RPP Teks Cerita Fantasi Daring Bahasa Indonesia (4 Pertemuan)

Salah satu materi yang dibahas di Kelas 7 SMP dalam mata pelajaran bahasa Indonesia adalah Teks Cerita Fantasi.  Sesuai namanya, teks ini sifatnya fantasi, atau hasil khayalan dan rekaan manusia. Isinya jelas tak mencerminkan kenyataan yang ada dalam kehidupan.
Jika dilihat dari kontennya, teks yang satu ini memang cocok untuk anak kelas 7 yang notabene masih imut-imut dan meninggalkan jejak anak kecil semasa SD. Meski fantasi, sebisa mungkin RPP 
Teks Cerita Fantasi atau RPP Teks Narasi ini nantinya dapat dimaknai dan dijadikan bahan pelajaran bagi siswa di kehidupannya yang nyata.
RPP Cerita Fantasi daring ini tentu saja dibuat untuk diapliksikan sebagai bentuk penyesuaian dalam kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh yang sepertinya masih akan terus dilaksanakan hingga akhir tahun 2020. Kami coba merancangnya dalam bentuk empat pertemuan.

RPP Teks Cerita Fantasi Daring KD.3.3 dan 4.3 Pertemuan 1

Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu melakukan identifikasi terhadap unsur-unsur dari teks cerita fantasi yang dibaca dan didengarnya. Termasuk memahami definisi, ciri-ciri, dan hal-hal yang membedakan teks cerita fantasi dengan teks lainnya.

Bahan Pembelajaran

  • Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII
  • Video contoh teks cerita fantasi. Dapat diambil dari kisah dongeng atau potongan film-film populer yang bergenre fantasy. Misalnya film Finding Nemo, Baby Boss, Cars, dan sejenisnya. Untuk menghemat kuota bisa saja yang disajikan hanya thrilernya. Hal ini karena yang terpenting adalah siswa tergambar contohnya.
  • Contoh teks cerita fantasi dalam bentuk teks atau microblog untuk menjangkau siswa yang kuotanya kurang memadai
  • Sumber-sumber relevan yang terkait dari internet

Alat Pembelajaran

  • Perangkat Smartphone atau Handphone yang dimiliki oleh siswa dan guru
  • Aplikasi Whatsaap (Whatsapp Grup) atau Google Classroom
  • Aplikasi perekam suara

Persiapan Pembelajaran

  • Guru mengecek kesiapan perangkatnya baik baterai maupun kuotanya.
  • Guru menyiapkan lingkungan sekitarnya agar kondusif dan terkendali selama kegiatan belajar daring berlangsung.
  • Guru mengecek kesiapan bahan dan media pembelajarannya agar dalam kondisi siap untuk digunakan.
  • Guru menyiapkan format absensi.

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembuka
  • Guru masuk ke dalam grup kelas dengan menyampaikan sapaan serta kata-kata motivasi agar siswanya tetap semangat belajar dalam bentuk audio.
  • Guru melakukan tanya jawab hal-hal yang ringan dengan siswa agar suasana grup menjadi lebih cair.
  • Guru mengirimkan format absensi yang sudah disiapkan. Berikan batas waktu agar siswa tetap terlatih kedisiplinannya.
  • Guru meminta salah satu siswa memimpin doa dalam bentuk audio.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dalam pertemuan.

Kegiatan Inti
  • Guru memberikan contoh cerita fantasi dalam bentuk video maupun teks. Bisa dalam format MP4 maupun hanya memberikan link youtube. Contoh yang diberikan 3 macam.
  • Guru meminta pendapat siswa tentang kandungan isi dari cerita fantasi yang disaksikannya di dalam grup dalam format diskusi.
  • Guru memberikan tugas kepada siswa untuk memancing kegiatan identifikasi siswa. Meliputi pertanyaan: Dari hasil pengamatanmu, apa itu teks cerita fantasi? Judul-judul cerita fantasi apa saja yang pernah kamu baca atau kamu saksikan?Jelaskan perbedaan teks cerita fantasi dengan cerita pendek!
  • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada hal yang tidak dipahaminya.

Kegiatan Penutup
  • Guru memberikan kesimpulan atas hal-hal yang dipelajari selama pertemuan daring.
  • Guru memberikan apresiasi bagi siswa yang aktif dan sudah mengerjakan tugas seraya mengingatkan yang belum.
  • Guru menutup kelas dengan salam.

Penilaian

Penilaian Pengetahuan:
Diambil dari jawaban tugas yang diberikan.
Penilaian Keterampilan:
Diambil dari keterampilan berkomunikasi siswa selama beraktivitas di dalam grup.
Penilaian sikap:
Diambil dari kedisiplinan dalam absensi, kesopanan, serta ketepatan waktu dalam mengirim tugas.


RPP Teks Cerita Fantasi Daring KD.3.3 dan 4.3 Pertemuan 2

Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu menceritakan kembali contoh teks cerita fantasi yang sudah disajikan oleh gurunya dalam bentuk tulisan dan lisan dengan memperhatikan berbagai unsur yang terdapat di dalamnya.

Bahan

  • Buku Teks Bahasa Indonesia yang dimiliki guru.
  • Contoh teks cerita fantasi dalam bentuk visual (tulisan atau tulisan kombinasi gambar dalam bentuk microblog)
  • Sumber-sumber pendukung lain yang diambil dari internet.

Media Pembalajaran

  • Perangkat komunikasi yang dimiliki oleh guru dan siswa.
  • Aplikasi Whatsapp (grup Whatsaap) atau Google Classrom sebagai forum komunikasi.
  • Aplikasi perekam suara atau podcast untuk menyampaikan pesan suara.

Persiapan Pembelajaran

  • Guru melakukan pengecekan terhadap kesiapan perangkat yang dimilikinya.
  • Guru mengondisikan lingkungan tempatnya memberikan pembelajaran daring dari hal-hal teknis yang mungkin mengganggu jalannya pembelajaran.
  • Guru  mengondisikan bahan dan media pembelajaran yang akan digunakannya agar dalam kondisi siap pakai.
  • Guru mempersiapkan format absensi yang biasa digunakannya.

Kegiatan Pembelajaran

Pembukaan
  • Guru menyapa siswa di dalam grup dengan menyampaikan salam serta kata kata penyemangat dalam bentuk audio.
  • Guru melakukan aktivitas mencairkan grup dengan bertanya jawab mengenai hal-hal ringan agar ada keterlibatan siswa di dalam grup.
  • Guru mengirimkan format absensi untuk diisi oleh siswa dengan memberikan tenggat pengisiannya agar siswa tetap belajar kedisiplinan meski belajar daring.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dari pertemuan ini.

Kegiatan Inti
  • Guru memberikan contoh sebuah teks cerita fantasi yang sudah disiapkannya kepada siswa.
  • Guru menjelaskan konsep mengenai unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik yang lazimnya terdapat dalam sebuah teks yang bergenre cerita atau narasi.
  • Guru dan siswa beridiskusi untuk menguatkan pemahaman mengenai unsur teks cerita fantasi.
  • Guru meminta siswa untuk mendata unsur instrinsik serta unsur ekstrinsik dari cerita yang disajikan kepada siswa.
  • Guru meminta siswa untuk menceritakan ulang teks cerita fantasi secara lisan (pengiriman audio) dengan memperhatikan unsur-unsur instrinsik dan unsur ekstrinsik cerita yang sudah di datanya.

Kegiatan Penutup
  • Guru memberikan simpulan dari hal-hal yang sudah dilakukan siswa selama pembelajaran jarak jauh daring ini.
  • Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang aktif dan mengerjakan tugas.
  • Guru memberikan nasihat bagi siswa yang belum muncul keterlibatannya dalam pembelajaran.
  • Guru menutup kelas dengan menyampaikan salam dan terimakasih.

Penilaian

Pengetahuan:
Nilai pengetahuan diambil dari aktivitas siswa mendata unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam contoh teks.
Keterampilan:
Nilai keterampilan diambil dari tugas menceritakan ulang yang dikerjakan siswa secara lisan melalui media audio.
Nilai sikap:
Nilai sikap dapat diambil dari kedisiplinan, keaktifan, dan berbagai prilaku siswa di dalam grup.
Oke, sementara Kami sajikan dulu 2 pertemuan. 2 pertemuan selanjutnya akan Kami sajikan kemudian, yakni untuk RPP Teks Cerita Fantasi Daring KD 3.4 dan 4.4. Terimakasih.

Tinggalkan komentar