RPP Teks Iklan, Slogan, dan Poster Daring (4 Pertemuan)

Materi bahasa Indonesia kelas 8 yang dibahas kedua adalah mengenai Teks Iklan, Slogan, dan Poster. Ketiga bahasan ini merupakan satu paket karena memiliki keterkaitan satu sama lain. Sehingga, perlu dibahas dalam satu kesatuan RPP.
RPP Teks Iklan, Slogan, dan Poster daring untuk pembelajaran jarak jauh sebenarnya tak terlalu berbeda secara signifikan dalam perencanaannya dengan kegiatan secara tatap muka. Mengingat KD yang di sasar juga sebenarnya sama saja.
Namun, jika Anda membutuhkan referensi, Kami mencoba untuk menyajikannya bagi Anda dalam format RPP satu lembar daring. Kami merencanakan materi ini dapat selesai dalam waktu kurang lebih 4 pertemuan.
Anda tentu dapat memodifikasinya di lapangan sesuai dengan konteks kelas dimana Anda mengajar.

RPP Teks Iklan, Poster ,dan Slogan Daring Pembelajaran Jarak Jauh (Pertemuan Pertama)

Tujuan Pembelajaran

  • Siswa mampu mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, maupun poster sehingga memiliki pemahaman yang tepat mengenai ketiga hal tersebut berikut persamaan dan perbedaan yang terkandung dari ketiganya.

Bahan Pembelajaran

  • Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII.
  • Materi pembelajaran lain yang relevan dari sumber di luar buku teks.
  • Contoh-contoh iklan, slogan, dan poster yang diambil dari berbagai referensi terutama internet.

Media Pembelajaran

  • Perangkat handphone atau smartphone bagi siswa dan guru.
  • Aplikasi whatsapp (whatsapp group) atau google classroom sebagai forum kelas daring.
  • Aplikasi rekam suara (recorder bawaan, voice note, atau aplikasi podcast)
  • Aplikasi WPS Office atau sejenisnya untuk mengetik

Persiapan Pembelajaran

  • Guru mengondisikan lingkungan di sekitarnya agar ada dalam keadaan yang kondusif dari berbagai gangguan teknis.
  • Guru melakukan pengecekan perangkat yang digunakannya untuk memastikaan ada kuota dan baterainya.
  • Guru mengecek kesiapan bahan serta media pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran.

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembuka
  • Guru menyapa siswa dengan ucapan salam dan ungkapan-ungkapan yang memotivasi melalui media audio yang dikirimkan ke dalam grup.
  • Guru melakukan tanya jawab mengenai hal-hal yang ringan untuk memancing keterlibatan siswa dalam grup.
  • Guru meminta siswa mengisi absensi dalam jangka waktu tertentu agar tetap mampu mengukur dan mengarahkan kedisiplinan siswa.
  • Guru menyampaikan gambaran pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan ini.

Kegiatan Inti
  • Guru menyajikan teks iklan, slogan, dan poster yang sudah disiapkannya secara bersamaan kepada siswa seraya bertanya,”Apakah mereka pernah melihatnya sebelumnya?”
  • Guru berdiskusi dengan siswa mengenai informasi apa saja yang terdapat dalam contoh-contoh yang disajikan dan menutup diskusi dengan menegaskan bahwa ketiganya adalah teks iklan, poster, dan slogan.
  • Guru meminta siswa mencari persamaan dan perbedaan yang terkandung di dalam ketiga contoh tersebut.
  • Guru memberikan penjelasan mengenai definisi dari teks iklan, slogan, dan poster setelah siswa mengumpulkan tugasnya dalam mencari persamaan dan perbedaan.
  • Guru memastikan siswa telah memahami perbedaan yang terdapat pada iklan, slogan, serta poster.

Kegiatan Penutup
  • Guru menyimpulkan berbagai hal yang telah dibahas dalam pertemuan ini.
  • Guru memberikan apresiasi bagi siswa yang terlibat aktif dan disiplin dalam mengerjakan tugas.
  • Guru memberikan dorongan bagi siswa yang belum teribat aktif serta tidak mengerjakan tugas untuk menjadi lebih baik lagi.
  • Guru menutup forum dengan salam.

Penilaian

Pengetahuan:
Nilai pengetahuan dapat diambil dari pendapat siswa dalam kegiatan diskusi.
Keterampilan:
Nilai keterampilan dapat diambil dari kemampuan siswa dalam menemukan persamaan dan perbedaan mengenai tiga topik yang dibahas.
Sikap:
Nilai sikap dapat diambil dari cara siswa dalam berkomunikasi dan adabnya ketika ada di dalam forum grup.

RPP Teks Iklan, Poster ,dan Slogan Daring Pembelajaran Jarak Jauh (Pertemuan Kedua)

Tujuan Pembelajaran

  • Siswa mampu menyimpulkan kandungan isi yang terdapat dalam iklan, slogan, maupun poster sehingga memiliki pemahaman bahwa setiap iklan, slogan, dan poster memiliki ciri-ciri dan tujuan yang berbeda dalam pembuatannya (ada jenis-jenisnya).

Bahan Pembelajaran

  • Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII
  • Contoh-contoh teks iklan, slogan, poster yang variatif (seluruh jenis)
  • Bahan-bahan pembelajaran lain yang relevan dari berbagai sumber

Media Pembelajaran

  • Perangkat smartphone atau handphone yang bisa menunjang pembelajaran untuk guru dan siswa
  • Aplikasi Whatsapp (Fitur Whatsapp Group) atau Google Classroom sebagai forum kelas daring
  • Alat perekam suara  yang bisa dikirimkan kepada siswa di smartphone atau handphone

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembuka
  • Guru menyampaikan salam dan sapa kepada siswa di forum kelas daring (Whatsapp atau Google Classroom) berikut dengan ungkapan yang memotivasi siswa.
  • Guru mencairkan suasana grup dengan melakukan tanya jawab ringan mengenai hal-hal yang dekat dengan kehidupan siswa.
  • Guru meminta siswa untuk mengisi absensi yang sudah disediakan dalam tenggat waktu tertentu.
  • Guru memberikan gambaran tentang hal-hal yang akan siswa pelajari selema pertemuan.

Kegiatan Inti
  • Guru menyajikan contoh teks iklan, slogan, dan juga poster dengan masing-masing jenisnya yang berbeda. Baik yang jenis komersial, pendidikan, maupun layanan masyarakat.
  • Guru memberikan penjelasan bahwa tentang jenis-jenis teks iklan, slogan, dan poster.
  • Guru meminta siswa untuk menentukan jenis setiap teks iklan, slogan, dan poster yang disajikan kepada mereka.
  • Guru meminta siswa mencari teks iklan, slogan, dan juga poster dengan jenis-jenis yang berbeda-beda dari berbagai sumber yang dapat dijangkau oleh siswa (internet, majalah, atau koran) dan mengirimkannya kepada guru.

Kegiatan Penutup
  • Guru menyimpulkan hal-hal yang dipelajari siswa dalam pembelajaran jarak jauh secara daring pada pertemuan ini melalui perekam suara.
  • Guru memberikan penghargaan bagi siswa yang terlibat aktif dan mengerjakan tugasnya dengan baik.
  • Guru memberikan pesan agar siswa tetap semangat meskipun pembelajaran bahasa Indonesia dilakukan secara daring.
  • Guru menutup forum kelas dengan ucapan salam dan terimakasih.

Penilaian

Pengetahuan:
Nilai pengetahuan dapat diambil dari kemampuan siswa menentukan jenis-jenis teks iklan, slogan, dan poster sesuai dengan pengetahuan yang sudah dijelaskan guru.
Keterampilan:
Nilai keterampilan diambil dari tugas siswa dalam menemukan contoh teks iklan, slogan, dan poster sesuai dengan jenisnya.
Sikap:
Nilai sikap diambil dari cara siswa dalam berkomunikasi di dalam forum grup, kedisiplinannya, beserta dengan adab yang ditunjukannya ketika berkomunikasi dengan guru.
Nah, demikianlah RPP Teks Iklan, Slogan, dan Poster Daring. Sementara untuk 2 pertemuan terlebih dahulu. Selanjutnya akan di update.

Tinggalkan komentar