Contoh Soal AKM Literasi Teks Informasi Kelas 5

Contoh Soal AKM Literasi Teks Informasi Kelas 5Website Edukasi, apa kabar adik-adik dan bapak ibu guru semuanya? Dalam perjumpaan kali ini kita akan bersama-sama belajar literasi teks informasi untuk kelas 5 dan 6.
Dalam Contoh Soal AKM Literasi Teks Informasi Kelas 5 ini, Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
Contoh Soal AKM Literasi Teks Informasi ini siswa akan belajar Menemukan Informasi, Memahami, Mengevaluasi dan merefleksi dari soal-soal literasi yang akan kami sampaikan dibawah ini.
langsung saja yuk kita mulai Soal AKM Literasi Teks Informasi Kelas 5.
1. Kuda laut

Kuda laut merupakan hewan laut yang memiliki kepala seperti bentuk kepala kuda dan moncong yang panjang. Ukuran tubuh kuda laut juga bervariasi, bisa mencapai sekitar 35 cm. Meskipun merupakan hewan laut, kuda laut ini buruk dalam berenang. Ia memiliki kecepatan berenang sangat lambat. Ini disebabkan oleh keunikan bentuk tubuhnya yang tegak. Keunikan tubuhnya yang tegak juga membuat ia berenang secara vertikal, bukan horisontal seperti ikan lainnya. Selain keunikan pada tubuhnya, kuda laut juga ternyata memiliki cara berkembang biak yang unik.
Kuda laut betina meletakkan telur-telurnya ke dalam kantung yang terletak di perut kuda laut jantan. Kuda laut jantan juga membawa telur-telur itu ke mana pun ia pergi. Setelah beberapa lama, tibalah waktunya melahirkan. Kuda laut jantan membuka kantung di perutnya, kemudian ratusan bayi kuda laut berhamburan ke laut. Sayangnya, dalam ratusan kelahiran bayi kuda laut, hanya beberapa saja dapat bertahan hidup hingga dewasa dan berkembang biak. Populasi kuda laut terus menurun akibat pemangsa, polusi, perusakan habitat, dan perdagangan secara ilegal.
Mengapa kuda laut memiliki kemampuan berenang yang buruk?

Jawaban : Karena keunikan bentuk tubuhnya yang tegak.

3. Bekantan Monyet Berhidung Merah

Salah satu hewan asli yang berasal dari Kalimantan adalah bekantan. Bekantan merupakan jenis monyet dengan hidung besar yang besar dan memiliki rambut berwarna cokelat kemerahan. Ciri utama yang membedakan bekantan dari monyet lainnya adalah hidung panjang dan besar. Ciri utama ini  hanya ditemukan pada bekantan spesies jantan. Hidung bekantan jantan begitu besar yang terlihat menggantung di atas mulut. Jika ingin makan,  si jantan ini harus mendorong hidungnya keluar dari mulut agar dapat meletakkan makanan ke dalam mulut mereka.
Bekantan jantan berukuran lebih besar daripada bekantan betina. Ukuran bekantan jantan dapat mencapai 75 cm dengan berat mencapai 24 kg, sedangkan bekantan betina berukuran 60 cm dengan berat 12 kg. Makanan bekantan adalah buah-buahan dan biji-bijian. Selain itu, bekantan memakan aneka daun-daunan. Namun, makanan daun-daunan ini  menghasilkan banyak gas pada waktu dicerna. Ini mengakibatkan efek samping yang membuat perut bekantan jadi membuncit.
Saat ini, populasi bekantan menurun drastis. Hal tersebut disebabkan  perburuan liar yang dilakukan oleh manusia. Selain itu, hutan tempat bekantan tinggal juga rusak karena penebangan hutan. Pohon-pohon yang menjadi tempat tinggal bekantan berkurang sehingga bekantan tergusur. Para bekantan tersebut kerap mendatangi perkampungan manusia untuk mencari makan. 
Pilihlah pernyataan Benar atau Salah yang sesuai dengan isi bacaan!. 
  1. Populasi bekantan meningkat dengan pesat.
  2. Bekantan merupakan satu-satunya hewan asli dari Kalimantan.
  3. Populasi bekantan menurun karena perburuan liar dan kerusakan hutan. 
  4. Bekantan betina memiliki hidung yang lebih besar daripada bekantan jantan.
  5. Bekantan betina memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan bekantan jantan.

Jawaban : 1. Salah, 2. Salah, 3. Benar, 4. Salah, 5. Benar

5. 

Menurut infografik di atas, jenis sampah apakah yang paling banyak terbuang ke laut Indonesia?

A. Kaleng
B. Plastik
C. Puntung rokok 
D. Sisa makanan
Jawaban : B. Plastik
7. 
Menurut infografis di atas, berapa persen laut Indonesia yang sangat tercemar?
A. 100%
B. 75%
C. 20%
D. 5%
Jawaban : B. 75%
8. Bagaimana Membuat Gantungan Kunci
SD Cita Nusa akan mengadakan penggalangan dana untuk korban bencana alam. Anak-anak kelas 5 akan menyelenggarakan bazar untuk penggalangan dana tersebut. Naufa dan teman-temannya mempunyai ide yang berbeda. Mereka akan membuat gantungan kunci spesial.
Gantungan kunci spesial ini memiliki nama. Gantungan kunci ini akan bermanfaat sekali untuk menandai barang milik pribadi, seperti tas atau tempat pensil. Jika kamu ingin menggunakan kata-kata lain juga bisa, asalkan tidak terlalu panjang.
Naufa akan berbagi cara membuatnya untukmu, ikuti tahap-tahapnya ya.

Bahan apa saja yang diperlukan dalam membuat gantungan kunci?
A. spidol, pulpen warna, kertas, cincin gantungan
B. gunting, alat laminating, lem
C. tas, tempat pensil, gantungan kunci
D. cat, kanvas, gunting
Jawaban : A. spidol, pulpen warna, kertas, cincin gantungan
9. 
Salah satu hewan asli yang berasal dari Kalimantan adalah bekantan. Bekantan merupakan jenis monyet dengan hidung besar yang besar dan memiliki rambut berwarna cokelat kemerahan. Ciri utama yang membedakan bekantan dari monyet lainnya adalah hidung panjang dan besar. Ciri utama ini  hanya ditemukan pada bekantan spesies jantan. Hidung bekantan jantan begitu besar yang terlihat menggantung di atas mulut. Jika ingin makan,  si jantan ini harus mendorong hidungnya keluar dari mulut agar dapat meletakkan makanan ke dalam mulut mereka.
Bekantan jantan berukuran lebih besar daripada bekantan betina. Ukuran bekantan jantan dapat mencapai 75 cm dengan berat mencapai 24 kg, sedangkan bekantan betina berukuran 60 cm dengan berat 12 kg. Makanan bekantan adalah buah-buahan dan biji-bijian. Selain itu, bekantan memakan aneka daun-daunan. Namun, makanan daun-daunan ini  menghasilkan banyak gas pada waktu dicerna. Ini mengakibatkan efek samping yang membuat perut bekantan jadi membuncit.
Saat ini, populasi bekantan menurun drastis. Hal tersebut disebabkan  perburuan liar yang dilakukan oleh manusia. Selain itu, hutan tempat bekantan tinggal juga rusak karena penebangan hutan. Pohon-pohon yang menjadi tempat tinggal bekantan berkurang sehingga bekantan tergusur. Para bekantan tersebut kerap mendatangi perkampungan manusia untuk mencari makan. 
Ide pokok paragraf terakhir pada wacana tersebut adalah …
A. Hal tersebut karena perburuan liar yang dilakukan oleh manusia. 
B. Saat ini, populasi bekantan menurun drastis.
C. Hutan tempat bekantan tinggal juga rusak karena penebangan hutan. 
D. Pohon-pohon yang menjadi tempat tinggal bekantan berkurang.
Jawaban : B. Saat ini, populasi bekantan menurun drastis.
12. 
Apa tujuan murid-murid kelas 5 SD Cita Nusa menyelenggarakan bazar?
A. Merayakan pesta ulang tahun Naufa.
B. Mencari uang agar dapat ditabung.
C. Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.
D. Menggalang dana bagi korban bencana alam.
Jawaban : D. Menggalang dana bagi korban bencana alam.
14. Bagaimana Membuat Gantungan Kunci
SD Cita Nusa akan mengadakan penggalangan dana untuk korban bencana alam. Anak-anak kelas 5 akan menyelenggarakan bazar untuk penggalangan dana tersebut. Naufa dan teman-temannya mempunyai ide yang berbeda. Mereka akan membuat gantungan kunci spesial.
Gantungan kunci spesial ini memiliki nama. Gantungan kunci ini akan bermanfaat sekali untuk menandai barang milik pribadi, seperti tas atau tempat pensil. Jika kamu ingin menggunakan kata-kata lain juga bisa, asalkan tidak terlalu panjang.
Naufa akan berbagi cara membuatnya untukmu, ikuti tahap-tahapnya ya.

Apa kegunaan produk yang dibuat oleh Naufa dan teman-temannya? Pilihlah beberapa jawaban yang tepat. 
  1. Alat untuk melatih kemampuan membaca.
  2. Hiasan pada tas atau tempat pensil.
  3. Alat untuk menamai barang milik pribadi 
  4. Tempat menyimpan pensil.
Jawaban : 1 dan 3
15. Robot Pemadam Kebakaran

Berdasarkan infografik tersebut, bagaimana cara penguraian kemacetan di Indonesia?
Jawaban : Meningkatkan penggunaan transportasi publik
17. 
Apa tujuan penulis menyampaikan data persentase jumlah kendaraan di Indonesia pada infografis yang pertama?
Jawaban : Untuk memberi gambaran jumlah kendaraan pribadi di Indonesia
18. 
Biota laut adalah semua makhluk hidup yang ada di laut, baik hewan, tumbuhan maupun karang. Berdasarkan infografik tersebut, jelaskan bagaimana hubungan antara sampah laut dengan biota laut di Indonesia?
Jawaban : Jika laut tercemar, biota laut akan kehilangan habitatnya sehingga bisa punah
19. 
Jelaskan mengapa Indonesia menjadi negara penyumbang sampah laut terbesar kedua di dunia? 
Jawaban : Banyak masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan
20. 
Berdasarkan infografik tersebut, apa yang dapat kamu simpulkan mengenai keadaan laut Indonesia? Jelaskan jawabanmu dengan menyebutkan data dari infografis.
Jawaban : Keadaan laut Indonesia sudah mulai terancam karena 75% laut Indonesia sudah sangat tercemar.
21. 
Apa tujuan penulis dalam menyusun wacana tersebut?
A. Mengajak pembaca peduli terhadap lingkungan.
B. Memberitahu cara membuat gantungan kunci sendiri.
C. Mengajak pembaca membuang sampah pada tempatnya.
D. Memberi informasi lengkap tentang bencana alam yang terjadi.
Jawaban : B. Memberitahu cara membuat gantungan kunci sendiri.
23. Bagaimana Membuat Gantungan Kunci
SD Cita Nusa akan mengadakan penggalangan dana untuk korban bencana alam. Anak-anak kelas 5 akan menyelenggarakan bazar untuk penggalangan dana tersebut. Naufa dan teman-temannya mempunyai ide yang berbeda. Mereka akan membuat gantungan kunci spesial.
Gantungan kunci spesial ini memiliki nama. Gantungan kunci ini akan bermanfaat sekali untuk menandai barang milik pribadi, seperti tas atau tempat pensil. Jika kamu ingin menggunakan kata-kata lain juga bisa, asalkan tidak terlalu panjang.
Naufa akan berbagi cara membuatnya untukmu, ikuti tahap-tahapnya ya.

Untuk apa  Naufa dan teman-temannya  membuat gantungan kunci?
A. Menghadiahkan gantungan kunci kepada teman-temannya.
B. Memberikan gantungan kunci kepada guru dan Kepala Sekolah.
C. Menyumbangkan gantungan kunci kepada korban bencana alam.
D. Menjual gantungan kunci dalam bazar di SD Cita Nusa.
Jawaban : D. Menjual gantungan kunci dalam bazar di SD Cita Nusa.
24. Robot Pemadam Kebakaran

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta sekarang memiliki robot canggih. Robot itu disebut Dok-Ing MVF-3. Bentuknya seperti mobil. Fungsinya memudahkan pekerjaan para petugas pemadam kebakaran. Robot ini telah diuji coba di Pusdiklatsar Ciracas, Jakarta pada hari Kamis tanggal 6 Februari 2020.
 Robot ini dapat dikendalikan dari jarak 1,5 km dengan menggunakan pengendali jarak jauh. Cara tersebut memudahkan petugas jika ada titik api yang sulit dijangkau atau berbahaya. Kebakaran yang terjadi di area pabrik, SPBU, atau tempat-tempat berbahan kimia lainnya dapat diminimalisasi dengan robot Dok-Ing MVF-3.  Dengan robot Dok-Ing MVF-3, api akan lebih mudah dipadamkan dan potensi ledakan yang dihasilkan dari bahan-bahan kimia dapat diminimalisasi.
Robot canggih ini dilengkapi dengan GPS dan kamera. Kamera yang digunakan adalah kamera anti air dan kuat dalam berbagai kondisi. Sang operator dapat memantau keberadaan robot tersebut dengan menggunakan GPS dan melihat kawasan yang sedang dipadamkan melalui kamera.
Robot ini sangat kuat. Dia dapat menampung 2500 liter air dan 500 liter busa. Robot ini juga bisa menyemprotkan air sejauh 55 meter dan dapat menyemprotkan busa sejauh 45 meter. Beban yang dapat ditariknya  adalah 6 ton, beban yang dapat didorong mencapai 10 ton.
Bagaimana cara robot pemadam kebakaran tersebut memadamkan api di tempat yang sulit dijangkau?
Jawaban : Robot dilengkapi GPS yang bisa dikontrol dari jarak jauh sehingga bisa menjangkau tempat yang sulit.
26. Robot Pemadam Kebakaran

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta sekarang memiliki robot canggih. Robot itu disebut Dok-Ing MVF-3. Bentuknya seperti mobil. Fungsinya memudahkan pekerjaan para petugas pemadam kebakaran. Robot ini telah diuji coba di Pusdiklatsar Ciracas, Jakarta pada hari Kamis tanggal 6 Februari 2020.
 Robot ini dapat dikendalikan dari jarak 1,5 km dengan menggunakan pengendali jarak jauh. Cara tersebut memudahkan petugas jika ada titik api yang sulit dijangkau atau berbahaya. Kebakaran yang terjadi di area pabrik, SPBU, atau tempat-tempat berbahan kimia lainnya dapat diminimalisasi dengan robot Dok-Ing MVF-3.  Dengan robot Dok-Ing MVF-3, api akan lebih mudah dipadamkan dan potensi ledakan yang dihasilkan dari bahan-bahan kimia dapat diminimalisasi.
Robot canggih ini dilengkapi dengan GPS dan kamera. Kamera yang digunakan adalah kamera anti air dan kuat dalam berbagai kondisi. Sang operator dapat memantau keberadaan robot tersebut dengan menggunakan GPS dan melihat kawasan yang sedang dipadamkan melalui kamera.
Robot ini sangat kuat. Dia dapat menampung 2500 liter air dan 500 liter busa. Robot ini juga bisa menyemprotkan air sejauh 55 meter dan dapat menyemprotkan busa sejauh 45 meter. Beban yang dapat ditariknya  adalah 6 ton, beban yang dapat didorong mencapai 10 ton.
Apa saja dampak positif penggunaan robot pemadam kebakaran?
  1. mengurangi risiko bahaya untuk korban dan petugas pemadam kebakaran. 
  2. menambah jumlah petugas yang harus menangani kebakaran.
  3. menurunkan kerugian ekonomi.
  4. meningkatkan potensi ledakan pada kebakaran di SPBU. 
jawaban : 1 dan 3
27. Robot Pemadam Kebakaran

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta sekarang memiliki robot canggih. Robot itu disebut Dok-Ing MVF-3. Bentuknya seperti mobil. Fungsinya memudahkan pekerjaan para petugas pemadam kebakaran. Robot ini telah diuji coba di Pusdiklatsar Ciracas, Jakarta pada hari Kamis tanggal 6 Februari 2020.
 Robot ini dapat dikendalikan dari jarak 1,5 km dengan menggunakan pengendali jarak jauh. Cara tersebut memudahkan petugas jika ada titik api yang sulit dijangkau atau berbahaya. Kebakaran yang terjadi di area pabrik, SPBU, atau tempat-tempat berbahan kimia lainnya dapat diminimalisasi dengan robot Dok-Ing MVF-3.  Dengan robot Dok-Ing MVF-3, api akan lebih mudah dipadamkan dan potensi ledakan yang dihasilkan dari bahan-bahan kimia dapat diminimalisasi.
Robot canggih ini dilengkapi dengan GPS dan kamera. Kamera yang digunakan adalah kamera anti air dan kuat dalam berbagai kondisi. Sang operator dapat memantau keberadaan robot tersebut dengan menggunakan GPS dan melihat kawasan yang sedang dipadamkan melalui kamera.
Robot ini sangat kuat. Dia dapat menampung 2500 liter air dan 500 liter busa. Robot ini juga bisa menyemprotkan air sejauh 55 meter dan dapat menyemprotkan busa sejauh 45 meter. Beban yang dapat ditariknya  adalah 6 ton, beban yang dapat didorong mencapai 10 ton.
Apa perbedaan cara kerja robot dengan petugas pemadam kebakaran?
Jawaban : Robot dilengkapi GPS yang bisa dikontrol dari jarak jauh sehingga bisa menjangkau tempat yang sulit, sedangkan manusia tidak bisa.
28. Berani Berubah
Bertahun-tahun lalu, Abdul Aziz sama seperti nelayan lainnya di tempatnya tinggal, Desa Wongsorejo, Banyuwangi. Ia menangkap berbagai ikan hias cantik yang selanjutnya dijual kepada pengepul.
Namun, suatu hari Abdul Aziz menangis melihat terumbu karang, tempatnya biasa menangkap ikan hias, hancur lebur. Dasar laut tampak seperti sumur dan banyak ikan hias yang mati. Ini terjadi akibat penggunaan bom dan racun untuk menangkap ikan hias. Abdul Aziz bertekad untuk tidak merusak terumbu karang lebih lanjut.
Abdul Aziz dan beberapa teman nelayan lainnya lalu mendapat tawaran untuk mengelola objek wisata Watudodol di Jawa Timur. Tawaran ini tentu saja mereka terima dengan senang hati. Mereka mendapat dukungan dan bantuan dari berbagai pihak untuk urusan perizinan dan tata cara kelola tempat wisata. Kerja sama mereka membuat Watudodol menjadi lokasi wisata yang nyaman untuk dikunjungi.
Tidak berhenti sampai di situ, Abdul Aziz bersama teman-teman juga memulihkan kawasan perairan Watudodol. Belajar dari berbagai sumber, mereka menanam rumpon rumah ikan dan terumbu karang. Hasilnya sudah tampak. Dasar laut yang semula kosong dan mencekam, kini berubah menjadi taman laut dengan terumbu karang yang indah. Berbagai ikan hias juga sudah tampak berenang bebas di antara terumbu karang.
Pernyataan manakah sesuai dengan teks diatas?
  1. Awalnya Abdul Azis menangkap dan menjual ikan-ikan hias, seperti nelayan lainnya..
  2. Abdul Azis menjual terumbu karang kepada para pengepul karena menghasilkan banyak uang.
  3. Semula pengelola objek wisata Watudodol menyerahkan penyelamatan terumbu karang kepada Abdul Aziz.
  4. Ikan hias tampak indah berenang di objek wisata Watudodol berkat usaha Abdul Aziz dan  teman-temannya.
Jawaban : 1. Benar, 2. Salah, 3. Salah, 4. Benar
29. Berani Berubah
Bertahun-tahun lalu, Abdul Aziz sama seperti nelayan lainnya di tempatnya tinggal, Desa Wongsorejo, Banyuwangi. Ia menangkap berbagai ikan hias cantik yang selanjutnya dijual kepada pengepul.
Namun, suatu hari Abdul Aziz menangis melihat terumbu karang, tempatnya biasa menangkap ikan hias, hancur lebur. Dasar laut tampak seperti sumur dan banyak ikan hias yang mati. Ini terjadi akibat penggunaan bom dan racun untuk menangkap ikan hias. Abdul Aziz bertekad untuk tidak merusak terumbu karang lebih lanjut.
Abdul Aziz dan beberapa teman nelayan lainnya lalu mendapat tawaran untuk mengelola objek wisata Watudodol di Jawa Timur. Tawaran ini tentu saja mereka terima dengan senang hati. Mereka mendapat dukungan dan bantuan dari berbagai pihak untuk urusan perizinan dan tata cara kelola tempat wisata. Kerja sama mereka membuat Watudodol menjadi lokasi wisata yang nyaman untuk dikunjungi.
Tidak berhenti sampai di situ, Abdul Aziz bersama teman-teman juga memulihkan kawasan perairan Watudodol. Belajar dari berbagai sumber, mereka menanam rumpon rumah ikan dan terumbu karang. Hasilnya sudah tampak. Dasar laut yang semula kosong dan mencekam, kini berubah menjadi taman laut dengan terumbu karang yang indah. Berbagai ikan hias juga sudah tampak berenang bebas di antara terumbu karang.
Apa perbedaan keadaan terumbu karang sebelum dipulihkan dan sesudah dipulihkan oleh Abdul Azis dan kawan-kawannya?
Jawaban : Terumbu karang yang awalnya rusak karena bom dan racun untuk menangkap ikan, tetapi pada akhirnya menjadi taman laut yang indah
30. Uniknya Burung Scarlet Ibis

Burung scarlet ibis adalah burung yang hidup di pulau-pulau tropis Karibia, Amerika Selatan.
Ukuran burung ini cukup besar, panjang tubuhnya mencapai 70 cm dan beratnya sekitar 700-900 gram.
Seperti burung lain yang hidup di dekat perairan, burung scarlet ibis memiliki paruh panjang melengkung yang bisa digunakan untuk mencari makan di dalam lumpur.
Bulu burung scarlet ibis amatlah indah. Warnanya merah menyala. Namun, warna merah itu baru muncul saat burung scarlet ibis dewasa. Ketika baru menetas dari telurnya, warna burung ini abu-abu, cokelat, putih, atau campuran ketiganya. Setelah burung scarlet ibis memasuki masa remaja, bulunya perlahan-lahan berubah warna menjadi merah.
Warna pada bulu burung scarlet ibis disebabkan oleh astaxanthin. Astaxanthin adalah zat warna merah alami yang didapatkan burung scarlet ibis dari makanan kesukaannya, yakni kepiting merah dan udang.
Karena warna bulu burung scarlet ibis bergantung pada makanannya, warna ini bisa saja menjadi pudar atau kembali menjadi abu-abu atau putih ketika burung ini kekurangan asupan makanan. Oleh karena itu, biasanya burung-burung scarlet ibis yang berada di kebun binatang sering diberi makanan yang mengandung buah bit dan wortel agar keindahan warna bulunya terjaga.
Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
Jika kamu mendapat tugas merawat burung scarlet ibis, apa yang akan kamu lakukan agar warna bulu burung itu tetap merah menyala?
Jawaban : Memberi makanan berupa buah bit. Memberi makanan berupa wortel. Memberi makanan berupa kepiting merah. Memberikan makanan berupa udang.
31. Pacu Jawi, Tradisi Unik Minangkabau yang Mendunia
Pernahkah kamu mendengar tentang Pacu Jawi? Pacu Jawi yang berarti “balapan sapi” merupakan tradisi Minangkabau yang sangat unik dan hanya ada di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.
Permainan tradisional ini dilombakan setiap tahun. Menurut sejarahnya, Pacu Jawi sudah ada sejak ratusan tahun silam. Tradisi ini berawal dari kegiatan petani setempat setelah musim panen.

Sekilas mirip dengan tradisi Karapan Sapi Madura yang terkenal itu, ya? Ternyata, ada bedanya!
Jika Karapan Sapi Madura dilakukan di tanah kering, Pacu Jawi diselenggarakan di sawah milik masyarakat setempat yang habis panen, serta dalam kondisi berlumpur dan basah.
Untuk teknik permainannya, seorang joki mengendarai sepasang sapi yang diapit oleh alat pembajak sawah sambil memegang tali dan menggigit ekor kedua sapi. Jika gigitan pada ekor sapi semakin kuat, semakin cepat pula sapi tersebut berlari.
Dalam Pacu Jawi, sepasang sapi yang berlomba hanya berlari sendirian tanpa adanya lawan. Penentuan pemenang berdasarkan lurus atau tidak lurusnya sepasang sapi dalam berlari menuju garis finish. Pasangan sapi yang berlari semakin lurus tentu akan menjadi pemenangnya. Selain itu, waktu tempuh sepasang sapi dalam lintasan juga menjadi penilaian.
Pacu Jawi berperan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat setempat. Selain itu, juga menjadi daya tarik bagi turis lokal maupun mancanegara. Tradisi ini dapat meningkatkan harga jual sapi sehingga meningkatkan perekonomian peternak.
Masyarakat di Tanah Datar terus melestarikan tradisi Pacu Jawi sejak ratusan tahun silam. Jika kamu adalah masyarakat Tanah Datar, mengapa kamu harus melestarikan tradisi tersebut?
Jawaban : Hiburan bagi masyarakat setempat, menjadi daya tarik turis, meningkatkan harga jual sapi, meningkatkan perekonomian peternak

Demikian Contoh Soal AKM Literasi Teks Informasi Kelas 5 dan 6 yang dapat kami bagikan pada kesempatan ini, perlu adik-adik dan bapak ibu guru ketahui bahwa contoh soal AKM diatas dapat anda unduh sebagai pembelajaran offline dalam format pdf melalui tautan dibawah ini:
Semoga bermanfaat, sampai jumpa dalam kesempatan lain.

Tinggalkan komentar