17+ Contoh Paragraf Deskripsi Singkat dan Jelas

Pengertian Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi adalah salah satu paragraf yang penting untuk dipelajari dan diketahui. Isinya berupa gambaran tentang suatu hal yang ditujukan agar orang yang membacanya bisa menggambarkan sesuatu yang dijelaskan. Untuk memperjelasnya, kalian perlu untuk membaca langsung.

Ciri Paragraf Deskripsi

Ciri utama dari paragraf ini terletak dari tujuannya. Tujuannya lebih kepada untuk menggambarkan. Dengan kata lain merangsang panca indera untuk terlibat ketika membaca sebuah tulisan. Baik itu indera penglihatan, pendengaran, peraba, penciuman, hingga pengecapan.
Kalian mungkin akan sering menemukan cara menulis deskriptif ini di dalam berbagai karya prosa semacam cerpen atau novel. Para penulisnya umumnya pandai mengolah kata-kata untuk membuat pembacanya mampu membayangkan dan menggambarkan suasana yang ditulis menjadi seolah-olah kenyataan.

Contoh Paragraf Deskripsi

Di bawah ini saya sajikan banyak contoh. Baik yang singkat maupun yang panjang. Silakan dibaca untuk menajamkan pemahaman. Jumlahnya ada lebih dari 17.

1. Contoh Paragraf Deskripsi Subjektif

Banjir kali ini benar-benar menghentikan aktivitas warga di sekitar rumahku. Tinggi air berkisar antara 50-100 centimeter. Genangan air yang tinggi itu tentu saja membuatnya masuk ke dalam rumah-rumah para warga. Menurutku, ini tak bisa dilepaskan dari ulah manusia yang membuat sungai penuh dengan sampah.

2. Contoh Paragraf Deskripsi Objektif

Vila milik temanku ini berada di kaki gunung Burangrang Jawa Barat. Luasnya kira kira setengah hektar. Terdapat sebuah rumah bercat hijau yang nampak asri. Halamannya cukup luas dengan kolam ikan yang penuh dengan ikan koi. Terdapat pula dua buah pohon rindang yang dibawahnya terdapat meja serta kursi untuk bersantai.

3. Contoh Paragraf Deskripsi Spasial

Langit pagi hari ini tampak mendung. Dari ujung ke ujung langit nampak warnanya kelabu. Matahari nampaknya bersembunyi pagi ini. Sementara dibagian tengah langit, tepat diatas tempat aku berpijak, kelabunya lebih pekat. Hal ini karena ada gumpalan awan yang nampaknya siap memuntahkan hujan.  

4. Contoh Paragraf Deskripsi Suasana

Suasana malam ini sangatlah menyenangkan. Jarang-jarang keluargaku berkumpul dan berjalan-jalan dengan formasi lengkapk. Kali ini ayahku mengajak kami ke sebuah restoran yang letaknya di luar kota. Di meja makan, ayahku melemparkan candaan yang membuat kami sekeluarga tertawa riang. Aku juga melihat ibuku sangat senang dengan momen ini.

5. Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Sekolah

Sekolahku sangatlah nyaman untuk ditinggali. Suasananya asri. Ketika pertama kali masuk ke dalam gerbangnya, aku bisa langsung menyaksikan pepohonan dan taman-taman yang hijau menyegarkan mata. Belum lagi angin sepoi-sepoi yang semilir bisa aku rasakan. Anginnya segar karena sekolahku jauh dari keramaian kota yang penuh dengan polusi. Tentu saja aku menjadi betah tinggal disini.

6. Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Hewan

Kucingku yang bernama Amoy sangatlah lucu. Matanya berwarna biru dengan tatapan sayu, berdekatan dengan hidungnya yang pesek. Bulunya tebal karena ia merupakan kucing yang memiliki darah persia. Warnanya sendiri perpaduan antara oranye dan putih. Meski katanya kucing oranye itu barbar, tapi kucingku nampaknya tidak demikian. Ia sangatlah manja.

7. Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Lingkungan

Selepas keluar dari pintu rumah, aroma bau yang menyengat langsung mampu menusuk hidungku. Itu adalah efek dari selokan atau saluran air yang semakin menghitam. Nampak hitamnya pekat dan kental. Dengan buih-buih yang bercampur dengan sampah-sampah plastik yang menggenang. Katanya, itu akibat tercampur dengan pembuangan limbah pabrik yang tidak bijak.


8. Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Kesehatan

Untuk pertamakalinya sejak 5 tahun yang lalu, aku baru masuk lagi ke rumah sakit. Melihat hilir mudik orang yang sakit hendak memperiksakan dan mengobati penyakitnya. Ditemani dengan pendampingnya yang nampak raut wajahnya beragam. Mulai dari wajah bingung hingga sedih. Belum lagi dengan para perawat yang nampak letih namun tetap berusaha tersenyum menjumpai pasien-pasien.

9. Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Kampus

Kampus Universitas Pendidikan Indonesia yang terletak di Kota Bandung menurut saya adalah kampus yang megah. Setiap bangunan fakultasnya menjulang tinggi dan nampak baru. Belum lagi dengan ukuran tanahnya yang sangat luas.
Maka supaya mahasiswa tidak lelah, disediakan mobil angkutan yang berkeliling kampus untuk mengangkut mahasiswa agar tak lelah. Bagi yang ingin bersantai, ada juga taman yang cukup luas. Dengan pohon yang rindang, rumput hijau, dan kolam yang membuat nyaman bersantai-santai disana.

10. Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Keindahan Alam Pegunungan

Tempatku tinggal adalah wilayah yang berada dikaki gunung. Sekeliling tempat tinggalku terlihat gunung-gunung yang besar menjulang. Berbeda dengan sebagian gunung yang sudah gundul, gunung yang ada ditempatku tinggal benar-benar masih hijau. Sehingga suasana disekitar gunung masih sangat sejuk. Airnya juga benar-benar menyegarkan. Orang yang mengantuk, apabila terkena air ini, pasti akan merasa segar dan tak mengantuk lagi.

11. Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Seorang Ibu

Ibuku adalah sosok yang mengagumkan. Fisiknya memang kecil, namun semangat juangnya tinggi. Hidungnya mancung diwariskan kepadaku sebagai anak pertamanya. Sedangkan kulitnya yang sawo matang turun kepada adikku. Meskipun kadang nampak lelah, ia seolah tak mau menunjukannya. Senantiasa berusaha tegar dan menampakkan raut wajah semangat yang memberi energi positif bagi anak-anaknya.

12. Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Rumah

Rumah Yuli, temanku, sangatlah sederhana. Merupakan rumah panggung yang dibangun dari kayu. Ketika aku masuk ke dalam, nampak bangunannya begitu sempit. Ruang tamu dan ruang tengahnya bergabung. Tidak ada televisi di dalamnya. Hanya satu sofa panjang yang nampak sudah rapuh dan meja kayu yang catnya sudah mengelupas. Kamarnya hanya ada dua. Satu kamar digunakan oleh ibu dan bapaknya, sedangkan satu kamar lagi digunakan oleh Yuli dan kedua adiknya.

13. Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Sampah

Sebetulnya, aku malas jika disuruh ke pasar. Hal yang membuatku malas adalah suasana dan baunya yang tidak nyaman. Ini karena ada banyak sekali sampah yang berserakan. Masing-masing sampah seperti sampah sayuran, plastik, buah-buahan, ceceran potongan daging, tulang ikan, semuanya menimbulkan aroma campur-campur yang membuat hidung sulit untuk berkompromi. Aku berandai-andai, kapan yang pasar di tempatku bisa lebih baik mengelola sampahnya?

14. Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Kantin Sekolah

Kantin adalah tempatku bersama teman-teman berkumpul saat istirahat. Posisinya memanjang dengan sekitar 5 kios yang berdampingan. Dengan meja-meja serta kursinya tersusun rapi di setiap depan kios. Kios yang paling ujung sebelah kanan adalah kios Bu Atik. Ini adalah langgananku jajan. Kiosnya nampak rapih dan bersih. Makanan yang dijual bu Atik adalah Mie Ayam dan Bakso. Rasanya enak dan menyegarkan. Sambalnya juara karena bagiku memiliki kekhasan rasa tersendiri.

15. Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Pendidikan

Suasana kelas saat jadwal Pak Agus masuk sangatlah ramai. Bukan ramai karena gaduh, namun ramai karena antusias. Tidak ada siswa yang kelihat mengantuk sebagaimana biasanya. Semua tampak fokus menyimak pak Agus. Sesekali ada tawa yang keluar karena Pak Agus pandai menyisipkan humor. Meskipun guru baru, Pak Agus membuat kami sekelas nyaman berada do kelas.

16. Contoh Paragraf Deskripsi Orang

Jujur saja aku curiga dengan gerak-gerik dan penampilan orang itu. Lelaki itu bertubuh jangkung dengan kacamata hitam di matanya. Bajunya juga hitam dengan topi yang juga hitam. Sementara celananya merupakan celana jeans bolong-bolong dengan rantai dipinggang kanannya. Penampakan misteriusnya bertambah manakala matanya melirik ke sekitar. Seperti sedang memantau sesuatu.

17. Contoh Paragraf Deskripsi Watak

Aku sudah lama bersahabat dengan Reno. Ia adalah sahabat dekatku sejak kecil. Menurutku, Reno adalah orang yang setia kawan. Ada disaat aku senang maupun susah. Aku masih ingat, dulu ia pernah menyemangatiku ketika aku dimarahi kedua orangtuaku karena nilai anjlok. Motivasi yang diberikannya membuat semangatku bangkit lagi dan menjadi salah satu siswa dengan nilai tinggi di kelas.

18. Contoh Paragraf Deskripsi Kamar Tidur

Sejak kelas 5 SD, aku sudah memiliki kamar sendiri. Kamarku tak begitu luas, namun nyaman. Di dalamnya ada kasur busa tanpa ranjang. Hanya kasur yang beralas karpet. Beberapa bulan lalu ayahku baru saja mengecatnya dengan warna biru muda, warna kesukaanku. Selain kasur, ada sebuah meja belajar yang menjadi tempatku belajar dan menyimpan buku serta alat tulis.

Tinggalkan komentar