Guru sebagai pendidik pada jenjang satuan pendidikan anak usia dini, dasar, dan menengah memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan peserta didik sehingga menjadi determinan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Pentingnya peran guru dalam pendidikan diamanatkan dalam Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3 yang berbunyi: “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.” Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengamanatkan adanya pembinaan dan pengembangan profesi guru sebagai aktualisasi dari profesi pendidik. Sudah sangat jelas fungsi guru dalam mengembangkan kemampuan peserta didik dalam meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonsia
Peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar peserta didik dan mengahasilkan lulusan yang berkualitas. Guru profesional adalah guru yang kompeten dalam membangun dan mengembangkan proses pembelajaran yang baik dan efektif sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang pintar dan pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut menjadikan kualitas pembelajaran sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama menyangkut kualitas lulusan peserta didik.
Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan program yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).
Peningkatan kualitas peserta didik salah satunya dilakukan oleh guru yang berfokus padapeningkatan kualitas pembelajaran di kelas dengan berorientasi pada keterampilanberpikir tingkat tinggi. Desain peningkatan kualitas pembelajaran ini merupakan upayapeningkatan kulaitas peserta didik yang pada akhirnya meningkatkan kualitas Pendidikandi Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, maka diperlukan sebuah buku pegangan guruyang memberikan keterampilan mengembangkan pembelajaran yang berorientasi padaketerampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaranyang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas lulusan peserta didik.
Dengan adanya Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan BerpikirTingkat Tinggi ini diharapkan dapat menjembatani pemahaman para guru dalam halperencanaan dan pelaksanaan pembelajaran lebih baik lagi sehingga mereka dapatmeningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia
Download Buku Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi
Untuk lebih jelasnya mengenai Buku Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi ini silakan bisa Anda unduh melalui tautan link yang kami sediakan berikut ini.
Unduh File :
Buku Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi
Demikian informasi atau postingan singkat mengenai Buku Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi yang dapat Guru Madrasah sampaikan. Semoga bermanfaat…Aamiin.