RPP Teks Prosedur Daring Bahasa Indonesia Kelas 11

Menginjak kelas 11, bab yang pertama dibahas adalah teks prosedur. Pembahasan ini menyenangkan dan kontekstual karena mudah sekali dikaitkan dengan kehidupan siswa. Meski demikian, guru tetap harus melakukan perencanaan yang matang sebelum memulai kelas. Maka saya coba bantu membagikan RPP Teks Prosedur Daring KD 3.1 dan 4.1 bahasa Indonesia.

Jika anda membutuhkan untuk KD 3.2 dan 4.2 anda bisa menemukannya dengan klik disini. Saya sudah membuatnya sebagai kelanjutan dari pembahasan yang ini.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia yang saya siapkan ini adalah format daring. Menyesuaikan dengan situasi pandemi yang menyebabkan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh. Di tempat saya mengajar, begitulah adanya. Sepertinya, mayoritas dari anda juga demikian kan?

Berikut perecanaan yang saya siapkan. Untuk diketahui, saya melaksanakan kegiatan melalui grup whatsapp. Silakan dipelajari dan jika cocok boleh diikuti.

Tujuan Pembelajaran

1. Siswa mampu mengonstruksi informasi berupa pernyataan umum dan tahapan-tahapan (langkah-langkah) di dalam teks prosedur
2. Siswa mampu merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis.

Media dan Bahan

1. Media pertama yang bisa digunakan adalah voice note (jika di whatsapp), bisa juga alat perekam, atau aplikasi podcast seperti anchor yang menunjang pembuatan media audio untuk dikirim kepada siswa. Idealnya video, hanya berdasarkan pengalaman, video memberatkan siswa karena memakan banyak kuota.
2. Media kedua adalah micro blog yang saya buat di canva. Ini semacam powerpoint tapi bentuknya potongan gambar-gambar, sehingga siswa lebih mudah membukanya karena tidak memerlukan aplikasi tambahan. Ini contohnya:

3. Bahannya adalah teks yang disiapkan sendiri untuk dimasukan ke dalam micro blog. Sebaiknya tema yang diangkat dalam teks dibuat sekontekstual mungkin dengan keadaan siswa.

Persiapan Pembelajaran

1. Guru memastikan kuota dan baterai smartphone-nya tersedia agar tidak mengganggu pembelajaran di tengah jalan.
2. Guru mengecek kelengkapan bahan dan media pembelajaran yang akan digunakannya agar tidak ada kegiatan dadakan dan tak terduga yang berpotensi menghambat.

3. Guru mengondisikan lingkungan di sekitarnya agar tidak terganggu dengan faktor-faktor non teknis yang membuat kegiatan belajar online jadi terganggu.
4. Guru menyiapkan tempat dan mengondisikan lingkungan di sekitar rumahnya supaya terjaga dari gangguan teknis dan non teknis selama pembalajaran
5. Guru mempersiapkan instruksi-instruksi untuk dilakukan siswa selama pembelajaran.

Kegiatan Pembelajaran


Pendahuluan

1. Guru menyampaikan salam dan menyapa siswa.

2. Guru melakukan obrolan ringan dan hangat melalui chat atau voice note. Ambilah topik-topik sederhana, misalnya, “Sudah makan belum?”

3. Guru mengecek kehadiran siswa di dalam grup. Memastikan semuanya dalam status online dengan membuat absensi online. 

4. Guru memperingatkan siswa tentang batas absensi agar siswa tetap merasakan suasana di kelas. Agar muncul kesadaran lebih, tidak ada salahnya memberikan sanksi bagi yang terlambat.

5. Guru menyampaikan tujuan dan gambaran mengenai apa yang akan dilakukan selama kelas belajar online dilangsungkan.

Kegiatan Inti

1. Guru mengirimkan micro blog yang didalamnya terdapat teks prosedur. Lalu menginstruksikan siswa untuk membaca dan melihatnya dengan batasan waktu yang diberikan agar tetap terbangun kedisiplinan.

2. Guru dan siswa bertanya jawab mengenai isi dan pembahasan yang terdapat pada teks yang diberi. Berikan siswa pertanyaan yang berhubungan dengan teks, hingga kemudian siswa secara tidak sadar akan memahami bahwa teks prosedur adalah teks yang berisi tahapan-tahapan untuk melakukan sesuatu dan diawali dengan pernyataan umum yang berisi tujuan dari pembahasan mengenai langkah-langkah kegiatan.

3. Guru memberikan penegasan kepada siswa bahwa konten utama dari teks adalah berisi pernyataan umum dan tahapan-tahapan. Sebaiknya ini tidak disampaikan lewat chat, tapi melalui media audio agar bisa lebih jelas.

4. Guru meminta masing-masing siswa merancangan bangunan teks prosedur dengan dua perintah ini: 1. Apa kegiatan favoritmu selain belajar selama berada di rumah! 2.Sebutkan langkah atau tahapan dalam melakukan kegiatan favoritmu tersebut! Jawaban dikirim secara tertulis dan lisan. Untuk lisan, minta siswa membuat rekaman atau voice note saja supaya mudah.

Kegiatan Penutup

1. Guru memberi sedikit kesimpulan soal pertemuan yang sudah dilaksanakannya.

2. Guru memberikan apresiasi berupa pujian bagi siswa yang terlibat aktif dalam grup. Sebaliknya mengingatkan siswa yang tidak aktif dalam grup.

Penilaian

1. Pengetahuan

Kegiatan diskusi yang mengekspresikan pengetahuan siswa selama proses belajar bisa anda jadikan patokan.

2. Sikap

Kedisiplinan siswa saat absen, menjawab salam yang disampaikan guru, dan tetap online selama belajar, dapat dijadikan ukuran.

3. Keterampilan

Keterampilan nilainya dapat diambil dari ekspreasi siswa melalui tuturan bahasa yang disampaikannya selama berkomunikasi di dalam grup.

Nah, demikianlah contoh RPP Teks Prosedur Daring Bahasa Indonesia Kelas 11. Ini tentu bukanlah yang terbaik, namun tak salah jika anda mencobanya. 

Tinggalkan komentar