa bertambah pengetahuannya.


3. Faktual yang dimaksud disini adalah bahwa segala kandungan yang tertuang didalam teks ini berisi fakta 100% yang benar dan apa adanya. Tidak terkandung didalamnya kebohongan atau sesuatu yang mengada-ada. Uraian yang diberikan adalah murni hasil peninjauan yang cermat.

C. Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi adalah bentuk sederhana dari penelitian yang lebih kompleks seperti jurnal, skripsi, tesis, atau disertasi. Proses pembuatannya juga sama-sama berkarakter objektif.
  • Dalam konteks individu, maka orang bisa menggunakan teks ini sebagai dasar untuk menyampaikan hal-hal secara informatif kepada khalayak. Memuaskan keingin tahuan khalayak yang secara psikilogis memiliki sifat kepo. Apalagi jika teks ini mengangkat topic berdasarkan objek-objek yang menarik.
  • Dalam konteks lembaga, maka teks ini juga bisa dijadikan dasar atau acuan dalam memutuskan langkah atau menetapkan kebijakan terhadap suatu masalah. Hal ini karena keputusan yang didasarkan pada informasi-informasi yang objektif diperlukan agar keputusan tersebut bisa tepat sasaran.

D. Tujuan teks laporan hasil observasi

  • Menyampaikan informasi secara mendalam tentang suatu objek kepada khalayak.
  • Menambah wawasan tentang berbagai hal yang belum banyak diketahui oleh khalayak
  • Memuaskan keingin tahuan khalayak tentang terhadap hal-hal yang ingin diketahui khalayak

E. Struktur teks laporan hasil observasi

1. Pernyataan umum adalah bagian pembuka dari struktur teks ini. Isinya semacam pengantar bagi sebelum masuk ke dalam bagian struktur yang lain. Biasanya berisi hal-hal umum tentang objek yang dikaji. Sifatnya adalah garis besar yang memberikan pemahaman awal bagi pembaca teks.

2. Deskripsi bagian adalah uraian yang mendetailkan objek. Objek-objek yang dibahas dalam teks laporan hasil observasi, biasanya dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis-jenisnya, atau berdasarkan elemen-elemen yang terdapat dalam objek yang diobservasi.

3. Deskripsi manfaat adalah bagian dari struktur teks laporan hasil observasi yang menguraikan fungsi atau manfaat dari objek yang dibahas. Hal ini karena biasanya objek observasi adalah sesuatu yang memiliki fungsi atau manfaat tertentu dalam kehidupan.

Dititik inilah sebetulnya akan terlihat mana teks laporan hasil obervasi itu bernilai manfaat atau tidak. Semakin banyak manfaat yang diuraikan, maka semakin banyak juga manfaat yang dapat dirasakan oleh pembaca.

F. Studi Kasus Bedah Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Untuk menambah pemahaman tentang struktur teks laporan hasil obervasi, perlu kiranya kita coba melakukan studi kasus dengan sebuah artikel berikut ini:
Media Sosial
Struktur bagian pernyataan umum:
Media sosial, atau disingkat medsos (dalam bahasa Inggris social media) adalah media daring (dalam jaringan)/online yang didalamnya memungkinkan para pengguna dapat berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isinya. Saat ini, media sosial digemari oleh banyak orang. Bahkan, hampir semua orang memiliki media sosial.
Pembahasansatu paragraf diatas ini berisi pernyataan umum tentang apa yang dimaksud media sosial. Didalamnya terdapat kalimat definisi yang menerangkan apa itu media sosial

Struktur bagian deskripsi bagian/klasifikasi:
Media sosial yang ada dan berkembang hari ini sangat banyak jumlahnya. Begitu juga dengan penggunanya. Jika diamati, setidaknya ada tiga hal yang dapat dibagi dan dijadikan bahan tukar menukar di media sosial. Pertama, teks atau tulisan. Kedua, gambar, baik hasil kamera atau hasil rekaan di aplikasi tertentu. Ketiga, video.
Masing-masing media sosial yang dikembangkan oleh pengembang aplikasi, berbeda-beda dalam membuka ruang berbagi kontennya. Ada media sosial yang membatasi penggunanya hanya dapat bertukar gambar dengan sdikit teks, ada yang dapat bertukar teks dengan sedikit gambar, ada yang dapat bertukar video dan teks, namun ada juga yang memberikan ruang untuk bertukar ketiga hal tersebut.
Youtube adalah contoh media sosial yang dikenal sebagai tempat saling bertukar dan berbagi video dengan sedikit teks. Sementara facebook dan instagram adalah contoh media sosial yang memiliki kelengkapan konten. Didalamnya, orang bisa bertukar teks, gambar, dan video sekaligus. Adapun di aplikasi semial quora, yang bisa dilakukan adalah bertukar teks dan gambar. Tentu saja, masih banyak contoh media sosial lain dengan kekhasannya tersendiri jika kita mencari tahu.
Pembahasandalam tiga paragraf diatas, dijelaskan bagaimana klasifikasi dari media sosial dari hasil pengamatan penulisnya. Bahwa media sosial memiliki tiga macam konten berbagi. Masing-masing media sosial memiliki karakter tersendiri dan keputusan berbeda dalam memilih konten mana yang diberi ruang untuk dibagi.
Struktur bagian deskripsi manfaat:
Media sosial ini memiliki beragam fungsi dan manfaat bagi kehidupan manusia. Diantaranya adalah:
Pertama, menjadi sarana komunikasi jarak jauh. Dengan media sosial, yang jauh bisa terasa dekat. Beberapa media sosial memiliki fitur yang memungkinkan komunikasi dilakukan secara real time.
Kedua, menjadi media informasi. Dengan media sosial, orang juga bisa bertukar informasi dengan cepat dan mudah. Jika dulu orang hanya bergantung dari Koran, radio, atau televisi, maka sekarang setiap orang bisa dan berpotensi menjadi sumber informasi sekaligus penyampainya.
Ketiga, menjadi tempat rekreasi atau mendapatkan hiburan. Di media sosial, orang juga bisa saling memberi kebahagian kepada yang lain dengan membagikan tulisan, gambar, atau video yang lucu atau menghibur. Sehingga jangan heran jika banyak orang senyum-senyum sendiri ketika sedang memegang gadget-nya.
Keempat, menjadi media belajar. Media sosial juga sebetulnya bisa dijadikan tempat belajar. Banyak orang yang dengan sukarela membagikan pengetahuan dan ilmunya di media sosial. Mereka adalah orang-orang yang tidak pelit ilmu dan memiliki otot berbagi yang kuat. Sehingga orang lain bisa mereguk manfaat dari ilmunya.
Kelima, menjadi media silah ukhuwah atau penjalin persaudaraan. Dengan media sosial, banyak orang yang tadinya tidak saling kenal menjadi kenal. Dari yang tadinya sedikit teman menjadi banyak teman. Begitulah yang terjadi. Media sosial membuat banyak orang terjalin persaudaraannya. Bahkan, di media sosial, orang juga bisa menemukan kawan lamanya yang lama tak bersua.
Pembahasandalam lima paragraph diatas, dijelaskan bagaimana manfaat atau fungsi-fungsi yang dapat ditemukan dari media sosial. Ada setidaknya lima manfaat berdasarkan pengamatan dari penulisnya terhadap media sosial

G.Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

1. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan


Unta Hewan Punuk Dua


Deskripsi umum

Unta adalah salah satu hewan yang biasanya ditemukan di wilayah kering. Umumnya, tersebar di daerah gurun yang ada di sekitar benua Asia dan benua Afrika Utara. Di Indonesia, pasti kamu jarang menemukannya, mengingat Indonesia wilayah subur dan tropis. Paling, unta kalian temukan di Kebun Binatang. Itupun tidak banyak.

Deskripsi bagian

Tubuh unta sebetulnya bermacam-macam, tergantung jenisnya. Namun, saya jamin, unta yang sering kamu lihat adalah unta Arab. Mengingat inilah unta yang paling dikenal. Tubuh unta ini warna kulitnya nampak cerah. Tepatnya warna coklat muda.
Bagian punuk unta arab ini sebetulnya ada dua. Hanya saja, besar kedua punuknya berlainan. Yang satu lebih besar, sedangkan yang satunya kecil. Sehingga banyak yang mengira unta yang satu ini punuknya satu.
Tubuh unta arab lebih kecil dari unta satunya lagi, yakni unta baktrian. Unta ini memang lebih langka dan jarang ditemukan. Fisiknya agar berbeda dengan unta arab. Bagian punuknya sangat nampak ada dua buah. Selain itu warnanya juga lebih gelap. Seperti coklat tua.

Deskripsi manfaat

Unta manfaatnya sangat banyak bagi manusia. Diantaranya bisa di makan. Bahkan, sebenarnya termasuk salah satu hewan kurban. Bukan hanya itu, unta juga adalah hewan yang bisa diajak bepergian dalam jarak yang jauh dan cuaca terik. Mengingat ia memiliki kantung penyimpan energi di dalam punuknya

2. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Bunga


Bunga Melati


Deskripsi Umum

Bunga melati merupakan salah satu bunga yang cantik dan sedap dipandang mata. Sehingga ia banyak di koleksi oleh para pecinta tumbuh-tumbuhan.

Deskripsi Bagian
Bunga melati memiliki 200 jenis yang sudah ditemukan oleh ahli-ahli dalam bidang botani. Namun, yang biasanya digunakan untuk tanaman hias dan membersamai kehidupan manusia hanya sekitar 9 jenis saja. Sedangkan kebanyakan yang lainnya tumbuh secara liar di dalam hutan.

Bunga ini termasuk ke dalam tanaman perdu. Batang yang dimilikinya tegak dan mampu hidup menahun. Ia juga merupakan tumbuhan yang merambat dari bagian keluarga zaitun. Warnanya yang mungkin kalian sering lihat adalah putih.Wanginya juga memiliki kekhasan tersendiri.

Deskripsi manfaat

Melati banyak dikoleksi oleh manusia karena kegunannya cukup banyak. Diantaranya adalah untuk tanaman hias, untuk dekorasi, hingga untuk mempercantik pengantin. Dengan segala macam kegunaannya, kita harus bersyukur bahwa Allah Swt menciptakan bunga ini.

3. Contoh Teks Laporan Hasil ObservasiSampah atau Lingkungan


Sampah Organik dan Anorganik


Definisi Umum

Sampah adalah sisa pembuangan dari benda-benda yang digunakan oleh manusia. Ketika suatu benda sudah dipakai dan dianggap kegunaannya sudah tidak ada, maka ia dapat dikatakan sebagai sampah. Biasanya, setelah menjadi sampah, benda tersebut dibuang.

Definisi Bagian

Sampah sendiri ada jenisnya. Berdasarkan proses terurainya, ada dua jenis sampah yang mesti diketahui. Pertama adalah sampah organik, sedangkan yang kedua adalah salmpah anorganik.
Sampah organik adalah sampah yang mudah terurai dan menyatu dengan alam. Ia bisa melapuk menjadi bahan-bahan yang kecil lalu menyatu dengan alam. Diantaranya adalah daun-daun yang jatuh, jerami, rumput, alang-alang, juga sayur-sayuran yang biasa ditemui di pasar.
Sedangkan sampah anorganik adalah sampai yang sulit terurai. Ia lebih awet dan bisa menyebabkan kerusakan alam jika terlalu banyak dan menumpuk karena sulit untuk dihancurkan. Contohnya adalah sampah plastik. Banyak benda-benda berasal dari plastik lalu menjadi sampah.

Deskripsi Manfaat
Namun ada sebagian orang yang jeli dengan keadaan. Mereka memanfaatkan sampah dengan memperbaharuinya menjadi barang-barang yang berguna. Bahasa lainnya adalah daur ulang. Dengan daur ulang, bahkan banyak benda yang tadinya sudah jadi sampah menjadi bernilai lagi serta bisa dijual.

4. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Rumah

Rumahku Surgaku


Definisi Umum

Rumah adalah tempat yang ditinggali oleh semua manusia dimuka bumi. Hampir semua manusia memiliki rumah yang menjadi tempat tinggalnya. Demikian juga dengan aku.

Deskripsi Bagian

Rumahku memiliki halaman yang cukup luas. Aku menanam banyak bunga dan sebuah pohon mangga didepannya. Sehingga ketika keluar rumah, warna hijau dan warna warni menyambutku.
Di bagian dalam, ada tujuh ruangan saja. Tidak banyak. Yakni satu ruang tamu, satu ruang tengah, dua kamar tidur, satu kamar mandi, satu dapur, dan satu gudang. Tempat favoritku adalah ruang keluarga. Disana ada televisi dan aku biasa berkumpul bersama keluarga disana.
Kamarku juga aku senang. Ada lemari belajar yang membuatku semangat belajar. Meski nampak tua, namun masih kokoh untukku untuk menopang dagu di atasnya.


Deskripsi Manfaat

Banyak sekali kenanganku terhadap rumah ini. Aku merasa betah didalamnya. Disana aku dididik dengan tulus oleh kedua orangtuaku, disana juga aku belajar dan berlindung dari berbagai hal buruk yang ada di lingkungan sekitar.

5. Contoh Teks Laporan Hasil Obervasi Kesehatan

Daun Sirih dan Kegunaannya

Definisi Umum
Apakah kamu pernah mendengar daun sirih? Dikutip dari Wikipedia.org, daun ini adalah daun yang merupakan tanaman asli Indonesia. Ia biasanya tumbuh merambat dan besandar pada pohon yang lain. Nama ilmiahnya adalah piper betle. Untuk mengonsumsinya, umumnya orang-orang mengunyahnya.

Deskripsi Bagian
Daun sirih, jika ditelusuri setiap unsur ada terkandung di dalamnya, sebagaimana dikutip dari hellosehat.com, per- 100 gram 85-90%-nya terdiri dari air. Sementara sisanya terdiri dari lemak, protein,iodine, sodium, vitamin A,vitamin B1, vitamin B2, dan asam nikotinat dengan kadar yang tentu saja lebih kecil dari air.
Daun sirih sendiri ada jenisnya. Diantara jenis yang terkenal adalah daun sirih hijau dan daun sirih merah. Perbedaan yang mencolok adalah dari batangnya. Jika daun sirih merah memiliki batang yang berbentuk bulat, maka daun sirih hijau batangnya hijau keunguan dan tidak memiliki bunga. Meskipun demikian, keduanya sama-sama tanaman rambat dan bentuk daunya seperti bentuk hati.

Deskripsi Manfaat
Meskipun ada perbedaan ciri fisik, namun daun sirih manapun sama-sama memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan manusia. Bukan hanya memiliki, namun, daun sirih juga manfaatnya sangatlah banyak. Diantaranya adalah menurunkan gula dara pada penderita diabetes tipe A, menurunkan kolestrol, menurunkan tekanan darah, bahkan dapat menjadi pengangkal bagi penyakit kanker.
Selain itu, daun ini juga dipercaya  dapat mempercepat penyembuhan luka bakar jika ada bagian tubuhmu yang terbakar, membantu menurunkan tingkat depresi,menjaga saluran pencernaan,meningkatkan energy, mengobati radang mimisan, menjadi obat batuk, hingga mengobati radang prostat.
Jika kamu pernah melihat nenek atau kakekmu sering mengunyah daun sirih, itu juga ternyata didasari keyakinan bahwa ada manfaat dari kegiatan tersebut. Manfaat lainnya yaitu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Dipercaya, sirih mampu menghambat pertumbuhan bakteri dimulut, mencegah gigi berlubang, membersihkan gigi dan gusi dari sisa kotoran, termasuk mencegah dari penyakit gusi.
Begitu banyak manfaat yang ada pada daun sirih. Maka, bisa saja kamu menjadikan ini sebagai salh satu opsi untuk menjaga kesahatan.

6. Contoh Teks Laporan Hasil Obervasi Teknologi

Facebook dan Manfaatnya

Definisi Umum
Apakah kamu memiliki akun facebook? Sebagai salah satu sosial media yang ada di dunia, facebook termasuk yang paling populer. Ia adalah salah satu layanan jejaring sosial yang berpusat di daerah California, Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 2004. Tokoh utama dari pendiriannya adalah seseoran bernama Mark Zuckerberg yang saat ini menjabat sebagai Ketua dan CEO dari Facebook,inc.

Deskripsi BagianJumlah pengguna jejaring sosial ini hingga tahun 2019, mencapai sekitar 2,3 miliar manusia. Jumlah yang sangat banyak ini tentu saja tak terlepas dari fitur-fitur yang terdapat didalamnya. Sebagai pengguna facebook, kita bisa mengamati bahwa terdapat bagian-bagian  yang membuatnya menjadi sesuatu yang sangat berguna dan menyenangkan jika digunakan.
Fitur tersebut antara lain: fitur timeline, yang memungkinkan kita mengunggah cerita yang dibagikan lalu dilihat berdasarkan urutan waktu. Ada juga fitur messenger, yang membuat penggunanya bisa saling terkoneksi dengan mode japri (jaringan pribadi). Selain itu, fitur berbagi posting juga memungkinkan berbagi dalam berbagai bentuk mulai dari teks, foto, hingga video.
Ada juga fitur safety check yang mampu mengabarkan kondisi setiap pengguna ketika lokasi tinggalnya dilanda bencana, kemudian fitur facebook reaction yang memberikan opsi reaksi bagi pengguna yang tidak hanya jempol atau tanda love, tapi bisa juga emote-emote dengan beragam ekspresi. Selain itu, ada juga fitur marketplace, facebook ads, fanpage, grup, dan banyak lagi.


Deskripsi Manfaat
Seluruh fitur yang ada didalam facebook tentulah memiliki berbagai manfaat bagi para penggunanya. Inilah yang membuat dari hari ke hari penggunanya semakin banyak. Bahkan, tak pernah sepi dan ditinggal. Diantara manfaat yang dapat dirasakan tersebut antara lain:
Pertama, sarana komunikasi massal dari berbagai tempat. Dimana dengannya, kita memungkinkan untuk berhubungan dengan manusia dimanapun. Ujung belahan dunia ke ujung yang lain dapat terkoneksi bahkan secara real time. Kedua, menambah jaringan pertemanan. Setiap penggunanya, dimungkinkan untuk memiliki teman sebanyak 5000 orang. Namun, diluar angka tersebut, bisa menambah teman dalam bentuk sekedar mengikuti yang jumlahnya bisa tak terbatas.
Ketiga, dapat menemukan teman lama. Banyak yang diuntungkan dengan fitur pencarian pertemanan yang memungkinkan kita untuk melacak teman lama kita. Teman balita, TK, SD, SMP, bisa ditemukan di jejaring sosial ini. Keempat, membantu orang lain. Ketika kita membuka facebook, dikabar beranda kita juga bisa menemukan ada kabar-kabar yang menarik simpati yang mendorong rasa ingin membantu. Sehingga dengannya, kita punya peluang untuk membantu.
Kelima, berjualan. Ya, banyak juga yang merasakan manfaat yang berhubungan dengan ini. Beragam produk, baik yang baru maupun bekas bisa dijual di facebook, dengan memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku. Proses menjual ini bisa di timeline, grup, marketplace, fanpage atau bisa juga diiklankan dengan facebook ads.

7. Contoh Teks Laporan Hasil Obervasi Kucing

Kucing dan Ragam Jenisnya

Definisi Umum
Kucing adalah salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh manusia. Hewan ini termasuk mamalia karnivora dari keluarga felidae. Sekelompok dengan singa dan harimau. Namun, kedua hewan buas tadi termasuk kucing besar. Sedangkan yang akan kita bahas adalah kucing yang telah dijinakkan dan biasa kita temukan membaur dengan kehidupan manusia di rumah atau dijalanan. Ia memiliki nama ilmiah felis catus.

Deskripsi Bagian
Sebenarnya, didunia ini ada berbagai macam jenis ras kucing. Namun, ada sekitar 30 ras yang terkenal dan banyak dijadikan hewan peliharaan oleh manusia. Diantaranya adalah American Shorthair, Absyssinan, Balinese, Bengal, Birman, British Shorthair, Burmese, Burmilla, Chinchilla, Cornish Rex, Devon Rex, Moggie, Exotic Shorthair, Japanese Bobtail, Korat, Maine Coon, Manx, Norwegian Forest Cat, Ocicat, Oriental Shorthair, Persian, Ragdoll, Russian Blue, Scoottish Fold, Siamese, Siberian Forest, Singapura, Snowshoe, Somali, Sphynx, Tiffanie, Tonkinese, Dan Turkish Van.

Masing-masing ras memiliki kekhasan tersendiri. Orang-orang yang memelihara kucing memiliki pertimbangan yang berbeda-beda ketika hendak memilih kucing jenis apa yang akan dipeliharanya. Ada yang karena lucunya, panjang bulunya, bentuk hidungnya, hingga kegagahannya. Mengingat masing-masing ras memiliki ciri fisik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.
Harga yang dipatok untuk setiap ras kucing yang diperjual belikan juga berbeda-beda. Mulai dari ratusan ribu hingga puluhan bahkan ratusan juta. Namun, tak sedikit juga yang mendapat kucing dengan ras yang bagus secara cuma-cuma dengan bermodal pemberian. Meskipun diberi, merawat kucing membutuhkan juga modal untuk merawatnya agar tetap sehat.

Deskripsi Manfaat
Ada beberapa manfaat memelihara kucing yang dapat dirasakan oleh manusia. Pertama, memelihara kucing akan membuat pemiliknya jauh dari kesepian. Bagaimana tidak sepi, ketika masuk rumah saja pemilik kucing pasti disambut dengan suara ngeong ngeong. Ia seperti menyapa ketika kita datang. Belum lagi dapat menjadi teman sepi ketika dirumah.
Kedua, memelihara kucing juga, berdasarkan pengalaman pemeliharanya dapat meredakan stress. Secara ilmiah, ini karena kegiatan semacam mengelus kucing sebenarnya memperlancar kadar kortisol yang terhambat akbiat stress.
Ketiga, bermain dengan kucing lucu juga dapat meningkatkan mood pemeliharanya ketika sedang merasa jatuh dan terpuruk. Jika sedang ada masalah dan dirundung kegalauan, bermain dengan hewan yang satu ini juga bisa menambah kembali semangat yang menurun itu.
Keempat, memiliki kucing untuk dipelihara dirumah juga ternyata baik dalam tinjauan kesehatan. Berdasarkan sebuah riset yang dipublikasikan dalam Journal of Vascular and Interventonal Neourology, disebutkan bahwa memeliharanya dapat menurunkan kadar kolestrol. Sehingga dampak positifnya adalah pemeliharanya jauh dari penyakit-penyakit berat seperti jantung dan stroke yang saat ini menjadi momok menakutkan bagi manusia.
Sampai sini, tertarik memiliki kucing? Dengan beragam manfaat yang ada, tidak ada salahnya mencoba memelihara.

8. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Covid 19


Alat Deteksi Covid 19

Definisi Umum
Alat deteksi covid-19 adalah alat teknologi kesehatan yang dapat digunakan untuk mengecek apakah sesorang telah terdeteksi covi 19 atau belum. Mendeteksi penderita covid 19 sangat penting karena menjadi salah satu bentuk ikhtiar untuk mencegah penularan covid 19.

Definisi Bagian
Ada setidaknya dua alat yang umum digunakan oleh tenaga medis untuk melakukan kegiatan deteksi covid 19. Alat yang pertama Polymerase Chain Reaction atau PCR. Alat ini bisa memberi indikasi apakah di dalam tubuh manusia terdapat virus atau tidak. Tes dengan alat ini dsebut tes SAWB. Proses pengambilan kesimpulannya bisa mencapai 3-5 hari namun lebih akurat.

Alat kedua adalah alat Rapid Test atau tes darah. Yang diteliti dalam deteksi ini adalah darah manusia yang diperiksa. Untuk mendapatkaan kesimpulannya bisa cepat hanay 15 menit. Namun akurasinya tidak secepat PCR. Sehingga hasilnya tidak bisa 100 persen dijadikan pegangan.

Deskripsi Manfaat
Semua alat sebenarnya memiliki kegunaan. Setidaknya meski tidak akurat 100 persen, tapi hasilnya bisa digunakan untuk membangun sikap berjaga jaga dan waspada. Sehingga penularan tes covid bisa ditekan.

9. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Bunga Mawar

Bunga Mawar yang Cantik

Definisi Umum
Salah satu bunga yang banyak digemari orang adalah bunga yang bernama Mawar. Bunga ini bisa dibilang paling dikenal dan disebut orang. Tidak mengherankan, karena memang bunga nampak cantik dan sedap dipandang mata.
Deskripsi Bagian
Mawar memiliki seratus jenis spesies bahkan lebih, yang semuanya tersebar diseluruh penjuru dunia. Ia termasuk tanaman yang semaknya memiliki duri. Sehingga, anda yang memegangnya harus berhati-hati. Tingginya bahkan bisa sangat tinggi hingga mencapi lima meter.
Daun mawar pada umumnya memiliki panjang berkisar 5 sampai dengan 15 cm. Mawar memiliki daun majemuk. Dalam setiap tangkai daun yang ada pada mawar, bisa terdapat 3 hingga bahkan 13 daun. Jumlah yang banyak bukan?
Diantara jenis mawar yang dikenal antara lain mawar hybrid tea, mawar medium, dan mawar liar. Sebetulnya, warna mawar tak melulu berawarna merah. Hanya kebetulan, yang sering terlihat adalah warnanya merah.

Deskripsi Manfaat
Mawar memiliki banyak manfaat. Bukan sekedar hiasan, namun juga bisa berdampak pada perawatan kulit. Diantaranya menghilangkan jerawat dan mencegah penuaan dini. Bahkan, bisa juga digunakan sebagai obat sakit kelapa.
Dengan keindahan dan manfaat yang banyak, tentu saja tak salah jika kalian ingin menanam dan berbudi daya tanaman yang satu ini. Benar kan?

10. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Buku


Manfaat Buku Bagi Dunia

Definisi Umum
Buku adalah kumpulan kertas yang dikumpulkan dalam suatu kesatuan. Hampir setiap manusia di muka bumi ini pasti mengenal benda yang satu ini. Hal ini karena kegunaannya yang sangat besar.
Deskripsi Bagian
Sebenarnya, buku tidak satu jenis. Ada beragam jenis buku yang biasa dipakai manusia. Secara garis besar, ada yang namanya buku tulis (kosong) dan buku bacaan. Buku tulis adalah buku yang di dalamnya tidak ada informasi dalam bentuk tulisan. Sengaja dibiarkan kosong agar dapat digunakan orang untuk mencatat atau menggambar.
Sedangkan buku bacaan, isinya memuat informasi. Tujuan dibuatnya berbeda dengan buku tulis. Tujuan dibuatnya buku bacaan agar isinya banyak dibaca dan memberikan banyak manfaat bagi banyak orang.
Tentu saja, buku bacaan ini banyak jenisnya. Ada buku bacaan yang bersifat ilmiah dan ada juga yang populer. Buku yang ilmiah biasanya dibuat dengan riset dan berbagai data sehingga bisa menjadi rujukan keilmuan. Sedangkan buku populer lebih umum dan pembacanya lebih luas.

Deskripsi Manfaat
Seluruh jenis buku tentu saja bermanfaat. Baik buku tulis maupun buku bacaan. Dengan buku tulis, kalian bisa mencatat pelajaran, membuat buku harian, merekam hal-hal penting, dan banyak lagi tentunya.
Sedangkan buku bacaan menjadi jendela dunia yang membuka wawasan kalian tentang berbagai informasi. Banyak yang bisa ditemukan dari buku dan membuat kita banyak tahu.

11. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sayuran


Pakcoy Sayuran Sehat

Definisi Umum
Apakah kalian suka makan sayuran? Jika suka, pernahkah kalian mendengar dan mencoba sayuran bernama pakcoy? Pakcoy bukanlah suami dari bucoy, namun sebuah sayuran yang sebetulnya sudah banyak penggemarnya. Terutama untuk dimakan sebagai lalapan. Orang menyebut pakcoy juga sebagai sawi sendok. Hal ini karena pakcoy memang keluarga dari sawi-sawian.
Definisi Bagian
Pakcoy sebagaimana kebanyakan sayuran lainnya. Warnanya hijau. Bentuknya seperti sendok. Makanya sebagaimana dikatakan sebelumnya, sering disebut sebagai sawi sendok. Meski lebih tepatnya berbentuk elips. Ujung daunnya berbentuk tumpul dan tidak berbulu.
Pakcoy juga memiliki bunga yang mahkotanya berwarna kuning. Ada 6 benang sari yang mengelilingi satu putiknya. Ia terkategori tumbuhan yang merambat.
Deskripsi Manfaat
Selain menjadi teman makanan dan menjadi lalapan, pakcoy juga memiliki kegunaannya lainnya. Diataranya sering dimanfaatkan sebagai tumbuhan ujicoba untuk kegiatan pemupukan, kesuburan tanaman, dan mengetes gangguan karena kekurangan unsur hara. Demikianlah manfaat pakcoy.

12. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Tentang Alam


Tahukah Kamu Tentang Senja?

Definisi Umum
Zaman sekarang, banyak anak muda yang menyenangi kata senja. Kata senja identik dengan sesuatu yang gaul. Tapi tahukah kamu apa itu senja? Senja itu adalah keadaan waktu ketika langit setengah gelap sudah matahari terbenam. Tepatnya maghrib. Jadi, senja itu sebelum matahri terbenam. Ini kata Wikipedia.
Deskripsi Bagian
Senja ini sebetulnya berdasarkan proses kedatangannya terbagi menjadi tiga waktu. Pertama, senja sipil. Kedua, senja nautikal. Ketiga, senja astronomis.
Senja sipil adalah keadaan ketika matahari ada pada 6 derajat di bagian bawah cakrawala malam hari. Benda langit tidak dapat dibedakan dan ada planet serta bintan yang mungkin saja terlihat dengan mata telanjang tanpa bantuan alat-alat.
Sedangkan senja nautikal merupakan kondisi saat matahari tingginya 12 derajat di bagian bawah cakrawala malam. Cakrawala benda-benda pasa masa ini tak bisa lagi dibedakan dan dilihat dengan mata telanjang.
Sementara senja astronomis adalah saat dimana matahari tingginya 18 derajat di baian bawah cakrawala malam. Matahari sudah tak menerangi langit lagi pada waktu ini.
Deskripsi Manfaat
Setiap pembagian waktu yang sudah ditetapkan oleh Sang  Maha Kuasa pasti ada rahasia dibaliknya. Makhluk-makhluk-Nya bergantung pada alam. Ada yang mendapatkan penghidupan di subuh hari, siang hingga senja. Semua adalah karunia-Nya.

13. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Qurban

Acara Kurban di Mesjid Dekat Rumahku

Definisi Umum
Qurban adalah salah satu ibadah yang diperintahkan Allah. Hukumnya adalah Sunnah bagi mereka yang memiliki kemampuan ekonomi. Di sekitar rumahku, setiap musim kurban, diselenggarakan acara pemotongan hewan kurban.
Deskripsi Bagian
Banyak orang yang terlibat dalam proses pemotongan hewan kurban di dekat rumahku. Maklum, yang kurban cukup banyak. Sehingga terkumpul 15 sapi dan 30 kambing. Banyak bukan?
Dari banyak orang, mereka membagi tugas dan pekerjaan. Setidaknya, ada tiga tim. Pertama, tim yang bertugas menyembelih hewan kurban. Termasuk melumpuhkannya. Kebanyakan adalah bapak-bapak yang nampak sudah pengalaman.
Kedua, tim yang kebagian menyisiti dan memotong daging kurban. Tim ini cukup banyak dan membawa alat sendiri dari rumahnya. Alat yang dimaksud adalah golok yang sudah di asah lebih dulu di rumah masing-masing. Tim ini juga isinya bapak-bapak dan sebagian anak muda.
Ketiga, tim pembungkusan yang membungkus dan membagi bagi daging ke dalam kantong keresek untuk dibagikan kepada masyarakat. Tim ini dominan isinya ibu-ibu yang tentu saja memiliki ketelitian sehingga tidak salah dalam menimbang.
Deskripsi Manfaat
Jika dipikir-pikir, Qurban ini selain bagus buat pengamalnya, bisa juga menjadi ajang silaturahmi antar masyarakat. Dengan adanya acara semacam ini, masyarakat jadi saling bekerjasam dan menguatkan satu sama lain.
Selain itu, banyak juga masyarakat yang kurang mampu terbantu. Mereka bisa memakan daging yang mungkin untuk ukuran mereka harganya mahal jika dibeli sendiri.

14. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tempat Wisata

Mesjid Agung Jawa Barat, Tempat Solat Sekaligus Wisata

Definisi Umum
Aku pernah mendatangi Mesjid Agung Jawa Barat. Mesjid Agung Jawa Barat adalah salah satu ikon Jawa Barat, terutama Kota Bandung. Mesjid ini terletak di tengah pusat perbelanjaan Kota Bandung. Di sekitar tempat seperti Pasar Baru, Jalan Otista, Asia Afrika, hingga Stasiun Kereta Api.

Deskripsi Bagian
Lingkungan Mesjid ini sangatlah luas. Kalau kalian datang kesana, kalian akan menemukan banyak pengunjung datang kesana. Bukan hanya untuk solat, tapi juga berjalan-jalan. Hal ini karena selain mesjid, di sekitar sana juga ada tanah lapang berwarna hijau terang yang terbuat dari rumput sintetis.
Untuk memasuki lapangan tersebut, pengunjung tidak diperbolehkan menggunakan sendal. Mereka harus melepasnya untuk menjaga kebersihan. Sehingga otomatis rumputnya juga bersih. Banyak anak yang berlari-lari, lompat, hingga tiduran. Ini karena tempatnya bersih.
Mesjidnya juga sangat luas. Pilarnya ada banyak dan terlihat kokoh dengan keramik. Begitu juga dengan tempat wudhunya. Ada banyak keran tersedia sehingga mereka yang hendak solat tidak terlalu mengantri lama.
Deskripsi Manfaat
Berdasarkan pengamatan dan kunjungan saya, saya berkesimpulan bahwa Mesjid ini bukan sekedar tempat ibadah. Tapi juga didatangi oleh orang yang ingin plesiran dan sambil berbelanja. Manfaatnya tentu, mereka yang niatnya jalan-jalan menjadi tak sulit mencari mesjid. Otomatis, mereka tidak tertinggal solat lima waktu.

15. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Makanan Ringan

Wafer Nabati Beragam Kemasan

Definisi Umum
Dulu, setiap mendengar wafer pasti ingatnya wafer Tango. Tapi sekarang, ada alternatif baru yang menurut saya enak, yakni wafer Nabati. Wafer ini adalah wafer yang diproduksi oleh perusahaan bernama Kaldu Sari Nabati, atau disingkat menjadi Karina. Pabriknya ada di beberapa tempat seperti daerah timur Kabupaten Bandung.

Deskripsi Bagian
Setahu saya, produk Nabati wafer ini dibuat dan dipasarkan dalam bentuk sempat macam kemasan. Semua kemasan ini tentu saja ada kelebihan dan sasaran pasarnya tersendiri.
Ada kemasan yang paling kecil. Bungkus persegi panjang dan isinya satu batang wafer saja. Harganya kalau hanya seribu rupiah saja untuk berbagai rasa. Favoritku kejudan coklat.
Terdapat pula kemasan ekonomis yang harganya dua ribu. Isinya seingat saya delapan batang. Hanya batang wafernya pendek-pendek. Namun ini bisa dibilang lebih ekonomis dan banyak ketimbang yang seribuan.
Ketiga, ada juga kemasan yang harganya berubah-ubah. Antara 6000 sampai 8000. Biasanya saya membelinya di supermarket. Jarang-jarang warung menjualnya.
Sebetulnya masih ada kemasan lain. Namun saya jarang membelinya jadi nampaknya tak perlu diceritakan.
Deskripsi Manfaat
Satu hal yang pasti, makanan ringan semacam ini sangatlah baik keberadaannya. Bisa menjadi teman dalam bersantai atau mengerjakan tugas-tugas. Rasanya yang enak di lidah jelas menyenangkan hati penikmatnya.
Hanya saja, saya berusaha mengikuti saran orang-orang agar tak berlebihan mengonsumsinya. Konon katanya, sesuatu yang berlebihan itu biasanya tidak baik. Termasuk dalam makan makanan ringan.

16. Contoh Teks Laporan Observasi Hutan


Hutan di Indonesia

Deskripsi umum
Indonesia dikenal sebagai salah satu wilayah yang memiliki hutan luas. Posisinya yang berada tepat dilintasi jalur garis khatulistiwa membuatnya sangat subur dan ditumbuhi oleh berbegai tanaman. Hutan sendiri merupakan wilayah yang didalamnya ditumbuhi oleh berbagai pohon dan tetumbuhan yang lebat.
Deskripsi bagian
Di Indonesia sendiri, ada setidaknya 5 jenis hutan yang memenuhi ekosistemnya. Pertama adalah hutan bakau. Hutan ini tumbuhnya di pesisir pantai yang landari serta berlumpur. Ia terkena pasang dan surut. Hewan seperti udang menempati wilayah ini.
Kedua, ada hutan rawa. Hutan rawa adalah daerah yang banyak ditumbuhi oleh rawa-rawa. Meliputi tumbuhan semacam pandan dan ketapang. Umumnya ini ada di daerah seperti sebagian Kalimatan serta Sumatera. Adapun ketiga, adalah hutan musim. Yakni hutan yang kondisinya memiliki perbedaan pada dua musim yang berbeda. Dimana saat kemarau tumbuhannya meranggas, sedangkan saat musim hujan tumbuh lebat.
Keempat, ada hutan sabana. Yaitu padang rumput yang disekelilingnya ditumbuhi oleh pohon dan semak belukar. Seperti yang banyak ada di NTT atau NTB. Sedangkan terakhir ada hutan hujan tropis. Yakni hutan yang senantiasa memiliki curah hujan tinggi serta disinari matahari dengan baik.

Deskripsi manfaat
Tentu saja, dengan banyaknya hutan di Indonesia, maka Indonesia dikenal sebagai negara yang penting di dunia. Karena hutan yang banyak, Indonesia termasuk negara yang menjadi paru-paru dunia.
Selain itu, Indonesia juga menyumbungakn kekayaan hayati dari keanekaragaman makhluk hidup yang ada hutan. Baik tumbuhan maupun hewan. Kita harus bersyukur dan menjaganya.

17. Teks Laporan Hasil Observasi Buah Mangga (Buah-Buahan)

Fakta Buah Mangga

Definisi Umum
Mangga merupakan salah satu jenis buah yang masuk ke dalam kelompok Mangifera. Sebelum sampai ke Indonesia, buah ini diperkenalkan oleh orang-orang eropa yang berasal dari portugis. Buah ini kini banyak dijajakan di berbagai toko yang menjual buah-buahan.
Deskripsi Bagian
Buah mangga tergolong kelompok buah batu yang memiliki daging. Ukurannya tidak tentu. Bisa berbeda sesuai dengan jenis manganya. Ada yang bulat, lonjong, hingga bulat namun seperti telur.
Kulit buah ini biasanya berwarna hijau kekuning-kuningan atau kemerahan. Teksturnya dan agak tebal. Terdapat bintik-bintik kelenjar. Seementara dagingnya warnanya ada yang jingga, kuning, atau bahkan krem. Sementara bijinya warna putih gepeng.
Rasa buah mangga bisa manis, bisa juga masam. Baunya juga beragam. Ada yang sangat menyengat dan ada yang tidak terlalu.
Deskripsi Manfaat
Mangga ini banyak manfaatnya. Bahkan seringkali diolah menjadi olahan makanan lain. Seperti menjadi campuran rujak, minuman segar, es buah, manisan, hingga buah kering. Bahkan kadang-kadang dicampurkan ke berbagai resep makanan.
Dengan kekayaan manfaatnya, tak heran banyak orang yang mencarinya. Harganya sendiri meski tidak murah, namun tidak juga mahal. Makan mangga yuk?

18. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Minuman

Es Krim Cingcau Segar

Definisi Umum
Saat cuaca panas, enaknya minum yang segar-segar. Salah satu pilihan minuman segar adalah es krim cincau. Yakni es krim yang dicampurkan dengan cincau yang terbuat dari daun cincau.
Deskripsi Bagian
Es krim cincau terdiri dari dua komposisi utama. Yakni es krim dan cincau. Es krim sendiri kita tau adalah makanan beku yang dibuat dari susu. Biasanya menggunakan perasa agar enak dan pewarna agar tampilannya menarik. Teksturnya lembut dan rasanya menyegarkan di mulut.
Sementara cincau yang dimaksud adalah olahan daun cincau yang diolah menjadi seperti agar-agar atau jelly. Teksturnya halus dan licin. Jika masuk ke mulut, tentu sangat enak.
Maka bisa dibayangkan, bagaimana dua gabungan komponen yang segar masuk ke dalam mulut. Tentu saja doublesegarnya.
Deskripsi Manfaat
Minuman yang satu ini cocok dimakan ketika cuaca panas terik. Jelas karena bisa menghilangkan dahaga. Selain itu, sebetulnya ada efek baik juga untuk kesehatan.

Cincau sendiri memiliki aneka macam manfaat. Misalnya dapat mengatasi sakit tenggorokan, diare, demam, hingga melancarkan pencernaan. Bahkan, baik juga untuk mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

***

Demikianlah contoh-contoh dari teks laporan hasil observasi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar