RPP Teks Prosedur Daring KD 3.2 dan 4.2


Materi teks prosedur adalah materi bahasa Indonesia yang dipelajari di kelas 11 SMA, SMK, MA dan sederajat. Materi ini adalah materi yang menarik dan menurut saya lebih mudah mengajarkannya karena contoh contoh teksnya bertebaran dimana-mana.

Banyak sekali tulisan di media sosial dan mesin pencari seperti google yang menguraikan tentang langkah-langkah, cara-cara, tips, dan sebagainya. Oleh karena itu, anak didik jug tak akan kesulitan untuk membayangkan bagaimana fakta sesungguhnya dari teks yang satu ini.
Sebelumnya saya sudah menulis tentang contoh RPP untuk KD 3.1 dan 4.1, kali ini saya akan membagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran teks ini untuk KD yang setelahnya. Yakni 3.2 dan 4.2. Jika anda butuh yang sebelumnya, silakan buka saja RPP TeksProsedur pertemuan pertama.

Oh ya, untuk anda ketahui, bahwa apa yang saya buat dan rencanakan dibawah ini adalah perencanaan untuk pembelajaran jarak jauh dengan mode daring. Namun, jikapun berbeda, anda bisa melakukan penyesuaian tentunya.

Baca juga: Contoh Teks Prosedur Tentang Makanan, Pendidikan, Komputer dan Covid 19

Tujuan Pembelajaran

  • Siswa mampu menganalisis struktur dan unsur kebahasaan teks prosedur
  • Siswa mampu memproduksi teks prosedur secara lisan atau tulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan

Media/alat dan Bahan

  • Media pertama adalah media audio. Seperti alat perekam atau voice note. Digunakan untuk membantu memberikan penjelasan kepada siswa dan mengurangi rasa kangen siswa terhadap suara gurunya.
  • Media kedua adalah video tutorial yang berkarakter prosedural seperti cara membuat sesuatu, langkah-langkah melakukan sesuatu, atau tips sukses menjadi sesuatu. Media ini nantinya berfungsi untuk mempermudah siswa dalam mengerjakan tugas memproduksinya.
  • Bahan adalah buku materi pelajaran dan sumber-sumber relevan untuk bahan penjelasan dan diskusi (tanya jawab).

contoh media pembelajaran untuk teks prosedur

Persiapan Pembelajaran

  1. Guru memastikan kesiapan kuota internet dan baterai agar penuh sehingga dalam proses belajarnya tidak terjadi permasalahan.
  2. Guru memastikan bahwa bahan dan media pembelajaran yang hendak digunakannya sudah siap dan tinggal dikirim saja ke siswa sehingga lebih efektif dalam pemanfaatan waktu.
  3. Guru melakukan pengondisian terhadap kondisi yang ada di sekitarnya. Berkaitan dengan hal-hal di sekitar kegiatan belajar daring yang berpotensi mengganggu jalannya pembelajaran.
  4. Guru mempersiapkan berbagai instruksi pengerjaan tugas untuk dilakukan siswa dalam kegiatan belajarnya.

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

  1. Guru memberikan salam di grup atau forum kelas daring. Salam dilakukan dengan voice note atau suara agar siswa tetap merasa dekat dengan gurunya.
  2. Guru melakukan basa-basi dengan siswa untuk menghangatkan suasana kelas daring dengan pembahasan-pembahasan sederhana yang relevan dengan kehidupan siswa selama di rumah.
  3. Guru memastikan kehadiran siswa di dalam grup. Mengecek siswa yang sudah stand by dan jika mampu menghubungi siswa yang belum on untuk segera hadir.
  4. Guru memberikan peringatan atau sanksi yang menimbulkan efek jera namun membawa suasana bagus di kelas kepada siswa yang terlambat. Misalnya dengan meminta siswa mengirim video sedang menyapu di rumahnya.
  5. Guru memberikan penyampaian terkait gambaran pembelajaran yang akan dilaksanakan pada pertemuan yang dimaksud.

Kegiatan Inti

  1. Guru mengirimkan contoh video di youtube yang berisi prosedur dalam melakukan sesuatu kepada siswa. Video yang dimaksud adalah video yang memiliki narasi dan diisi oleh suara pembuat videonya, bukan hanya sekedar gambar bergerak tanpa suara narator.
  2. Guru dan siswa membahas isi video tersebut dari aspek struktur dan unsur kebahasaan yang digunakan oleh narator video ketika menampilkan videonya.
  3. Guru memberikan penjelasan dan penegasan dari hasil diskusinya dengan siswa tentang video yang telah disaksikan dalam bentuk audio.
  4. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari video yang berisi cara-cara, langkah-langkah, atau tutorial namun isinya tidak ada narator. Jika siswa kesulitan, guru membantu mencarikan minimal tiga video untuk dipilih siswa sebagai bahan tugas.
  5. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat teks prosedur yang pembuatannya didasarkan pengamatan siswa terhadap video yang sudah dicari atau dipilih sebelumnya.

Kegiatan Penutup

  1. Guru menyampaikan kesimpulan dari rangkaian kegiatan pembelajaran dalam satu pertemuan tersebut.
  2. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang aktif dalam proses belajar. Seraya tak lupa mengingatkan siswa yang kurang aktif dan tidak tanggap terhadap tugas untuk aktif juga terlibat dalam pembelajaran dikemudian hari.
  3. Guru menutup kegiatan dengan salam dan doa agar kegiatan diberi keberkahan.

Penilaian

Pengetahuan

Nilai pengetahuan dapat di ambil dari hal-hal yang disampaikan siswa selama proses diskusi dan kekayaan informasi yang diekspresikannya dalam pengerjaan tugas.

Sikap

Nilai sikap siswa dapat diambil dari bagaiamana cara siswa dalam berkomunikasi di forum daring. Termasuk tentang kehadirannya saat absensi, kesadarannya dalam menjawab salam, dan sebagainya.

Keterampilan

Keterampilan nilainya dapat diambil dari ekspreasi siswa melalui tuturan bahasa yang disampaikannya selama berkomunikasi di dalam grup.
Nah, demikianlah contoh teks prosedur yang saya buat untuk KD 3.2 dan 4.2. Jika sesuai, mudah-mudahan dapat bermanfaat. Namun jika ada yang kurang pas, mudah-mudahan anda dapat memodifikasinya dengan lebih baik.

Baca juga: RPP Teks Eksplanasi

Tinggalkan komentar