Materi Sosiologi Kelas XI BAB 2

Materi Sosiologi Kelas XI BAB 2Materi Sosiologi Kelas XI BAB 1 yang telah kami bagikan sebelumnya.

Sosiologi merupakan mata pelajaran dibidang jurusan ips di SMA. Mata Pelajaran ini membahas semua hal terkait kehidupan sosial. Dengan pelajaran Sosiologi diharapkan siswa dapat menghasilkan pengertian-pengertian dan pola-pola umum, karena sosiologi meneliti dan mencari apa yang menjadi prinsip atau hukum-hukum umum dari interaksi antar manusia dan juga perihal sifat hakekat, bentuk, isi dan struktur masyarakat.

Berikut ini adalah Preview dari Materi Sosiologi Kelas XI BAB 2: Permasalahan Sosial

Pengertian Masalah Sosial
Istilah masalah sosial mengandung dua kata, yakni masalah dan sosial. Kata sosial mengacu pada masyarakat, hubungan sosial, struktur sosial, dan organisasi sosial.
Kata masalah mengacu pada kondisi, situasi atau perilaku yang tidak diinginkan, bertentangan, aneh, tidak benar, dan sulit.
Ada dua elemen penting yang terkait dengan dengan definisi masalah sosial
Pertama, elemen objektif, menyangkut keberadaan suatu kondisi sosial. Kondisi sosial disadari melalui pengalaman hidup kita, media dan pendidikan.
Kedua, elemen subjektif, menyangkut keyakinan kita bahwa kondisi sosial tersebut berbahaya bagi masyarakat dan harus diatasi.
Berdasarkan kedua elemen tersebut, masalah sosial dapat didefinisikan sebagai kondisi sosial yang dipandang oleh suatu masyarakat berbahaya bagi anggota masyarakat dan harus diatasi.

Dari definisi ini ada empat hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, penggunaan istilah masalah sosial menunjukan bahwa ada sesuatu yang salah, oleh karenanya perlu dievaluasi karena kondisi tersebut membahayakan manusia.
Kedua, masalah sosial adalah kondisi sulit yang mempengaruhi tidak hanya satu orang tetapi sejumlah besar masyarakat.
Ketiga, definisi masalah sosial mengandung optimisme untuk dapat dirubah.
Keempat, masalah sosial adalah kondisi yang harus dirubah, dengannya perlu ikhtiar untuk melakukan sesuatu.
.
.
.
.
.
Selengkapnya anda dapat unduh Materi Sosiologi Kelas XI BAB 2: Permasalahan Sosial ini melalui tautan berikut ini:



Demikian penjelasan singkat mengenai Materi Sosiologi Kelas XI BAB 2, semoga rangkuman diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Lanjut ke Materi Sosiologi Kelas XI BAB 3 >>

Tinggalkan komentar