Contoh Soal PAS Sosiologi Kelas 12 Semester Ganjil ini terdiri dari 50 butir soal PG(Pilihan Ganda) dan sudah dilengkapi dengan kunci jawaban.
Contoh Soal PAS Sosiologi ini juga dapat dijadikan sumber latihan dalam persiapan menghadapi UN.
Sebelum melanjutkan jangan lupa untuk unduh materi Sosiologi kelas XI BAB 1, BAB 2, BAB 3, BAB 4 dan BAB 5.
Berikut adalah Contoh Soal PAS Sosiologi Kelas 12 Semester Ganjil dimulai dari nomor 1.
Baca Juga Soal Sosiologi Kelas X BAB 1
1. Berdasarkan ukuran perubahannya, realitas perubahan tren gaya rambut dikategorikan sebagai perubahan ….
a. tidak direncanakan
b. direncanakan
c. revolusi
d. besar
e. kecil
2. Perhatikan alur pengaruh penemuan baru berikut!
Unsur kearifan lokal yang tepat jika melihat gambar tersebut adalah ….
a. pengetahuan lokal
b. budaya lokal
c. keterampilan lokal
d. sumber daya lokal
e. proses sosial lokal
30. Masyarakat Bali memiliki keindahan alam yang mempesona. Kondisi tersebut menjadikan Bali sebagai salah satu tujuan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Penyataan di atas menunjukkan unsur kearifan lokal yang berupa ….
a. pengetahuan lokal
b. budaya lokal
c. keterampilan lokal
d. sumber daya lokal
e. proses sosial lokal
31. Masyarakat Yogyakarta terkenal dengan batik tulisnya yang memiliki corak khas. Corak tersebut yang membedakan batik antar daerah. Dalam membuat batik tulis dituntut ketelatenan dan ketelitian dalam pengerjaannya. Ilustrasi tersebut menunjukkan unsur kearifan lokal yang berupa ….
a. proses sosial lokal
b. keswadayaan lokal
c. keterampilan lokal
d. sistem lokal
e. tradisi lokal
32. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Mencerminkan kematangan masyarakat yang tampak dari budayanya.
(2) Bersifat eksklusif dan responsif serta mampu menyesuaikan diri.
(3) Dimiliki bersama, bersifat terbuka dan dapat diterapkan selama bertahannya komunitas.
(4) Memandang setiap kelompok memiliki proses sosial yang berbeda.
(5) Dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung tercapainya kemajuan tanpa menolak modernisasi dan globalisasi.
Pernyataan yang menunjukkan karakteritik kearifan lokal adalah ….
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (5)
d. (2), (4), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)
33. Masyarakat Jawa Timur memiliki kearifan lokal yang berupa “Sing sabar lan ngalah dadi kekasih Allah. Yang artinya yang sabar dan mengalah akan menjadi kekasih Allah SWT. Setiap masyarakat memiliki peribahasa yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, dimana peribahasa tersebut akan menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat. Berdasarkan ilustrasi di atas maka gambaran karakteristik kearifan lokal yang tepat adalah ….
a. memandang setiap kelompok memiliki proses sosial yang berbeda
b. mencakup pengetahuan masyarakat lokal dalam beberapa generasi dalam bentuk keterampilan dan keyakinan
c. mencerminkan kematangan masyarakat yang tampak pada sikap, perilaku, dam sudut pandang
d. dimiliki bersama, dan mengacu pada tradisi lokal yang diturunkan secara terus menerus
e. mencerminkan keahlian dan kemampuan masyarakat setempat untuk menerapkan pengetahuan lokal
34. Berikut ini yang menunjukkan karakteristik kearifan lokal yang berupa mencakup pengetahuan masyarakat lokal dalam beberapa generasi dalam bentuk teknologi, bahasa, keterampilan, keyakinan adalah ….
a. Sejak kecil anak-anak sudah mulai mengenal teknologi modern, sehingga mereka mulai meninggalkan tradisi budayanya.
b. Sita sudah 10 tahun berada di Jakarta, namun ia sampai saat ini masih menggunakan bahasa Indonesia dengan aksen yang “medok” Tegal.
c. Remaja sekarang sangat gemar menonton film Korea jika dibandingkan dengan film produksi anak bangsa.
d. Anita berasal dari Jawa Timur dan sekarang bekerja di perusahaan multinasional di daerah Jakarta Selatan.
e. Handoko yang berasal dari Jawa menikah dengan teman sekerjanya yang berasal dari Sunda.
35. Kegiatan pemberdayaan lazimnya memprioritaskan ….
a. kelompok kuat
b. kelompok lemah
c. wirausahawan sukses
d. pelaku usaha agribisnis
e. warga sejahtera
36. Kegiatan pemberdayaan harus memampukan warga atau komunitas sasarannya untuk mandiri dan melepaskan diri dari segala bentuk ketergantungan. Pernyataan tersebut merupakan bentuk karakteritik pemberdayaan komunitas yang berupa ….
a. kesukarelaan
b. otonom
c. keswadayaan
d. partisipatif
e. demokrasi
37. Pemerintah sebagai pemegang kepentingan makro sedianya melakukan pengawasan dalam kegiatan pemberdayaan komunitas yang dilakukan oleh kelompok mikro guna memberikan apresiasi dan masukan jika ada prosedur yang tidak sesuai dengan ketentuan. Dalam hal ini kelompok mikro hendaknya memberikan informasi secara transparan kepada pihak makro agar dapat dilakukan evaluasi secara objektif. Wacana tersebut merupakan bentuk karakteristik pemberdayaan komunitas yang berupa ….
a. egaliter
b. keterbukaan
c. kebersamaan
d. akuntabilitas
e. demokrasi
38. Adanya sekolah gratis yang didirikan oleh para relawan yang berasal dari mahasiswa menunjukkan ruang lingkup pemberdayaan komunitas berupa pemberdayaan ….
a. ekonomi
b. politik
c. sosial
d. budaya
e. lingkungan
39. Home industri krupuk yang mampu berkembang dengan pesat dapat menyerap banyak tenaga kerja di sekitar tempat tinggal merupakan salah satu bentuk pemberdayaan komunitas yang masuk ke dalam ruang lingkup pemberdayaan komunitas berupa pemberdayaan ….
a. ekonomi
b. politik
c. sosial
d. budaya
e. lingkungan
40. Pemerintah memberikan layanan posyandu secara gratis kepada masyarakat desa untuk meminimalisasi gizi buruk dan meningkatkan imunitas balita melalui program imunisasi. Dari pernyataan tersebut, maka dasar terbentuknya pemberdayaan komunitas melalui kekuatan ….
a. atas pilihan pribadi
b. dalam menentukan kebutuhan sendiri
c. kebebasan berekspresi
d. kelembagaan
e. sumber daya ekonomi
41. Keluarga Pak Mamat memiliki kesukaan dalam hal makanan yang berbeda. Pak Mamat dan istrinya sangat menyukai makanan tradisonal, sedangkan anak-anaknya sangat menyukai makanan cepat saji. Ilustrasi yang dijelaskan di atas menunjukkan ketimpangan ….
a. struktural
b. kelompok
c. personal
d. individu
e. kelembagaan
42. Berikut ini yang menunjukkan ketidakberdayaan komunitas berupa ketimpangan struktural adalah …
a. Para buruh pabrik menuntut kenaikan upah kepada pihak perusahaan seiring semakin tingginya harga kebutuhan pokok.
b. Handoko sering menyendiri dan kurang bergaul dengan teman-temannya semenjak kedua orang tuanya bercerai.
c. Kemerdekaan Indonesia dapat terwujud karena desakan keras dari golongan muda kepada golongan tua.
d. Keterbatasan fisik menyebabkan Fulan sering diejek oleh teman-teman sebayanya.
e. Karena kepandaiannya dalam bidang teknologi informatika, Siska mendapatkan beasiswa dari Oxford University.
43. Salah satu faktor yang menyebabkan ketidakberdayaan komunitas adalah faktor ketimpangan. Berikut ini yang menunjukkan ketimpangan struktural adalah ….
a. adanya ketimpangan antara masyarakat kaya dan miskin
b. ketimpangan yang terjadi antara golongan tua dan golongan muda
c. tingginya rasa primodialisme dan etosentrisme
d. adanya keanekaragaman suku dan budaya
e. masyarakat dibagi berdasarkan klasifikasi-klasifikasi yang sudah ditentukan
44. Pak Marno mengajak para tentangganya hadir di rumahnya untuk diberikan pekerjaan tambahan guna membantu perekonomian masyarakat setempat. Pak Marno melaksanakan strategi pendekatan dalam pemberdayaan komunitas yang berupa ….
a. kesejahteraan
b. pembangunan
c. pemberdayaan
d. kemakmuran
e. penyuluhan
45. Siswa SMA Al Hikmah membuat program belajar untuk kegiatan sosial skill dalam usaha melatih kemandirian. Pernyataan di atas menunjukan strategi pendekatan dalam pemberdayaan komunitas yang berupa ….
a. kesejahteraan
b. pembangunan
c. pemberdayaan
d. kemakmuran
e. penyuluhan
46. Upaya pemerintah dalam mendukung pemberdayaan perempuan salah satunya melalui peningkatan koordinasi, informasi, dan edukasi bagi perempuan dari segala latar belakang. Pernyatan tersebut merupakan strategi pendekatan dalam pemberdayaan komunitas yang berupa ….
a. kesejahteraan
b. pembangunan
c. pemberdayaan
d. kemakmuran
e. penyuluhan
47. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Mampu memahami diri dan potensinya.
(2) Memiliki kepribadian yang keras.
(3) Bertanggung jawab atas tindakannya.
(4) Memiliki sikap hidup yang fatalisme.
(5) Memiliki kekuatan untuk berunding.
Ciri-ciri masyarakat berdaya tampak pada pernyataan nomor ….
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (5)
d. (2), (4), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)
48. Potensi dapat dimaknai sebagai sikap positif yang dimiliki warga masyarakat, seperti terbuka, toleran, ramah tamah, dan bersahabat, sehingga mendukung kegiatan pemberdayaan. Pernyataan diatas merupakan pemberdayaan yang berbasis potensi wilayah yang berupa potensi ….
a. politik
b. pariwisata
c. sosial
d. alam
e. ekonomi
49. Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Bisa bersaing dengan laki-laki di sektor publik.
(2) Mampu mendidik anak dengan wawasan yang luas.
(3) Menjadi pribadi yang eksklusif tanpa tergantung orang lain.
(4) Memiliki kepercayaan diri bahwa ia memiliki potensi yang besar.
(5) Dapat mengambil keputusan yang tepat tanpa harus menunggu.
Pernyataan di atas yang merupakan alasan diadakannya pemberdayaan komunitas perempuan adalah ….
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (5)
d. (2), (4), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)
50. Tantangan terbesar dalam pemberdayaan pertanian adalah ….
a. keberpihakan pada sistem pertanian modern
b. masih terabaikannya sektor pertanian
c. dikembangkannya berbagai varietas unggulan
d. perubahan iklim yang tidak terduga
e. fluktuasi kepemilikan tanah oleh petani
Materi Sosiologi Kelas X disini.