23+ Contoh Teks Ceramah Lengkap Semua Topik Populer

Teks ceramah adalah teks yang berisi penyampaian informasi atau pesan yang disampaikan untuk konsumsi publik. Baik yang dilakukan melalui aktivitas tatap muka atau melalui media digital. Biasanya, dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kapasitas atau kapabilitas dalam bidang-bidang tertentu.
Teks ini tentu saja sangat diperlukan. Namun, tak semua orang bisa dengan mudah membuatnya. Berikut ini  Kami sajikan contoh teks ceramah dalam berbagai topik yang bisa digunakan. Ada yang versi standar, dan ada juga yang versi singkat. Tentu bisa digunakan sesuai dengan keperluannya.

Contoh Teks Ceramah 

Contoh Teks Ceramah Tentang Pendidikan

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Saudaraku yang saya banggakan, semoga keselamatan dan kebaikan selalu menyertai Kita semua. Pada kesempatan kali ini, izinkan Saya untuk menyampaikan sebuah ceramah singkat tentang masalah pendidikan yang ada di Indonesia. Sebuah persoalan penting yang harus selalu diingat oleh seluruh bangsa Indonesia, khususnya generasi muda. Yakni tentang pentingnya menempuh pendidikan setinggi-tingginya.
Sesungguhnya hari ini persaingan semakin ketat dan kompetitif. Untuk dapat mencapai kesuksesan, generasi muda tak bisa lagi berleha-leha dan menganggap enteng sekolah dan kerja keras untuk mendapatkan banyak ilmu. Ketika Kita diberi kesempatan untuk bersekolah, maka manfaatkanlah hal tersebut dengan baik.
Mengapa demikian?
Pertama, tidak semua orang diberi kesempatan untuk dapat sekolah. Banyak diluaran sana yang ingin sekolah namun terpaksa putusa sekolah karena berbagai macam alasan. Sebagai orang yang diberi amanah sehingga bisa sekolah, sudah seyogyanya Kita memunculkan sikap empati dengan rajin sekolah.
Kedua, menuntut ilmu sesungguhnya merupakan sebuah kebutuhan. Persoalan hidup semakin rumit 
dan menuntut untuk dipecahkan. Semuanya membutuhkan pengetahuan dan pemahaman. Untuk itu, jalannya adalah dengan menuntut ilmu dengan serius. Reguklah berbagai pengetahuan agar urusan dalam kehidupan kita menjadi lebih mudah diselesaikan.
Di sekolah, banyak kesempatan untuk mempelajari aneka macam hal. Ada para guru dengan pengetahuan dan wawasan yang bisa diserap ilmunya untuk menambah kualitas hidup kita.
Ketiga, jika Kita benar adalah seorang yang beragama, harus diingat bahwa menuntut ilmu adalah kewajiban dalam agama. Apalagi jika kalian adalah seorang muslim.”Tuntut ilmu dari buaian hingga liang kubur,” Begitu kurang lebih pesan dari Nabi Muhammad Saw. Sekolah tentu saja menyediakan kesempatan bagi penghuninya untuk mereguk ilmu.
Keempat, dengan keseriusan dalam belajar, itu juga berarti mempersiapkan pendidikan yang lebih baik untuk masa depan. Generasi muda harus menjadi penerus bagi masa depan negeri yang lebih baik. Masa depan negeri ada ditangan mereka yang serius dengan pendidikannya.
Dari berbagai poin tersebut, sudah tidak ada alasan lagi nampaknya untuk malas-malasan belajar. Teruslah semangat dan bangun pendidikan untuk kemajuan negeri. Demikian yang bisa Saya sampaikan. Terimakasih untuk perhatiannya.
Wassalamualaykum wa rahmatullahi wa barakatuhu

Teks Ceramah Tentang Sabar

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Sahabatku sekalian, semoga Kita semua senantiasa dilimpahi oleh rahmat dan keberkahan-Nya. Izinkan saya pada kesempatan kali ini mengingatkan Kita semua mengenai perkara yang mungkin sederhana, namun sesungguhnya tak begitu mudah untuk di amalkan. Apa itu, yakni persoalan Sabar.
Sabar adalah menahan diri. Tentu saja, menahan diri disini bukanlah sembarang menahan diri. Namun, menahan diri dari berbagai godaan hawa nafsu. Sehingga dorongan-dorongan untuk melakukan berbagai kemaksiatan dan hal yang dilarang itu bisa ditahan dan dikendalikan dengan baik. Namun, bagaimana caranya agar bersabar?
Hal pertama yang bisa dilakukan untuk bersabar adalah menguatkan niat. Kokohkanlah kesunggguhan untuk senantiasa taat kepada-Nya. Sehingga ketika ada godaan berbuat salah atau melakukan kemaksiatan untuk menyelesaikan masalah, kekokohan niat akan membendungnya.
Kedua, selalu berpikir positiflah terhadap apa yang dihadapi. Yakinlah bahwa dibalik masalah senantiasa ada hikmahnya. Ambillah perlajaran dari setiap fase kehidupan yang mungkin membuat berat dan menggoda iman. Percayalah bahwa dibalik satu kesulitan, ada dua kemudahan yang akan tiba setelahnya.
Ketiga, cobalah untuk berpikir, bahwa Allah itu Maha Besar. Sebesar apapun masalah, pasti akan bisa diselesaikan. Jangan berpikir bahwa masalah itu adalah sesuatu yang buntu. Pasti senantiasa ada jalan yang diberikan bagi orang-orang yang bersabar.
Keempat, ingatlah bahwa kehidupan itu sementara. Begitu juga dengan masalah yang dialami. Itu juga tentulah sesuatu yang sementara. Jika kesabaran kita tak berbalas di dunia, maka yakinlah itu akan berbalas kelak di akhirat nanti. Untuk itu, bersabarlah.
Mudah-mudahan Kita semua bisa menjadi orang yang senantiasa bisa untuk bersabar. Menahan diri untuk berbuat kesalahan ketika mendapati permasalahan. Semoga ceramah singkat ini bermanfaat.
Wassalamualaykum wa rahmatullahi wa barakatuhu

Teks Ceramah Tentang Kematian

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Sahabatku sekalian, mudah-mudahan keberkahan senantiasa meliputi kita semua. Mungkin diantara sekian perkara yang paling ditakutkan oleh sebagian dari kita adalah kematian. Yakni masa dimana kita meninggalkan dunia yang fana ini.
Hanya saja, meski mungkin menakutkan, sesungguhnya kita dianjurkan untuk senantiasa mengingat yang namanya kematian. Banyak anjuran yang diberikan oleh suri tauladan kita semua, Baginda Nabi Muhammad Saw. Bahkan, dengan mengingat kematian, ada banyak faidah yang dapat kita dapatkan sebagai makhluk bernama manusia. Apa saja itu?
Hal yang pertama, mengingat kematian itu membuat Kita terhindar dari perasaan cinta yang berlebihan kepada dunia yang fana. Dalam sebuah hadits disebutkan, bahwa, “Perbanyaklah mengingat hal yang bisa memutus berbagai kelezatan, yakni kematian.”
Seringkali kecintaan terhadap dunia membuat kita semua menjadi lelah dan sibuk sendiri. Disaat itu terjadi, maka ingatlah yang namanya kematian.
Hal kedua yang tak kalah penting, mengingat mati juga dapat menambah motivasi Kita untuk melakukan amal-amal yang diperintahkan oleh-Nya serta menjauhi sekuat tenaga apa-apa yang dilarang oleh-Nya.
Ketika kita malas untuk beribadah lantas mengingat mati, hal itu akan menyentak diri untuk bersegera solat karena kita tak pernah tau kematian itu kapan tibanya. Begitu juga saat hendak berbuat maksiat, dengan mengingat mati, kita jadi khawatir jika ketika bermaksiat, kematian itu datang menjemput kita.
Demikianlah sudah selayaknya kita mengingat kematian. Meskipun itu menakutkan, namun itu akan menyelamatkan kita dari berbagai keburukan, terutama keburukan di Hari Akhir nanti. Semoga ini menambah keimanan Kita semua.
Wassalamualaykum wa rahmatullahi wa barakatuhu

Teks Ceramah Tentang Pergaulan Bebas

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Sahabatku generasi muda sekalian, semoga Kita semua dalam keadaan sehat dan senantiasa dalam perlindungan-Nya. Mohon izin Saya berbicara untuk mengingatkan kita semua. Tentang sebuah persoalan yang belakangan ini mungkin dianggap biasa, namun sesungguhnya memiliki dampak buruk yang luar biasa jika terus dibiarkan dan membudaya. Yakni persoalan Pergaulan Bebas.
Pergaulan bebas adalah suatu cara bergaul antar sesama manusia yang tidak memperhatikan aturan atau norma tertentu. Yakni dengan melawan berbagai batasan yang mengatur manusia agar hidupnya teratur. Baik aturan dalam agama maupun aturan dalam bermasyarakat.
Mungkin secara jangka pendek, pergaulan bebas ini nampak menyenangkan dan memberikan kenikmatan bagi pelakunya. Namun sesungguhnya, jika ditelaah lebih dalam, pergaulan yang semacam ini akan memberikan banyak dampak buruk. Baik bagi pelakunya, masyarakat sekitarnya, hingga negara tempatnya hidup.
Salah satu dampak buruk pergaulan bebas adalah menghancurkan generasi muda. Kita bisa saksikan di berbagai berita atau mungkin di sekitar kita, ada pelajar yang terpaksa putus sekolah dikarenakan hamil diluar nikah ketika masih sekolah. Padahal, selain itu dilarang agama, itu juga membuatnya tidak bisa melanjutkan sekolah. Walhasil, kesempatan untuk meraih tingkat pendidikan yang lebih tinggi menjadi sirna.
Ada juga pelajar yang masuk penjara gara-gara terjebak dengan pergaulan bebas. Ketidakmampuannya untuk memilih lingkungan pergaulan yang baik, membuatnya terjebak dalam lingkungan yang buruk. Ia akhirnya terlibat dalam prilaku kriminal seperti misalnya peredaran narkoba, begal, hingga bahkan pembunuhan.
Tentu saja dampak yang terjadi bukan hanya pada inidvidu pelakunya. Keluarga pelaku juga tentu bisa malu dibuatnya. Begitu juga masyarakat sekitar tempat tinggalnya. Bahkan lebih jauh lagi, ini juga berpengaruh kepada kemajuan suatu negara. Menyedihkan bukan?
Oleh karena itu, ada baiknya jika kita sebagai generasi muda, tidak salah dalam memilih pergaulan. Jangan sampai kita terjebak dalam lingkaran setan yang membuat masa depan kita menjadi rusak. Baik itu masa depan di dunia, maupun masa depan di akhirat.
Semoga sedikit penjelasan ini dapat memberikan manfaat dan menjadi pengingat bagi Kita semua. Tetaplah semangat dan menjadi generasi muda yang bermartabat. Terimakasih.
Wassalamualaykum wa rahmatullahi wa barakatuhu

Teks Ceramah Tentang Ibu

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Sahabatku sekalian, jika ditanya, siapakah orang paling dekat dengan kalian semasa hidup? Jawabannya hampir pasti adalah seorang ibu. Ibu adalah sosok yang hebat dan pasti memberikan pengaruh yang besar bagi kehidupan anak-anaknya. Jika kita menyaksikan kisah dari orang-orang hebat yang ada di dunia, pasti selalu ada peran ibu dibelakangnya.
Sudah sepatutnya, sebagai seorang anak, Kita memberikan penghormatan yang besar kepada seorang ibu. Begitu banyak pengorbanan yang telah ia berikan sehingga kita hari ini bisa menjadi manusia yang sehat, pintar, cakap, dan hidup dengan kelayakan. Tentu saja jasa ibu, tak bisa dihitung dan diukur, namun jika kita mau mengingat sedikit saja, pastilah itu akan membuay kita terlecut untuk berbakti kepadanya.
Kita ketahui bersama, ibu adalah sosok yang melahirkan kita semua. Tahukah kalian? Melahirkan adalah proses yang sangat berat. Dimulai dari saat mengandung, ibu kita semua merasakan berbagai hal yang mungkin membuatnya sakit. Mulai dari mudahnya ia pusing, mual, kelelahan, hingga mungkin membuatnya bulak balik masuk ke rumah sakit.
Proses melahirkannya juga tidak sederhana. Ibu harus menahan sakit yang begitu ekstra untuk bisa mengeluarkan kalian dari rahimnya lalu menjadi sesosok bayi mungil yang tidak bisa melakukan apapun kecuali merepotkan ibunya. Ya, bukankah begitu?
Ketika bayi, kalian hanya bisa menangis dan menangis tiada henti. Membuat ibumu terbangun di tengah malam, membuat jam tidurnya jadi tidak jelas. Belum lagi ia harus membersihkan kotoranmu, memandikanmu, dan berbagai hal lainnya yang tentunya tidak mudah.
Beranjak besar, nyatanya kalian belum berhenti untuk tidak merepotkannya bukan? Bahkan mungkin hingga hari ini. Tak terhitung sudah berapa jasa yang telah diberikannya.
Mungkin kalian bisa saja berujar, “Itu kan sudah tugasnya,” Namun, sadarlah bahwa itu bukanlah tugas yang mudah. Kelak ketika kalian besar dan berumah tangga, tentu saja kalian akan merasakan sendiri betapa beratnya.
Oleh karena itu, hormatilah ibumu sedari dini. Selagi ia masih hidup. Jika ibumu sudah tiada, doakanlah yang terbaik untuknya di alam akhirat kelak. Jangan putus dan berhenti untuk berbakti kepadanya.
Mudah-mudahan ini bisa menjadi pengingat kita semua. Semoga bermanfaat dan saya ucapkan terimakasih banyak.
Wassalamualaykum wa rahmatullahi wa barakatuhu

Teks Ceramah Tentang Kebersihan

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Saudaraku, mudah-mudahan kita semua selalu berada dalam lindungan dan karunia-Nya. Pada kesempatan yang berbahagia ini, Saya ingin mengingatkan kepada kalian semua perkara yang masih menjadi masalah di sekitar kita. Yakni mengenai kebersihan.
Sebenarnya, menjaga kebersihan itu tidak begitu sulit. Namun, yang mengherankan, nyatanya banyak yang masih kurang peduli dengan kebersihan. Padahal, kebersihan itu sesuatu yang mudah untuk dijaga. Bukan hanya itu, kebersihan itu memberikan manfaat bagi manusia. Bukankah demikian?
Sebagai penyemangat, perlu kita ketahui bersama beberapa manfaat kebersihan yang bisa kita rasakan sebagai seorang manusia.
Pertama, kebersihan itu memberikan kenyamanan bagi manusia. Cobalah jujur, bukankah dengan kebersihan kita lebih merasa nyaman untuk berada di sekitar lingkungan tersebut? Sebaliknya, lingkungan yang kotor melahirkan ketidaknyamanan.
Untuk itu, sebaiknya lingkungan tempat tinggal kita senantiasa kita jaga untuk kenyamanan bersama. Misalnya, di ruang kelas atau sekolah. Agar belajar lebih nyaman, jangan biarkan sampah berserak dan merusak pemandangan.
Kedua, denga menjaga kebersihan, manusia juga bisa terhindar dari petaka atau bencana yang mungkin menimpanya. Seperti misalnya bencana banjir.
Sebagaimana yang mungkin kita sudah ketahui, salah satu penyebab banjir diberbagai daerah adalah menumpuknya sampah ditempat yang tidak semestinya. Terutama, di area aliran air seperti selokan atau sungai. Sampah bisa menahan aliran dan membuat air menjadi tumpah ke pemukiman masyarakat.
Jika sudah banjir, siapa yang direpotkan? Tentu saja manusia dan kita semua. Oleh karena itu, jika kita menyayangi lingkungan dan ingin agar terhindar dari bencana, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan. Tidak membuang sampah sembarangan.
Sesungguhnya upaya kita menjaga kebersihan bukan untuk apa-apa dan siapa-siapa, semua demi kebaikan bersama. Hanya kita perlu menyadarinya agar tergerak melaksanakannya. Bagaimana? Siapkah kita? Semoga bermanfaat, terimakasih.
Wassalamualaykum wa rahmatullahi wa barakatuhu

Teks Ceramah Tentang Menuntu Ilmu

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Teman-teman sekalian, jika ditanya apa salah satu hal yang paling penting untuk dimiliki oleh kita sebagai manusia, jawabannya adalah ilmu. Ya, ilmu adalah perkara yang tidak boleh dilewatkan dan harus terus dicari tanpa henti.
Bahkan, menambah ilmu tidak ada batasanya. Selama jantung masih berdetak, sebisa mungkin kita tak pernah berhenti untuk meraihnya. Sebisa yang bisa kita lakukan. Mengapa demikian? Hal ini karena banyak keutamaan yang didapatkan dari seorang penuntut ilmu.
Pertama, yang namanya penuntut ilmu pastilah akan mendapatkan pahala jika ia menuntutnya dengan niat yang benar dan kesungguhan. Dalam beberapa hadits, disebutkan bahwa menuntut ilmu adalah perkara wajib yang menuai ganjaran pahala bagi siapa saja mengejarnya.
Kedua, penuntut ilmu juga akan ditinggikan derajatnya. Orang-orang yang berilmu akan berbeda perannya dengan orang kebanyakan di tengah-tengah masyarakat. Mereka akan menjadi tempat manusia bertanya dan meminta nasihat, mereka juga akan menjadi sosok yang bermanfaat lagi terhormat.
Ketiga, seorang penuntut ilmu akan menjadi lebih luar biasa lagi jika menjadi sosok yang juga turut berjuang menyebarkan ilmu. Jika ilmu yang disebarkannya membawa manfaat bagi banyak orang, maka kebaikan akan terus melimpah dan mengalir kepadanya. Bahkan, hingga ia meninggalkan dunia sekalipun.
Keempat, ilmu juga tentunya memudahkan kehidupannya sebagai seorang pribadi. Manusia sesungguhnya senantiasa hidup dengan diliputi dengan banyak masalah. Namun, seorang yang memiliki ilmu yang luas tentunya tidak akan bingung ketika masalah datang. Ia mengerti apa yang semestinya dilakukannya.
Oleh karena itu teman-teman, selagi kita saat ini dikaruniai kesempatan untuk mencari ilmu, janganlah pernah terpikir untuk berhenti menuntut ilmu. Tuntutlah ilmu hingga ajal menjemput kita. Mudah-mudahan apa yang disampaikan ini bermanfaat.
Wassalamualaykum wa rahmatullahi wa barakatuhu

Teks Ceramah Tentang Generasi Milenial

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Setiap masa depan suatu negeri, ada ditangan generasi penerusnya. Begitu juga dengan generasi ini. Bagaimana keadaan negeri ini di masa depan, tentu saja akan sangat dipengaruhi dengan bagiamana keadaan generasi penerusnya hari ini. Maka penting bagi kita untuk menyadari bahwa kita tidak boleh main-main untuk mempersiapkan diri untuk menjemput masa depan.
Sayangnya, masih banyak yang belum menyadarinya dan terjebak dalam hal-hal yang merusak hidup dan otomatis juga merusak masa depan generasi. Kita tentu harus bisa menyadari hal-hal yang bisa menghambat masa depan negeri ini.
Diantaranya misalnya adalah prilaku yang bebas lagi kebablasan. Tidak mau untuk belajar taat kepada aturan. Hingga terjebak dalam kegiatan-kegiatan negatif yang menjerumuskan. Seperti seks bebas maupun narkoba. Keduanya adalah ancaman generasi yang harus dihindari.
Terhambatnya kemajuan di masa depan juga bisa terjadi manakala kita terlalu disibukkan dengan hal-hal yang tidak produktif dan bermanfaat bagi kehidupan. Terlalu banyak menghabiskan waktu dengan melakukan kegiatan yang hanya hiburan belaka sampai melupakan kewajiban yang semestinya dilakukan.
Akhirnya, banyak kesempatan untuk meraih berbagai kebaikan dengan menghabiskan waktu pada hal-hal bermanfaat itu sirna. Padahal yang namanya waktu jelas tidak bisa diputar kembali.
Sebagai generasi milenial yang ingin memajukan negeri, tentunya kita tak boleh terjebak dengan hal-hal tersebut. Jadilah sosok yang senantiasa menghabiskan waktu dengan berbagai kebaikan dan hal-hal yang produktif. Tetap semangat.
Wassalamualaykum wa rahmatullahi wa barakatuhu

Teks Ceramah Tentang Akhir Zaman

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Dunia sudah semakin tua. Banyak para pemuka agama yang mengingatkan bahwa saat ini dunia sudah menjelang penghujung zaman. Akhir zaman sudah dekat dengan tanda-tanda yang telah nampak di depan mata.
Tentu saja, hal ini mestinya membuat kita fokus untuk mempersiapkan diri. Hal ini karena sesungguhnya kita tak pernah tahu kapan kita mati dan zaman ini akan berakhir. Namun ada satu yang pasti yang bisa kita lakukan, yakni mempersiapkan diri menghadapinya.
Banyak hal tentunya yang perlu disiapkan. Apalagi menjelang akhir zaman ini fitnah semakin mengaburkan pandangan manusia tentang mana itu kebenaran dan mana itu keburukan. Namun, setidaknya ada dua poin yang bisa saya sampaikan.
Pertama, mendekat pada orang-orang yang terkategori ahli ilmu, atau mereka para ulama. Namun, ulama sendiri ada dua jenis. Ada ulama akhirat dan ulama su’ atau ulama palsu. Tentu, yang harus kita dekati adalah mereka para ulama akhirat yang ikhlas dalam memegang agama. Tidak terpengaruh dengan tipuan dunia. Baik itu harta maupun kekuasaan.
Dari para ulama inilah kita perlu belajar dan menguatkan diri melalui nasihat dan ilmu-ilmu yang diberikannya. Sehingga kita senantiasa bisa diistiqamahkan di jalan ketaatan dan terhindar dari segla fitnah yang mungkin menyertai.
Kedua, kita juga tentunya secara pribadi harus terus memaksakan diri untuk senantiasa melakukan amal soleh dan meminta petunjuk agar senantiasa lurus dijalannya. Kita tak pernah tau amal mana yang diterima oleh sang maha kuasa. Hanya yang perlu dilakukan adalah berusaha beramal sebanyak-banyaknya.
Tak lupa tentunya berdoa agar senantiasa terhindar dri segala fitnah dunia yang mungkin bisa menggelincirkan kita dari jalan lurus-Nya. Semogda saja kita senantiasa diberikan kekuatan untuk senantiasa melakukan hal-hal tersebut, agar dapat terhindar dari marabahayanya. Mudah-mudahan ceramah singkat ini dapat memberikan manfaat.
Wassalamualaykum wa rahmatullahi wa barakatuhu

Contoh Teks Ceramah Tentang Covid 19

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Saudaraku, sudah beberapa bulan lamanya negeri kita tercinta dilanda wabah pandemi Covid-19. Berbagai sektor kehidupan terpengaruh oleh wabah yang menyebar dengan cepat ini. Termasuk, dunia pendidikan yang kita beraktivitas di dalamnya.
Sebagai seorang pelajar, tentu saja kita sama-sama merasakan bahwa apa yang terjadi hari ini membawa banyak sekali pengaruh dalam kegiatan belajar mengajar yang kita lakukan. Diantaranya adalah bahwa kita akhirnya harus belajar dari rumah.
Namun, meski demikian kuta harus tetap semangat dan bersabar. Meski bagaimanapun juga tentu saja berbeda antara berlajar di sekolah dengan belajar dari rumah. Untungnya, saya punya beberapa tips yang mungkin saja dapat menjadi inspirasi bagi teman-teman untuk tetap semangat dalam belajar di masa Covid-19.
Pertama, usahakan tetap bangun dan mandi pagi sebagaimana biasanya. Hal Ini mesti dilakukan agar suasana semangat terus terbawa meski belajar di rumah. Berbeda jika bangun dan mandinya siang, pasti bawaannya malas untuk belajar. Yang ada, kita jadi serasa libur saja.
Kedua, jauhkan dulu hal-hal yang mungkin mengganggu selama kegiatan belajar dari rumah yang sedang dilakukan itu belum selesai. Jangan sampai waktu belajar terbengkalai dan dikalahkan oleh hiburan-hiburan yang berpotensi mengganggu. Bukan berarti tidak boleh hiburan, tapi pastikan itu hanya selingan.
Ketiga, jika memungkinkan, bisa saja kegiatan belajar atau mengerjakan tugasnya diiringi dengan mendengarkan instrumen atau musik yang bisa menambah semangat. Namun, kalu justru malah mengganggu tentu saja mending tidak usah.
Nah, setidaknya tiga hal itu yang bisa disampaiikan agar pembelajaran jarak jauh di masa covid-19 yang kalian lakukan bisa tetap berjalan dengan baik.Semoga bermanfaat ya.
Wassalamualaykum wa rahmatullahi wa barakatuhu

Contoh Teks Ceramah Tentang Biografi Tokoh Terkenal

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Saudaraku, Kalian pasti tau dan sering mendengar sosok bernama Nabi Muhammad Saw? Benar bukan? Namun, tahukah kalian tentang kisah hidupnya? Jika tidak tau, tentu saja sangat disayangkan. Mengingat banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dari sosok yang menurut Michael Hart dikatakan sebagai manusia paling berpengaruh di dunia sepanjang masa.
Nabi Muhammad dengan wahyu dari Allah Swt yang dibawanya memang hidup dengan memberikan banyak sekali warna bagi kehidupan. Banyak sekali hal yang berubah setelah Beliau turun dan diutus menjadi Nabi dan Rasul Saw. Perubahan tersebut bukan hanyab berdampak pada masyarakat arab, namun juga seluruh dunia.
Perubahan yang paling besar tentu saja dari perubahan keyakinan masyarakat. Kala itu masyarakat Arab termasuk masyarakat paganis yang mempercayai benda-benda seperti berhala sebagai sesuatu yang bisa memberikan segala hal layaknya Tuhan. Keyakinan itu diubah dan bahkan bukan hanya masyarakat Arab yang berubah, namun banyak negeri di dunia juga sama. Termasuk, Indonesia.
Bukan hanya keyakinan saja yang berubah, lebih dari itu, tingkah laku juga berubah. Jika sebelumnya orang-orang Arab itu suka berlaku keji, dengan dakwah yang dibawa oleh Nabi Muhammad, sercara bertahap perubahan prilaku itu berubah menjadi budi pekerti yang baik, akhlakul karimah.  
Budaya budaya yang tercela seperti mengubur bayi perempuan, curang dalam takaran dan timbangan, serta perzinahan yang merajalela saat itu di ubah oleh dakwah Beliau. Tentu saja, dalam prosesnya Beliau juga menjumpai rintangan dan hambatan. Hal ini wajar karena memang mengubah masyarakat menjadi baik itu bukanlah sesuatu yang mudah.
Tentu saja, kita sebagai generasi muda yang juga merupakan umat Nabi Muhammad, sudah selayaknya meniti jalannya dengan menjadi sosok yang juga agen perubahan. Sebisa mungkin memberikan perubahan-perubahan dan pengaruh baik bagi lingkungan sekitar kita. Mudah-mudahan kita semua dimampukan ya.
Wassalamualaykum wa rahmatullahi wa barakatuhu

Teks Ceramah Tentang Pendidikan Karakter

Assalamualaikum wa rahmatullahi wabarakatuhu
Saudaraku, sesungguhnya baik dan buruknya manusia itu salah satunya dapat dilihat dari karakter dan kepribadiannya.  Seorang manusia dikatakan baik apabila didalam dirinya tercermin sosok karakter yang baik. Begitu juga sebaliknya. Cerminan prilaku buruk mencerminkan keburukan.
Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk menanamkan pendidikan karakter pada diri dan orang-orang disekitar kita. Tentu saja agar tercipta tatanan kehidupan masyarakat yang baik.
Namun, pendidikan karakter ini tentu saja bukan hal yang mudah. Ketika kita ingin menanamkan karakter yang baik pada orang lain, setidaknya ada beberapa hal yang perlu dilakukan.
Diantara yang utama adalah memberikan keteladanan. Keteladanan adalah sikap yang mencontohkan kebaikan kepada yang lain. Wujudnya dalam bentuk prilaku dan contoh langsung yang dapat disaksikan orang.  Ajakan berbuat baik biasanya menjadi sesuatu yang tidak didengar manakala tidak sesuai dengan apa yang dilakukan.
Hal kedua yang penting dalam pendidikan karakter adalah ketulusan niat dalam membangun karakter pada orang lain. Jangan sampai niatnya salah. Salahnya niat akan berdampak pada salahnya perbuatan-perbuatan yang menjadi langkah lanjutannya.
Bukan hanya itu, pendidikan karakter juga perlu ditanamkan dengan kejujuran. Jujur dalam menyampaikan yang benar dan apa adanya menyatakan suatu kesalahan itu sebagai kesalahan. Jangan sampai yang benar dikatakan salah, dan yang salah malah dikatakan benar. Ini adalah bentuk ketidakjujuran.
Demikianlah yang dapat disampaikan. Tentu saja, harapa kita bersama, pendidikan karakter dapat terwujud pada setiap pribadi penerus negeri ini.
Wassalamualaykum wa rahmatullahi wa barakatuhu

Teks Ceramah Singkat

Contoh Teks Ceramah Tentang Game Online

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Kawan-kawanku, pada kesemapatan yang singkat ini Saya merasa perlu untuk mengingatkan kita semua tentang fenomena game online yang mungkin sering kita mainkan.
Game online adalah permainan yang tentu saja tujuannya untuk menjadi hiburan dikala bosan dan penat melanda. Pada dasarnya, memainkannya boleh-boleh saja. Namun akan menjadi berbahaya manakala Kita kecanduan. Akan ada banyak dampak buruk yang mungkin didapatkan.
Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita mengatur kegiatan bermain game online agar tidak terlalu sering dan membuat kita kecanduan. Mudah-mudahan kita dimampukan untuk melakukannya. Terimakasih
Wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatuhu

Contoh Teks Ceramah Tentang Kesehatan

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Teman-teman sekalian, pandemi Covid 19 sesungguhnya belum berakhir. Pengidapnya masih banyak dan terus bertambah. Oleh karena itu, sebaiknya kita semua tetap berhati-hati dan menjalankan upaya pencegahan.
Diantara upaya yang bisa kita lakukan adalah dengan mengikuti protokol kesehatan. Yakni dengan rajin cuci tangan, menggunakan masker, serta menjaga jarak sosial diantara sesama. Meski berat, itu semua demi kebaikan dan kesehatan kita bersama.
Dengan kedisiplinan kita menjaga protokol kesehatan, mudah-mudahan saja pandemi Covid 19 bisa segera berakhir, dan kita bisa kembali ke sekolah bertemu para guru dan menimba ilmu secara langsung.
Wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatuhu

Contoh Teks Ceramah Tentang Berbakti Kepada Orang Tua

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Saudaraku sekalian, ada satu hal penting yang tak boleh dilupakan dalam kehidupan ini. Yakni berbakti kepada orangtua. Hal ini harus terus dilakukan sepanjang kita masih hidup.
Berbakti kepada orangtua adalah kewajiban seorang anak. Pahala akan didapat jika seorang anak melakukannya, dan dosa jika ditinggalkannya. Bahkan, tidak berbaktinya kita kepada orangtua adalah bentuk kekurangajaran sebagai manusia.
Tak terhitung jasa yang sudah mereka berikan dalam hidup ini. Itu semua tak mungkin bisa kita balas. Bahkan sekalipun kita sudah berbakti padanya. Lantas, apa jadinya kalau tidak berbakti sama sekali?
Mudah-mudahan kita semua bisa menjadi anak berbakti kepada orangtua yang membanggakannya. Terimakasih.
Wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatuhu

Teks Ceramah Tentang Sedekah

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Hadirin yang saya hormati, ada salah satu amalan sunnah yang utama dan bisa membuat hidup kita menjadi lebih mudah. Amalan itu namanya bersedekah.
Bersedekah adalah memberikan pemberian kepada orang lain, termasuk mereka yang membutuhkan . Salah satu bentuk sedekah bisa dengan pemberian harta. Sebagai seorang muslim kita dianjurkan untuk bersedekah. Bukan hanya karena akan mendapat pahala, sedekah juga bisa memudahkan urusan kita.
Jika kita tak mampu bersedakah, kita juga bisa seminimalnya tersenyum kepada orang lain. Senyum juga termasuk amalan yang bernilai sedekah. Mudah dilakukan bukan? Semoga kita semua bisa menjadi ahli sedekah.
Wassalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu

 Teks Ceramah Tentang Ikhlas

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Saudaraku yang aku cintai, ada satu hal yang harus diingat, bahwa amalan kita sebesar apapun bisa ambyar apabila apa yang kita lakukan tidak diiringi dengan satu kata ni. Yakni ikhlash.
Ikhlas adalah berserah diri kepada-Nya dalam beramal. Tidak berharap apapun kecuali keridhoan dari-Nya. Ketika sebuah amal dilakukan, tidak juga ada rasa berat yang mengganjal.
Selain itu, keikhlasan juga akan nampak dari kesungguhan. Yakni ketika kita berusaha untuk melakukan yang terbaik karena semata-mata mengharapkan keridhoan dari Sang Maha Kuasa.
Pertanyaannya, sudahkah amal kita selam ini ada dalam koridor ikhlas? Ini harus menjadi renungan. Jika belum, tentu saja kita harus mengusahaknnya. Semoga ceramah singkat ini bermanfaat.
Wassalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu

Teks Ceramah Tentang Pacaran

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Kawan-kawan generasi muda, harus diakui, salah satu budaya yang kini menjadi tren diantara kita semua adalah pacaran. Mungkin hampir sebagian besar dari kita pernah punya pacar. Atau bahkan, hingga hari ini kita masih punya pacar.
Memang benar, di dalam al-Quran, tidak ada larangan untuk berpacaran. Hal ini karena istilah pacaran adalah istilah yang baru. Namun, kalau yang dilihat adalah aktivitas aktivitas dalam pacaran, maka kita harus mengakui bahwa aktivitas aktivitas itu kebanyakan adalah keharaman.
Seperti saling berpegangan tangan dengan yang bukan mahrom, berduaan, pelukan, bahkan berzina. Itu semua sudah dijelaskan larangannya.
Oleh karena itu, sebaiknya tentu saja kita tidak pacaran. Lebih baik sibukan dengan hal lain yang bisa mendulang pahala. Semoga kita bisa melakukannya.
Wassalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu

Teks Ceramah Tentang Lingkungan

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Hadirin sekalian, setiap manusia sesungguhnya hidup bersama lingkungan sekitarnya. Benar bukan?
Lingkungan yang meliputi benda-benda disemesta alam ini memberikan banyak manfaat yang membantu hidup manusia sehingga lebih mudah. Baik itu air, pohon, gunung, hutan, semuanya memberikan manfaat tersendiri.
Tentu saja sebagai manusia kita harus tahu diri. Idealnya, tentu kita berbalas budi kepada lingkungan. Dengan cara menjaganya agar tetap lestari dan tidak merusaknua seenak hati. Jika kita baik terhadap alam, pasti alam juga senantiasa memberi kebaikan bagi kita semua.
Mudah-mudahan kita semua termasuk orang yang bisa menjaga lingkungan ini sebagai mestinya.
Wassalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu

Teks Ceramah Tentang Cinta

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Kawan-kawanku, apakah kalian pernah merasakan jatuh cinta? Sesungguhnya jatuh cinta itu sesuatu yang wajar dan fitrah yang pasti dialami oleh manusia.
Namun, rasa cinta itu tidak boleh sembarangan untuk diekspresikan. Dalam agama misalnya, jika rasa cinta yang dimaksud adalah kepada lawan jenis, maka anjurannya adalah diekspresikan dengan menikah. Namun jika belum mampu, sebaiknya ditahan dengan berpuasa.
Pertanyaannya, apakah kalian sudah mampu? Jika merasa belum mampu, selain berpuasa, ada baiknya kalian mengekspresikan rasa cinta kepada yang lain yang halal. Misalnya kepada orangtua atau guru-guru kalian. Hal ini tentu lebih aman dan bagus.
Barulah kelak jika sudah mampu, silahkan kalian segera menikah dan seriusi orang yang kalian cintai. Demikian sedikit nasihat yang bisa saya sampaikan.
Wassalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu

Teks Ceramah Tentang Hijrah

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Hadirin sekalian, sesungguhnya ampunan Allah itu selalu ada bagi hamba-Nya. Asalkan hamba-Nya mau berubah dan berhijrah karena Allah.
Hijrah yang dimaksud disini adalah berpindah dari satu keadaan menuju keadaan yang lain. Yang tadinya malas solat, jadi rajin solat. Yang tadinya suka ngelawan orangtua, jadi berbakti. Yang tadinya malas menuntut ilmu, jadi penuh semangat. Begitu seterusnya.
Tentu saja, hijrah yang benar adalah yang diniatkan semata-mata karena ingin mengharap ridho dari Allah. Bukan mengharap dari sesuatu yang lain. Niat dan keikhlasan sangat diperhitungkan.
Mudah-mudahan diantara hadirin sekalian yang ingin berhijrah diluruskan niatnya serta diberikan keikhlasan dalam menjalankan prosesnya.
Wassalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu

Teks Ceramah Tentang Kejujuran

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Sahabatku, tahukah kalian, apa sesuatu yang sangat mahal dan kini sulit dicari? Jawabannya adalah kejujuran. Ya, kejujuran adalah sesuatu yang sangat mahal dan sulit sekali ditemukan.
Mengapa kejujuran itu sangat mahal? Karena untuk menjadi sosok yang dikenal jujur, butuh waktu dan proses yang sangat panjang. Ada kepercayaan orang lain yang harus dibangun dalam waktu yang lama.
Sayangnya, kini kejujuran semakin sulit dicari. Para pejabat, para pedagang, para pegawai, para pelajar, banyak yang terbiasa melakukan kebohongan. Akhirnya diantara manusia timbul rasa saling curiga dan ketidakpercayaan satu sama lain.
Padahal, dalam agama, kejujuran juga merupakan salah satu hal yang diperintahkan. Maka jika kita beragama, alangkah malunya jika kita tidak berusaha menjai sosok yang jujur.
Namun semoga saja kita dimampukan untuk menjadi orang yang diliputi kejujuran.
Wassalamalualaykum warahmatullahi wa barakatuhu

Contoh Teks Ceramah Tentang Stop Bullying

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Saudaraku yang dirahmati oleh Allah Swt, sesungguhnya semua manusia diciptakan dalam bentuk yang paling sempurna. Penciptanya adalah Allah yang Maha Esa.
Dengan kenyataan tersebut, selayaknya kita sebagai manusia tidak merendahkan orang satu sama lain. Baik karena dianggap memiliki fisik yang kita anggap buruk, maupun karena rezekinya yang lebih rendah dibanding rezeki yang Allah karuniakan kepada kita.
Jangan sampai kita membully orang lain. Mereka yang kita bully sesungguhnya juga manusia yang diciptakan Allah. Menghina keterbatasan fisiknya tentu sama dengan menghinda Penciptanya. Tentu saja itu tindakan yang tak patut dilakukan.
Maka dari itu, sudah semestinya kita gaungkan slogan ‘Stop Bullying Sekarang Juga’ Jangan sampai kita terbiasa menghina dan menindas orang. Itu hal yang tercela.
Wassalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu

Teks Ceramah Tentang Sosial Media

Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu
Teman-teman, salah satu dampak teknologi yang dirasakan oleh banyak orang, adalah terbiasanya mereka dengan dunia baru yang bernama sosial media.
Sosial media seperti facebook, instagram, pinterest, twitter, dan sebagainya, menjadi sesuatu yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Apalagi yang terkategori anak muda.
Namun harus diingat, bahwa menggunakan sosial media juga ada rambu-rambunya.Tidak bisa kita menggunakannya dengan bebas dan seenaknya. Mengingat ada dampak negatif juga yang mungkin timbul.
Langkah yang paling baik tentu saja bijak dalam menggunakannya. Lakukan hal-hal yang positif dan tinggalkan hal yang membawa dampak negatif. Dengan demikian, sosial media bisa menjadi ladang pahala, bukan ladang dosa. Semoga saja kita bisa melakukannya.
Wassalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu

Tinggalkan komentar