5 Contoh Teks Deskripsi, Pengertian, Ciri, Sruktur, dan Kaidah Bahasa

Ada banyak teks yang dibahas dalam mata pelajaran bahasa Indonesia SMP. Dari sekian banyak teks tersebut, salah satunya adalah teks deskripsi. Apakah Anda pernah membaca contoh teks deskripsi?
Sesungguhnya, karakteristik teks yang semacam ini sangat sering Kita jumpai dalam cerita-cerita yang disajikan oleh para penulis.
Sebagaimana Anda juga tahu, bahwa dalam menceritakan sesuatu, diperlukan latar agar pembaca seolah-olah masuk ke dalam cerita tersebut. Baik latar tersebut berupa latar tempat, latar waktu, maupun latar suasana. Nah, hal tersebut akan semakin baik manakala proses deskripsinya juga bagus.
Meski demikian, selain untuk menggambarkan tempat, waktu, maupun suasana, aktivitas menulis deskripsi juga dapat Anda lakukan untuk menggambarkan benda atau objek tertentu, sehingga tergambar dengan jelas objek macam apa yang sedang Anda ceritakan.

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah sebuah teks yang dalam pembuatanya memiliki tujuan untuk menggambarkan sesuatu. Baik itu objek, kejadian, tempat, waktu, hingga suasana. Upaya menggambarkan ini ditujukan untuk membuat pembaca merasa hanyut dan seolah benar-benar ada menjadi bagian dari cerita.
Pernahkah Anda membaca sebuah cerita lalu Anda merasakan bahwa Anda seperti benar-benar berada dalam cerita tersebut? Jika pernah, itu artinya penulis cerita tersebut hebat dan telah berhasil melakukan aktivitas deskripsi dengan baik.
Kemampuan semacam itu tentu saja bukan kemampuan yang biasa. Membutuhkan latihan dan kehalian dalam mendeksripsikan secara detail dan menyeluruh. Oleh karena itu, siapa tau Anda ingin menjadi seorang penulis cerita seperti novel atau Cerpen, maka tak salah jika Anda memperdalam kemampuan melakukan deskripsi.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Ciri-ciri teks deskripsi  adalah hal yang penting untuk diketahui. Terutama, jika Anda ingin melakukan proses identifikasi, dalam upaya mengenal dan membedakannya dari teks-teks yang lainnya.
Diantara ciri yang dapat Anda ketahui dan garis bawahi antara lain:
  1.  Menjelaskan objek tertentu. Baik itu benda, tempat, kejadian, waktu, hingga suasana.
  2. Menjelaskan sesuatu secara detail dan rinci. Teks ini menguliti objek yang dijelaskan dari setiap jengkal apa yang ditangkap oleh panca indera penulisnya.
  3. Memancing pancaindera pembacanya untuk membayangkan apa yang sedang dijelaskan. Baik itu indera penglihatan, pendengaran, perabaan, penciuman, hingga perasaan.

Jenis Teks Deskripsi

Jenis teks deskripsi adalah hal yang perlu juga Anda tahu. Tak semua teks ini sama. Ada beberapa jenis yang membedakan antara satu dan yang lainnya. Diantaranya:

  • Teks Deskripsi Subjektif

Yakni teks yang aktivitas penggambaran dan penjelasannya lebih didasarkan pada penilaian maupun kesan yang didapat penulisnya. Ada unsur opini dan subjektifitas yang terkandung di dalamnya.

  • Teks Deskripsi Objektif 

Yaitu teks yang dalam menjelaskan dan menggambarkan sama sekai tidak dimasuki unsur penilaian serat kesan penulisnya. Penulis murni menjelaskan apa adanya yang ia lihat, dengar, raba, cium, dan rasa.  Tidak ada unsur subjektifitas di dalamnya.

  • Teks Deskripsi Spasial

Adalah teks yang isinya menggambarkan suatu tempat atau ruang tertentu. Teks deskriptif jenis ini biasanya digunakan untuk menggambarkan latar tempat dalam sebuah cerita secara mendetail dari ujung ke ujung.

Struktur Teks Deskripsi

Ketika berbicara teks, tentu saja tidak lengkap jika tidak membicarakan strukturnya. Dalam teks ini, ada beberapa struktur yang membentuknya sehingga menjadi sebuah kesatuan teks yang dapat menyampaikan pesan dengan jelas kepada pembacanya.

  • Bagian Identifikasi

Pada bagian ini, penulis teks mengawali tulisannya dengan menyampaikan hal-hal atau elemen-elemen yang akan dibahas atau dideskripsikan. Baik itu berupa benda, peristiwa, tempat, suasana, atau hal apapun yang nantinya akan dijelaskan lebih jauh secara mendetail.

  • Bagian Deskripsi

Pada tahapan ini, penulis menjelaskan secara detail mengenai objek-objek yang dibahas dalam teks, sehingga tergambar dengan jelas apa yang sedang ditulis kepada benak pembacanya. Inilah sesungguhnya inti dari teks ini.

  • Bagian Kesimpulan

Bagian kesimpulan sifatnya opsional saja. Bisa ada dan bisa juga tidak. Isinya memberikan kesimpulan atas identifikasi dan deskripsi yang sudah dilakukan.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Unsur kebahasaan teks deskripsi yang menjadi cirinya ada beberapa. Ciri bahasa ini menjadi sesuatu yang memudahkan Anda dalam membedakan teks ini dengan teks-teks yang lainnya. Hal ini karena pada umumnya, teks ini memiliki ciri bahasa sebagai berikut:

1.Menggunakan banyak kata benda

Kata benda juga tentu saja sering muncul, karena objek-objek yang digambarkan dalam teks ini hampir pasti adalah kata benda. Misalnya rumah, bola, pintu, meja, dan sebagainya.

2. Menggunakan banyak kata sifat

Kata sifat adalah kata yang biasanya melekat pada suatu objek.
Misalnya, dalam kalimat “Besi itu kokoh”, Kata kokoh dalam kalimat di atas menunjukan bahwa ia adalah sifat dari besi.
Kata sifat lazim ditemukan dalam teks ini karena memang yang dibahas dalam teks deskripsi umumnya adalah objek-objek tertentu yang digambarkan dengan sifat-sifat yang melekat pada objeknya.

3. Menggunakan kalimat yang memiliki predikat keterangan

Fungsi keterangan dalam kalimat-kalimat yang ada dalam teks deksripsi adalah hal yang mutlak untuk memperjelas dan mendetailkan apa yang dijelaskan. Baik itu keterangan waktu, keterangan tempat, dan yang lainnya. Tergantung dari pembahasan yang diangkat.

4. Menggunakan metafora atau perumpamaan

Seringkali, untuk memperjelas gambaran objek, penulis teks deskripsi juga membutuhkan metafora agar objek yang dijelaskan dapat lebih dipahami dan kontekstual di benak pembacanya.
Misalnya, dalam menjelaskan tempat yang ada di luar negeri, penulisnya umumnya memberikan perumpamaan dengan tempat yang ada di dalam negeri agar pembacanya lebih tergambar.

5. Menggunakan kata kerja untuk mengekspresikan subjektiitas

Ketika yang ditulis adalah teks deskripsi dengan jenis subjektif, maka Anda juga bisa menemukan bahwa teks ini banyak menggunakan kata kerja yang menerangkan pemikiran atau perasaan pribadi terhadap suatu objek. Misalnya kata kira, pikir, yakin, rasa, dan sebagainya.
Misalnya dalam kalimat ‘Saya rasa ukurannya lebih besar dari Candi Borobudur’

Contoh Teks Deskripsi


Untuk membuat Anda semakin paham dengan teks ini, Anda perlu mengamati langsung contoh teks deskripsi beserta strukturnya. Hal ini penting agar benar-benar tergambar. Kami dalam kesempatan ini akan menyajikannya untuk Anda.

Contoh Teks Deskripsi tentang Sekolah

Sekolahku yang Indah

Identifikasi 

Sekolahku bernama SMKN Darangdan. Ia adalah SMK yang paling bagus se-Kecamatan. Maklum saja, tidak ada lagi SMK di kecamatan ini selain SMK tempatku bersekolah ini. Hanya ini satu-satunya. Sehingga kebanyakan anak di lingkungan sekitarnya menjadikannya pilihan nomor satu untuk bersekolah. 

Deskripsi 

SMKN Darangdan ini suasananya sangat nyaman. Letaknya yang ada di Kaki Gunung membuat angin semilir biasa merayapi bulu kuduk. Membawa nuansa segar setiap pagi hari Aku datang ke sekolah ini. Hamparan sawah dan bukit-bukit kecil menjadi pemandangan yang setiap pagi menemani perjalananku. 

Masyarakat sekitarnya juga terkenal ramah. Terbiasa menyambut orang lain dengan senyuman ketiika berpapasan. Budaya individualitasti khas kota metropolis belum banyak pengaruhnya di tempat ini. Meyenangkan rasanya berlama-lama disini. 

Di SMK tempatku sekolah kini, ada dua jurusan yang bisa dipilih oleh para calon siswanya. Yakni jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor dan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Keduanya memiliki karakteristik tersendiri. Terutama, dari penghuni kelasnya. 

Untuk jurusan TBSM penghuninya semuanya lelaki. Tidak ada perempuan sama sekali. Sedangkan di jurusan OTKP mayoritas adalah perempuan, meski laki-laki juga ada. 

Kesimpulan 

Dengan segala yang ada di sekolah ini, Aku betah dan berharap bisa terus ditempat ini. Tentu, bukan berarti tidak mau naik kelas ya.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Kucing

Kucingku yang Lucu

Identifikasi 

Kucingku namanya Bocin. Ia adalah pemberian salah seorang sudaraku beberapa bulan aku. Aku merawatnya sejak kucing jantan ini sejak kecil, ketika ia masih senang bermain dan belajar melompat-lompat, hingga kini tak terasa sudah besar dan nampak gagah. 

Deskripsi 

Kata orang, warna kucingku adalah oyen alias kucing oranye. Meski tak penuh, namun warnanya kombinasi antara putih dan oranye. Warna yang bisa dibilang pasaran, karena banyak juga pastinya pemilik kucing yang warna kucingnya sama. 

Meski demikian, kucingku ini adalah jenis campuran persia dan dome. Sehingga perawakannya nampak lebih lucu. Tubuh gempal dengan bulu tebal yang menyelimutinya. Apalagi bulu yang ada di bagian ekornya. Tebalnya membuatnya semakin nampak gagah sebagai makhluk pejantan. 

Waktu kecil, dia sangat aktif. Senang melompat dan agresif. Namun, semakin tua usianya ia nampak semakin kalem. Lebih banyak rebahan dan sering tidur terpejam. Mungkin dia lelah. 

Suara eongannya sangat bermanfaat dan kadang membangunkanku di subuh hari. Meski berisik, tapi itu membantuku untuk rajin solat subuh di awal waktu. 

Kesimpulan 

Senang sekali rasanya bisa kucingku terus bersama. Mudah-mudahan ia sehat selalu dan menjadi teman bermain di rumahku.

Teks Deskripsi tentang Pantai

Pantai Santolo Garut

Identifikasi 

Salah satu pantai yang pernah aku kunjungi adalah Pantai Santolo. Pantai ini terletak di bagian selatan Kabupaten Garut. Salah satu kabupaten dengan wilayah paling luas yang ada di Provinsi Jawa Barat. Meski hanya sekali kesana, tempat ini sangat berkesan. Bukan hanya tempatnya saja menyimpan kesan, namun proses perjalanannya juga yang tak kalah berkesan. 

Deskripsi 

Dari tempat tinggalku di Bandung, menuju Pantai Satolo memakan waktu sekitar empat jam dengan menggunakan mobil. Dari Bandung sampai daerah Cikajang Garut, perjalanannya aku pikir normal saja. Namun, setelah itu,perjalanan menjadi sangat menegangkan. 

Jalur yang berkelok harus aku dan teman-teman lewati. Jalur yang semacam ini membuat kami harus menghadapi rasa mual dan mabuk perjalanan. Gambaran bisa dengan nyaman mengobrol ketika diperjalanan nyaris sirna saat itu. Yang ada, kami sibuk menahan muntah. 

Namun, meski sudah ditahan, akhirnya ada salah satu diantara kami yang muntah. Dengan tergesa, teman-teman semobil sibuk menyiapkan kantong plastik dan air minum. Petaka berlanjut ketika rekan disebelahnya muntah. Hingga setelahnya, satu persatu mengeluarkan muntahnya dan hanya tersisa sopir yang kuat. 

Alhamdulillah, perjalanan yang menegangkan itu terbayar dengan keindahan pantai. Saat kami datang, pengujung tidak begitu ramai namun tidak juga begitu sepi. Sehingga kami relatif bisa menjumpai langit biru dan pasir pantai yang indah ditepian. 

Ombak dipantai ini tidak begitu besar pada beberapa bagiannya. Sehingga, diperbolehkan untuk mendekati tepian air yang berbatu karang. Kebersihannya juga nampak masih terjaga. Ini membuat kami betah berlama-lama disana. 

Kesimpulan 

Dari perjalanan menuju Pantai Santolo, Aku mencoba menarik hikmah, bahwa dibalik kesulitan senantiasa tersimpan kemudahan. Ini berlaku untuk berbagai urusan. Setujukah Kamu?

Teks Deskripsi Tentang Makanan

Nasi Liwet Asep Stroberi

Identifikasi 

Daerah Jawa Barat memang terkenal dengan makanan khasnya yang bernama Nasi Liwet. Jika Kamu adalah salah satu penggemarnya, Kamu bisa mencoba juga datang ke Nasi Liwet Asep Stroberi. Letaknya ada beberapa cabang, termasuk di daerah Kadungora Garut. Rasanya enak dan tempatnya juga nyaman. Aku beberapa kali berkunjung dan makan disini bersama keluarga. 

Deskripsi 

Ketika datang ke tempat ini, Kamu bisa memilih tempat untuk duduk dan bersantap. Di cabang Kadungora, ada banyak pilihan tempat yang dibuat dalam dekorasi saung-saung. Mulai dari tempat makan berkursi, hingga yang lesehan. 

Masing-masing tempat itu terpisah seolah di setting sesuai kebutuhan yang datang. Ada saung yang ukurannya muat untuk pasangan berdua, keluarga kecil, dan ada juga yang muat untuk banyak orang. 

Paket makanan yang jadi favoritku adalah paket nasi liwet ayam. Jika Kamu memesan dengan sistem paket, maka yang akan datang ke mejamu adalah sajian lengkap dengan nutrisi yang bagus untuk tubuh. 

Nasinya disajikan dalam wadah kastrol (tempat untuk membuat liwet tradisional), sehingga pengunjung mengambil nasinya dengan sistem prasmanan. Lauknya disajikan terpisah. Mulai dari ayam kampung yang segar, tahu goreng, tempe dengan baluran tepung, lalapan, hingga yang spesial adalah sambalnya. 

Sambalnya selain sedap dipandang mata, namun sedap juga dilidah. Pedasnya yang bisa membuatku ketagihan untuk mencocol lauk ke sambal yang diletakan di coet (wadah ulekan). Aromanya juga khas dan menggugah selera. 

KesimpulanDengan apa yang tersedia di Nasi Liwet Asep Stroberi, nampaknya Kamu juga akan ketagihan jika sudah berkunjung untuk pertama kalinya kesana.  Silahkan rasakan sendiri.

Contoh Teks Deskripsi tentang Rumah

Rumahku Surgaku

Identifikasi 

Rumah bagiku adalah tempat yang paling nyaman di dunia. Meskipun tidak mewah dan megah seperti rumah Rafi Ahmad, namun ia tak kalah membuat senang untuk ditinggali. Sudah sejak kecil aku tinggal disini bersama orangtua dan adik-adik tercinta. 

Deskripsi 

Lokasi rumahku terletak di sebuah perumahan yang padat penduduk. Lokasinya tidak di kota, namun tidak juga di kampung. Bisa dibilang daerah perbetasan. Sehingga cuacanya juga tak terlalu panas dan tidak juga terlalu dingin. Sedang-sedang saja. 

Rumahku tidak bertingkat. Hanya satu lantai. Namun lebih luas dari tetangga yang lain karena letaknya berada di ujung jalan. Sehingga ada tanah sisa yang bisa dibeli dari pihak perumahan oleh orangtuaku. 

Dari luar juga tidak tampak megah. Ada pohon mangga dan halaman untuk menyimpan kendaraan, kira-kira muat untuk empat buah motor. Catnya berwarna krem dengan dua buah pintu masuk. Satu pintu mengarah ke ruang tamu, sedangkan pintu yang lainnya langsung mengarah masuk ke kamarku. 

Bagian dalam rumahku berisi satu ruang tamu, satu ruang tengah, satu kamar mandi, satu tempat mencuci, satu dapur, serta empat ruang kamar tidur. Tempat favoritku tentu saja kamar. Disana aku bisa menyendiri dan rebahan. 

Kesimpulan 

Jika kelak aku harus pergi meninggalkan rumah ini misalnya merantau ke luar kota, aku pastikan selalu menyempatkan berkunjung ke rumahku. Bagaimanapun juga, tempat ini menyimpan banyak kenangan, kenyamanan dan pengalaman yang tak terlupakan.

Tinggalkan komentar