Jangan Cetak Kartu Vaksin Sembarangan

 Pemerintah terus mengoptimalkan program vaksinasi di seluruh daerah Indonesia. Seiring berjalannya program ini, terdapat aturan yang mengharuskan masyarakat untuk menunjukkan kartu vaksin COVID-19 ketika ingin pergi atau sekedar berkunjung ke suatu tempat.
Jangan Cetak Kartu Vaksin Sembaranganaplikasi Peduli Lindungi dan mengakses melalui laman website Peduli Lindungi. Namun kini, sejumlah masyarakat memilih cara praktis yakni dengan mencetak kartu vaksin di jasa cetak. Hal ini cukup berbahaya karena memicu kebocoran data bahkan data pengguna dapat disalahgunakan.
Dengan alasan kepraktisan, masyarakat tergiur untuk memakai jasa cetak vaksin. Maraknya jasa cetak vaksin akhir-akhir ini, membuat pemerintah dan masyarakat harus lebih waspada. Data yang disalahgunakan dapat dipakai untuk membuat KTP, membuka rekening baru, pinjaman online, dan berbagai aktivitas digital jahat lainnya.
Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat tidak usah mencetak kartu vaksin melalui jasa cetak serta harus peduli dengan data privasi mereka. Akan lebih baik jika mereka mengunduh aplikasi resmi dari pemerintah yakni Peduli Lindungi, aplikasi atau laman resmi yang dikembangkan pemerintah Indonesia udalam progam vaksinasi guna menghentikan lonjakan kasus COVID-19.
Sertifikan vaksin memiliki data-data penting seperti data NIK, nama lengkap, dan tanggal lahir. Seandainya pengguna ingin mencetak kartu vaksin, lebih baik dicetak langsung oleh pengguna sendiri dan jangan memakai agen jasa cetak.
Kominfo mengimbau para agen jasa cetak untuk tetap menjaga data diri pengguna vaksin. Jika mereka melanggarnya, ada sanksi dan tindakan tegas dari pemerintah.
Berikut cara mencetak kartu vaksin COVID-19 melalui laman website https://pedulilindungi.id :
Kunjungi laman website https://pedulilindungi.id/ dan klik menu “Login” pada sisi kanan atas

Jangan Cetak Kartu Vaksin Sembarangan

Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke ponsel pengguna
Selanjutnya klik menu “Sertifikat Vaksin”

Jangan Cetak Kartu Vaksin Sembarangan

Lalu klik menu “Unduh sertifikat

Jangan Cetak Kartu Vaksin Sembarangan
Demi keamanan data pribadi anda, sangat disarankan untuk tidak mencetak kartu vaksin sembarangan untuk menjaga data anda disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Semoga informasi ini berguna untuk anda.

Tinggalkan komentar