RPP Teks Laporan Hasil Observasi Daring Bahasa Indonesia Kelas 10

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10, Teks Laporan Hasil Observasi adalah topik pembuka. Sebagai  bentuk keseriusan dalam proses pembelajaran, sudah selayaknya setiap guru menyiapkan perencanaannya agar pembahasannya terarah dan tertarget. Berikut ini RPP Teks Laporan Hasil Observasi Daring untuk membantu anda para guru yang kesulitan dalam menyusun perencanaannya.

RPP yang dibuat ini adalah untuk KD 3.1 dan 4.1. Jika Bapak atau Ibu memerlukan untuk KD 3.2 dan 4.2 silakan klik link yang ada di bagian bawah dari postingan ini. Sedangkan apabila memerlukan pembahasan unsur kebahasan, bisa baca disini.

Adapun anda yang sudah menyelesaikan materi Teks Laporan Hasil Obervasi lalu sudah mulai masuk ke pembahasan Teks Eksposisi, anda bisa mengklik link ini. Saya sudah menyiapkan contoh RPP Teks Eksposisi spesial bagi anda.

Baca juga: 17+ Contoh Teks Laporan Hasil Obserservasi Beserta Penjelasannyazvasi 

PERTEMUAN PERTAMA

A. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa mampu mengidentifikasi Teks Laporan Hasil Observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis (sesuai KD 3.1)
2. Siswa mampu menginterpretasi isi Teks Laporan Hasil Observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis (sesuai KD 4.1)

B. Media dan Bahan

1. Media yang cocok dalam kegiatan identifikasi dan interpretasi adalah media visual (berupa teks atau microblog) , penyiapannya dapat membuat media di aplikasi Microsoft Powerpoint atau Canva

Ini contoh microblog teks laporan hasil observasi yang bisa digunakan oleh anda:

2. Bahan yang dibutuhkan guru adalah teks laporan hasil observasi untuk diinput di media visual. Berikut contoh microblog yang berisi contoh teks untuk diidentifikasi dan diinterpretasi siswa:

Baca juga: Media Teks Laporan Hasil Observasi yang Terjangkau

C. Persiapan Pembelajaran

1. Guru memastikan ketersediaan kuota dan baterai smartphone tetap menyala demi kelancaran pembelajaran
2. Guru memastikan kesiapan bahan dan media pembelajaran dalam file yang siap kirim agar dapat sampai kepada siswa pada waktu yang tepat
3. Guru menyiapkan tempat dan mengondisikan lingkungan di sekitar rumahnya supaya terjaga dari gangguan teknis dan non teknis selama pembalajaran
4. Guru menyiapkan instruksi dalam satu atau dua kalimat perintah untuk diberikan kepada siswa selepas pemberian media dan bahan pembelajaran

D. Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan

a. Guru mengucapkan salam.
b. Guru melakukan tanya jawab ringan dengan siswa. Misalnya bertanya sudah mandi atau belum?
c. Guru mengabsen atau mengecek kehadiran siswa. Dalam konteks RPP ini, kegiatan dilakukan di aplikasi Whatsapp dengan memanfaatkan fitur grup.
d. Absen dibatasi dalam waktu 15 menit. Guru bisa memberikan sanksi bagi yang terlambat, misalnya dengan mengirimkan voice note siswa menyanyikan lagu nasional.
e. Guru melakukan apersepsi dan tujuan dari materi yang akan dibahasnya dalam kesempatan tersebut.

2. Kegiatan Inti

a. Guru mengirimkan micro blog yang berisi teks laporan hasil observasi. Pengiriman di lakukan dengan menyertakan instruksi meminta siswa membacanya dalam jangka waktu tertentu, misalnya 15 menit.
b. Setelah 15 menit berlalu, guru bertanya kepada siswa tentang isi dari teks tersebut. Bercerita tentang apa? Apakah ada sesuatu yang menarik? Informasi baru apa yang didapatkan? Bagaimana cara teks tersebut menjelaskan objek pembahasannya?
c. Setelah tanya jawab dilakukan, guru menjelaskan jenis teks sudah diberikan tersebut. Intinya jelaskan bahwa teks tersebut adalah Teks Laporan Hasil Observasi. Penjelasannya agar kontekstual dan menunjukan reaksi alamiah terhadap hasil tanya jawab sebaiknya tidak perlu dipersiapkan khusus. Akan tetapi, guru memberi penjelasan langsung melalui voice note whatsapp atau chat secara dadakan saja sebagaimana ketika mengajar.
d. Setelah diberi penjelasan, guru memberikan tugas kepada siswa untuk mendata dan menentukan sebuah barang atau suatu tempat disekitarnya yang dapat di obervasi. Apa yang ditentukan siswa ini nantinya  akan menjadi bahan pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya. (Tidak dikumpulkan saat itu juga, tapi untuk PR)

3. Kegiatan Penutup

a. Guru memberi sedikit kesimpulan soal pertemuan yang sudah dilaksanakannya.
b. Guru memberikan apresiasi bagi siswa yang terlibat aktif dalam grup seraya mendorong keaktifan siswa.

E. Penilaian

1. Pengetahuan:  dapat diambil dari proses tanya jawab di dalam grup

2. Sikap: dapat diambil dari sikap disiplin siswa saat proses pengecekan kehadiran, dari status online selama pembalajaran, serta sikap atau reaksinya terhadap salam yang diucapkan guru

3. Keterampilan: dapat diambil dari cara siswa mengeksperesikan diri melalui tuturan bahasa yang disampaikannya selama berkomunikasi di dalam grup.

Nah demikianlah contoh RPP Teks Laporan Hasil Observasi Daring untuk Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 yang mudah-mudahan dapat anda jadikan inspirasi.

Oh ya, jika Bapak ibu memerlukan untuk pertemuan selanjutnya, berikut ada kelanjutannya untuk KD 3.2 dan 4.2. Silakan di klik disini.

Baca juga: 
Bagaimana agar tugas daring mudah dipahami siswa?
RPP Teks Prosedur Kelas 11
RPP Teks Eksplanasi Kelas 11

Tinggalkan komentar