Contoh Program IHT In House Training Sekolah

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan di sekolah adalah In House Training. Kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat penting. Biasanya diselenggarakan karena adanya kebutuhan sekolah untuk meningkatkan kualitas dan kinerja dari para pegawai. Baik yang terkategori tenaga pendidik, maupun yang terkategori staff administrasi atau tata usaha.
Penyelenggaraannya biasa dilakukan dalam berbagai jenjang. Baik di tingkat SD, SMP, SMA, SMK, dan sederajatnya. Semua jenjang pendidikan lazim menyelanggaran agenda yang satu ini.

Apa Itu In House Training?

In house training ini berasal dari bahasa inggris yang berarti pelatihan di dalam rumah. Namun, maksud yang lebih jelasnya, adalah pelatihan yang dilakukan untuk internal lembaga atau perusahaan tertentu.
Sebenarnya, bukan hanya sekolah yang lazim menyelenggarakannya. Lembaga lain seperti perusahaan-perusahaan juga terbiasa dengan program ini. Tentu saja, dengan sasaran yang berbeda dengan apa yang dilakukan di lembaga pendidikan.

Tujuan In House Training

Secara umum, tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas, penguatan, dan percepatan untuk dapat mencapai berbagai tujuan yang ada dalam lembaga.
Secara khusus, tujuannya sangat bergantung pada kebutuhan dan konteks penyelenggaraannya. Karena seringkali kegiatan ini diadakan agar pesertanya dapat melakukan hal-hal praktis. Misalnya, ketika pandemi, In House Training di sekolah umumnya berisi topik untuk menunjang kemampuan belajar daring. Seperti pelatihan membuat media, absensi daring, hingga evaluasi daring.


In House Training di Sekolah

Di sekolah, kegiatan ini biasanya menjadi agenda rutin bidang Kurikulum. Mengingat kurikulum adalah bagian yang secara khusus ditugaskan untuk bertanggungjawab terhadap lancarnya pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan selama sekolah berlangsung.
Maka, kurikulum ditugaskan untuk merancang program serta merumuskannya sesuai dengan kebutuhan yang berlaku. Tentu saja, semuanya dalam kerangka meningkatkanya kualitas pembelajaran di sekolah, yang dalam hal ini sangat bergantung pada guru yang mengajar.
Sehingga topik-topik yang diangkat dalam agenda ini seringkali berbicara tentang peningkatan keterampilan, pengetahuan, dan pemahaman guru. Mulai dari pembuatan RPP, penyusunan silabus, prota, promes, pembuatan media, eksplorasi bahan, dan banyak lagi.
Nah, berikut ini adalah contoh Program In House Training di masa pandemi yang diselenggarakan oleh salah satu sekolah. Isinya tentang strategi dan media pembelajaran daring.
Tentu saja, jika bapak dan ibu membutuhkan, bisa ditiru dan dimodifikasi untuk kebaikan bersama.

Contoh Program In House Training

Berikut kami lampirkan contohnya. Jika ingin download, bisa klik disini.



Tinggalkan komentar