7+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Terbaru

Agar pemahaman terhadap suatu teks yang sedang kamu pelajari dapat lebih kuat maka kamu perlu melihat dan mengamati langsung Contoh Teks Laporan Hasil Observasi yang sudah dibuat. Untuk itu, berikut 10 contoh teks laporan hasil observasi beserta strukturnya yang bisa kamu pelajari:

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan

Unta

Deskripsi umum:

Unta adalah salah satu hewan yang biasanya ditemukan di wilayah kering. Umumnya, tersebar di daerah gurun yang ada di sekitar benua Asia dan benua Afrika Utara. Di Indonesia, pasti kamu jarang menemukannya, mengingat Indonesia wilayah subur dan tropis. Paling, unta kalian temukan di Kebun Binatang. Itupun tidak banyak.

Deskripsi bagian:

Tubuh unta sebetulnya bermacam-macam, tergantung jenisnya. Namun, saya jamin, unta yang sering kamu lihat adalah unta Arab. Mengingat inilah unta yang paling dikenal. Tubuh unta ini warna kulitnya nampak cerah. Tepatnya warna coklat muda.
Bagian punuk unta arab ini sebetulnya ada dua. Hanya saja, besar kedua punuknya berlainan. Yang satu lebih besar, sedangkan yang satunya kecil. Sehingga banyak yang mengira unta yang satu ini punuknya satu.
Tubuh unta arab lebih kecil dari unta satunya lagi, yakni unta baktrian. Unta ini memang lebih langka dan jarang ditemukan. Fisiknya agar berbeda dengan unta arab. Bagian punuknya sangat nampak ada dua buah. Selain itu warnanya juga lebih gelap. Seperti coklat tua.

Deskripsi manfaat:

Unta manfaatnya sangat banyak bagi manusia. Diantaranya bisa di makan. Bahkan, sebenarnya termasuk salah satu hewan kurban. Bukan hanya itu, unta juga adalah hewan yang bisa diajak bepergian dalam jarak yang jauh dan cuaca terik. Mengingat ia memiliki kantung penyimpan energi di dalam punuknya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Bunga

Bunga Melati

Deskripsi Umum

Bunga melati merupakan salah satu bunga yang cantik dan sedap dipandang mata. Sehingga ia banyak di koleksi oleh para pecinta tumbuh-tumbuhan.

Deskripsi Bagian

Bunga melati memiliki 200 jenis yang sudah ditemukan oleh ahli-ahli dalam bidang botani. Namun, yang biasanya digunakan untuk tanaman hias dan membersamai kehidupan manusia hanya sekitar 9 jenis saja. Sedangkan kebanyakan yang lainnya tumbuh secara liar di dalam hutan.
Bunga ini termasuk ke dalam tanaman perdu. Batang yang dimilikinya tegak dan mampu hidup menahun. Ia juga merupakan tumbuhan yang merambat dari bagian keluarga zaitun. Warnanya yang mungkin kalian sering lihat adalah putih.Wanginya juga memiliki kekhasan tersendiri.

Deskripsi manfaat

Melati banyak dikoleksi oleh manusia karena kegunannya cukup banyak. Diantaranya adalah untuk tanaman hias, untuk dekorasi, hingga untuk mempercantik pengantin. Dengan segala macam kegunaannya, kita harus bersyukur bahwa Allah Swt menciptakan bunga ini.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Sampah tau Lingkungan

Sampah Organik dan Anorganik

Definisi Umum

Sampah adalah sisa pembuangan dari benda-benda yang digunakan oleh manusia. Ketika suatu benda sudah dipakai dan dianggap kegunaannya sudah tidak ada, maka ia dapat dikatakan sebagai sampah. Biasanya, setelah menjadi sampah, benda tersebut dibuang.

Definisi Bagian

Sampah sendiri ada jenisnya. Berdasarkan proses terurainya, ada dua jenis sampah yang mesti diketahui. Pertama adalah sampah organik, sedangkan yang kedua adalah salmpah anorganik.
Sampah organik adalah sampah yang mudah terurai dan menyatu dengan alam. Ia bisa melapuk menjadi bahan-bahan yang kecil lalu menyatu dengan alam. Diantaranya adalah daun-daun yang jatuh, jerami, rumput, alang-alang, juga sayur-sayuran yang biasa ditemui di pasar.
Sedangkan sampah anorganik adalah sampai yang sulit terurai. Ia lebih awet dan bisa menyebabkan kerusakan alam jika terlalu banyak dan menumpuk karena sulit untuk dihancurkan. Contohnya adalah sampah plastik. Banyak benda-benda berasal dari plastik lalu menjadi sampah.

Deskripsi Manfaat

Namun ada sebagian orang yang jeli dengan keadaan. Mereka memanfaatkan sampah dengan memperbaharuinya menjadi barang-barang yang berguna. Bahasa lainnya adalah daur ulang. Dengan daur ulang, bahkan banyak benda yang tadinya sudah jadi sampah menjadi bernilai lagi serta bisa dijual.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Lingkungan Rumah

Rumahku Surgaku

Definisi Umum

Rumah adalah tempat yang ditinggali oleh semua manusia dimuka bumi. Hampir semua manusia memiliki rumah yang menjadi tempat tinggalnya. Demikian juga dengan aku.

Deskripsi Bagian

Rumahku memiliki halaman yang cukup luas. Aku menanam banyak bunga dan sebuah pohon mangga didepannya. Sehingga ketika keluar rumah, warna hijau dan warna warni menyambutku.
Di bagian dalam, ada tujuh ruangan saja. Tidak banyak. Yakni satu ruang tamu, satu ruang tengah, dua kamar tidur, satu kamar mandi, satu dapur, dan satu gudang. Tempat favoritku adalah ruang keluarga. Disana ada televisi dan aku biasa berkumpul bersama keluarga disana.
Kamarku juga aku senang. Ada lemari belajar yang membuatku semangat belajar. Meski nampak tua, namun masih kokoh untukku untuk menopang dagu di atasnya.

Deskripsi Manfaat

Banyak sekali kenanganku terhadap rumah ini. Aku merasa betah didalamnya. Disana aku dididik dengan tulus oleh kedua orangtuaku, disana juga aku belajar dan berlindung dari berbagai hal buruk yang ada di lingkungan sekitar.

Contoh Teks Laporan Hasil Obervasi Tentang Kesehatan

Daun Sirih dan Kegunaannya

Definisi Umum

Apakah kamu pernah mendengar daun sirih? Dikutip dari Wikipedia.org, daun ini adalah daun yang merupakan tanaman asli Indonesia. Ia biasanya tumbuh merambat dan besandar pada pohon yang lain. Nama ilmiahnya adalah piper betle. Untuk mengonsumsinya, umumnya orang-orang mengunyahnya.

Deskripsi Bagian

Daun sirih, jika ditelusuri setiap unsur ada terkandung di dalamnya, sebagaimana dikutip dari hellosehat.com, per- 100 gram 85-90%-nya terdiri dari air. Sementara sisanya terdiri dari lemak, protein,iodine, sodium, vitamin A,vitamin B1, vitamin B2, dan asam nikotinat dengan kadar yang tentu saja lebih kecil dari air.
Daun sirih sendiri ada jenisnya. Diantara jenis yang terkenal adalah daun sirih hijau dan daun sirih merah. Perbedaan yang mencolok adalah dari batangnya. Jika daun sirih merah memiliki batang yang berbentuk bulat, maka daun sirih hijau batangnya hijau keunguan dan tidak memiliki bunga. Meskipun demikian, keduanya sama-sama tanaman rambat dan bentuk daunya seperti bentuk hati.

Deskripsi Manfaat

Meskipun ada perbedaan ciri fisik, namun daun sirih manapun sama-sama memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan manusia. Bukan hanya memiliki, namun, daun sirih juga manfaatnya sangatlah banyak. Diantaranya adalah menurunkan gula dara pada penderita diabetes tipe A, menurunkan kolestrol, menurunkan tekanan darah, bahkan dapat menjadi pengangkal bagi penyakit kanker.
Selain itu, daun ini juga dipercaya  dapat mempercepat penyembuhan luka bakar jika ada bagian tubuhmu yang terbakar, membantu menurunkan tingkat depresi,menjaga saluran pencernaan,meningkatkan energy, mengobati radang mimisan, menjadi obat batuk, hingga mengobati radang prostat.
Jika kamu pernah melihat nenek atau kakekmu sering mengunyah daun sirih, itu juga ternyata didasari keyakinan bahwa ada manfaat dari kegiatan tersebut. Manfaat lainnya yaitu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Dipercaya, sirih mampu menghambat pertumbuhan bakteri dimulut, mencegah gigi berlubang, membersihkan gigi dan gusi dari sisa kotoran, termasuk mencegah dari penyakit gusi.
Begitu banyak manfaat yang ada pada daun sirih. Maka, bisa saja kamu menjadikan ini sebagai salh satu opsi untuk menjaga kesahatan.

Contoh Teks Laporan Hasil Obervasi Tentang Teknologi


Facebook dan Manfaatnya

Definisi Umum

Apakah kamu memiliki akun facebook? Sebagai salah satu sosial media yang ada di dunia, facebook termasuk yang paling populer. Ia adalah salah satu layanan jejaring sosial yang berpusat di daerah California, Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 2004. Tokoh utama dari pendiriannya adalah seseoran bernama Mark Zuckerberg yang saat ini menjabat sebagai Ketua dan CEO dari Facebook,inc.

Deskripsi Bagian

Jumlah pengguna jejaring sosial ini hingga tahun 2019, mencapai sekitar 2,3 miliar manusia. Jumlah yang sangat banyak ini tentu saja tak terlepas dari fitur-fitur yang terdapat didalamnya. Sebagai pengguna facebook, kita bisa mengamati bahwa terdapat bagian-bagian  yang membuatnya menjadi sesuatu yang sangat berguna dan menyenangkan jika digunakan.
Fitur tersebut antara lain: fitur timeline, yang memungkinkan kita mengunggah cerita yang dibagikan lalu dilihat berdasarkan urutan waktu. Ada juga fitur messenger, yang membuat penggunanya bisa saling terkoneksi dengan mode japri (jaringan pribadi). Selain itu, fitur berbagi posting juga memungkinkan berbagi dalam berbagai bentuk mulai dari teks, foto, hingga video.
Ada juga fitur safety check yang mampu mengabarkan kondisi setiap pengguna ketika lokasi tinggalnya dilanda bencana, kemudian fitur facebook reaction yang memberikan opsi reaksi bagi pengguna yang tidak hanya jempol atau tanda love, tapi bisa juga emote-emote dengan beragam ekspresi. Selain itu, ada juga fitur marketplace, facebook ads, fanpage, grup, dan banyak lagi.


Deskripsi Manfaat

Seluruh fitur yang ada didalam facebook tentulah memiliki berbagai manfaat bagi para penggunanya. Inilah yang membuat dari hari ke hari penggunanya semakin banyak. Bahkan, tak pernah sepi dan ditinggal. Diantara manfaat yang dapat dirasakan tersebut antara lain:

Pertama, sarana komunikasi massal dari berbagai tempat. Dimana dengannya, kita memungkinkan untuk berhubungan dengan manusia dimanapun. Ujung belahan dunia ke ujung yang lain dapat terkoneksi bahkan secara real time. Kedua, menambah jaringan pertemanan. Setiap penggunanya, dimungkinkan untuk memiliki teman sebanyak 5000 orang. Namun, diluar angka tersebut, bisa menambah teman dalam bentuk sekedar mengikuti yang jumlahnya bisa tak terbatas.
Ketiga, dapat menemukan teman lama. Banyak yang diuntungkan dengan fitur pencarian pertemanan yang memungkinkan kita untuk melacak teman lama kita. Teman balita, TK, SD, SMP, bisa ditemukan di jejaring sosial ini. Keempat, membantu orang lain. Ketika kita membuka facebook, dikabar beranda kita juga bisa menemukan ada kabar-kabar yang menarik simpati yang mendorong rasa ingin membantu. Sehingga dengannya, kita punya peluang untuk membantu.
Kelima, berjualan. Ya, banyak juga yang merasakan manfaat yang berhubungan dengan ini. Beragam produk, baik yang baru maupun bekas bisa dijual di facebook, dengan memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku. Proses menjual ini bisa di timeline, grup, marketplace, fanpageatau bisa juga diiklankan dengan facebook ads.


Contoh Teks Laporan Hasil Obervasi tentang Kucing




Kucing dan Ragam Jenisnya

Definisi Umum

Kucing adalah salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh manusia. Hewan ini termasuk mamalia karnivora dari keluarga felidae. Sekelompok dengan singa dan harimau. Namun, kedua hewan buas tadi termasuk kucing besar. Sedangkan yang akan kita bahas adalah kucing yang telah dijinakkan dan biasa kita temukan membaur dengan kehidupan manusia di rumah atau dijalanan. Ia memiliki nama ilmiah felis catus.

Deskripsi Bagian

Sebenarnya, didunia ini ada berbagai macam jenis ras kucing. Namun, ada sekitar 30 ras yang terkenal dan banyak dijadikan hewan peliharaan oleh manusia. Diantaranya adalah American Shorthair, Absyssinan, Balinese, Bengal, Birman, British Shorthair, Burmese, Burmilla, Chinchilla, Cornish Rex, Devon Rex, Moggie, Exotic Shorthair, Japanese Bobtail, Korat, Maine Coon, Manx, Norwegian Forest Cat, Ocicat, Oriental Shorthair, Persian, Ragdoll, Russian Blue, Scoottish Fold, Siamese, Siberian Forest, Singapura, Snowshoe, Somali, Sphynx, Tiffanie, Tonkinese, Dan Turkish Van.

Masing-masing ras memiliki kekhasan tersendiri. Orang-orang yang memelihara kucing memiliki pertimbangan yang berbeda-beda ketika hendak memilih kucing jenis apa yang akan dipeliharanya. Ada yang karena lucunya, panjang bulunya, bentuk hidungnya, hingga kegagahannya. Mengingat masing-masing ras memiliki ciri fisik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.
Harga yang dipatok untuk setiap ras kucing yang diperjual belikan juga berbeda-beda. Mulai dari ratusan ribu hingga puluhan bahkan ratusan juta. Namun, tak sedikit juga yang mendapat kucing dengan ras yang bagus secara cuma-cuma dengan bermodal pemberian. Meskipun diberi, merawat kucing membutuhkan juga modal untuk merawatnya agar tetap sehat.

Deskripsi Manfaat

Ada beberapa manfaat memelihara kucing yang dapat dirasakan oleh manusia. Pertama, memelihara kucing akan membuat pemiliknya jauh dari kesepian. Bagaimana tidak sepi, ketika masuk rumah saja pemilik kucing pasti disambut dengan suara ngeong ngeong. Ia seperti menyapa ketika kita datang. Belum lagi dapat menjadi teman sepi ketika dirumah.
Kedua, memelihara kucing juga, berdasarkan pengalaman pemeliharanya dapat meredakan stress. Secara ilmiah, ini karena kegiatan semacam mengelus kucing sebenarnya memperlancar kadar kortisol yang terhambat akbiat stress.
Ketiga, bermain dengan kucing lucu juga dapat meningkatkan mood pemeliharanya ketika sedang merasa jatuh dan terpuruk. Jika sedang ada masalah dan dirundung kegalauan, bermain dengan hewan yang satu ini juga bisa menambah kembali semangat yang menurun itu.
Keempat, memiliki kucing untuk dipelihara dirumah juga ternyata baik dalam tinjauan kesehatan. Berdasarkan sebuah riset yang dipublikasikan dalam Journal of Vascular and Interventonal Neourology, disebutkan bahwa memeliharanya dapat menurunkan kadar kolestrol. Sehingga dampak positifnya adalah pemeliharanya jauh dari penyakit-penyakit berat seperti jantung dan stroke yang saat ini menjadi momok menakutkan bagi manusia.
Sampai sini, tertarik memiliki kucing? Dengan beragam manfaat yang ada, tidak ada salahnya mencoba memelihara.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Covid 19

Alat Deteksi Covid 19

Definisi Umum

Alat deteksi covid-19 adalah alat teknologi kesehatan yang dapat digunakan untuk mengecek apakah sesorang telah terdeteksi covi 19 atau belum. Mendeteksi penderita covid 19 sangat penting karena menjadi salah satu bentuk ikhtiar untuk mencegah penularan covid 19.

Definisi Bagian

Ada setidaknya dua alat yang umum digunakan oleh tenaga medis untuk melakukan kegiatan deteksi covid 19. Alat yang pertama Polymerase Chain Reaction atau PCR. Alat ini bisa memberi indikasi apakah di dalam tubuh manusia terdapat virus atau tidak. Tes dengan alat ini dsebut tes SAWB. Proses pengambilan kesimpulannya bisa mencapai 3-5 hari namun lebih akurat.

Alat kedua adalah alat Rapid Test atau tes darah. Yang diteliti dalam deteksi ini adalah darah manusia yang diperiksa. Untuk mendapatkaan kesimpulannya bisa cepat hanay 15 menit. Namun akurasinya tidak secepat PCR. Sehingga hasilnya tidak bisa 100 persen dijadikan pegangan.

Deskripsi Manfaat

Semua alat sebenarnya memiliki kegunaan. Setidaknya meski tidak akurat 100 persen, tapi hasilnya bisa digunakan untuk membangun sikap berjaga jaga dan waspada. Sehingga penularan tes covid bisa ditekan.

***

Demikianlah contoh-contoh dari teks laporan hasil observasi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar