7 Contoh Teks Prosedur Kompleks Beserta Strukturnya


Teks prosedur kompleks adalah teks yang dibahas dalam pelajarab bahasa Indonesia. Agar kalian mampu memahami teks ini, maka perlu untuk melihat langsung contohnya. Tentunya, supaya terbayang dan semakin paham. Berikut saya sajikan contoh-contoh teks prosedur.

1. Contoh Teks Prosedur Tentang Makanan

Cara Menanak Nasi Hingga Matang


Tujuan
Salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah nasi. Nasi merupakan makanan pokok yang bisa dibilang tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia Indonesia. Membuat nasi kini biasa dilakukan di penanak nasi atau rice cooker. Lantas, bagaimana cara membuat nasi?

Langkah-Langkah atau Tahapan
Pertama, siapkan wadah penanak nasi dan pastikan kebersihannya.

Kedua, masukan beras sesuai dengan kebutuhan. Misalnya dua gelas.

Ketiga, rendam dengan air lalu buang air rendamannya. Lakukan lebih dari satu kali sampai air rendamannya tampak bening.

Keeempat,pastikan takaran air yang ada pada beras cukup. Umumnya, ukuran yang pas adalah sepanjang satu ruas jari.

Kelima, masukan wadah penanak nasi ke dalam penanak. Nyalakan dalam posisi cook atau memask.

Keenam, tunggu hingga tanda cook berubah menjadi warm. Ini memakan waktu sekitar 30 menit. 

Setelah itu, beras akan berubah menjadi nasi dan siap dihidangkan.
Demikianlah cara menanak nasi. Sudah mencobanya?

2. Contoh Teks Prosedur Komputer Teknologi

Cara Menghidupkan Komputer

Tujuan
Komputer adalah salah satu teknologi hasil rekayasa manusia yang paling berpengaruh pada abad ini. Orang-orang banyak menggunakan komputer untuk berbagai kepentingan. Apakah kamu tau bagaimana cara menghidupkan komputer hingga siap digunakan? Jika belum, berikut kami uraikan caranya.


Langkah-Langkah
Pertama, pastikan kamu berada dihadapan komputer.

Kedua, hubungkan colokkan CPU dan Monitor ke sumber listrik yang akan kamu gunakan.

Ketiga, tekan tombol power yang terdapat pada CPU hingga tombol yang tadinya gelap menjadi berwarna.

Keempat, setelah dinyalakan, mesin CPU akan berdengung dan monitor akan menampilkan gambarnya.

Kelima, komputer telah menyala dan siap untuk digunakan sesuai dengan kepentingan yang hendak dilakukan.

Nah, itulah cara untuk menyalakan komputer. Apakah kamu memilikinya? Jika punya, silakan praktikkan.

3. Contoh Teks Prosedur tentang Pendidikan

Cara Menghubungi Guru Melalui Whatsapp dengan Berpendidikan

Tujuan
Kadangkala sebagai siswa, kita harus menghubungi guru secara pribadi untuk kepentingan-kepentingan tertentu. Termasuk, melalui Whatsapp. Ketika menghubungi guru, sebaiknya tidak dilakukan sembarangan. Guru berbeda dengan teman sebaya. Sebagai siswa, kita harus tau cara menghubungi guru dengan baik dan benar.

Langkah-Langkah
Pertama, bukalah pesan dengan ucapan salam yang benar. Salam yang standar dan formal adalah dalam bentuk assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuhu. Jika tidak, minimal dengan selamat pagi, siang, sore, atau malam.

Kedua, perkenalkanlah diri kita terlebih dahulu. Jangan langsung menyampaikan maksud. Karena boleh jadi guru belum mengenal kita secara jelas. Minimal, ada dua poin yang dikenalkan. Yakni nama dan asal kelas.

Ketiga, sampaikan permohonan maaf sebagai tanda khawatir apabila mengganggu. Hal ini karena boleh jadi gurumu sedang dalam kesibukan ketika menerima pesanmu.

Keempat, sampaikan tujuanmu menghubungi guru dengan baik. Pasti, ada tujuan yang ingin kamu lakukan bukan? Kemukakanlah dengan cara yang baik dan santun.

Kelima, tutup pesanmu dengan kalimat terima kasih. Sampaikan permohonan ini sebagai tanda apreasimu terhadap guru yang mau merespon temanmu.

Itulah cara melakukan komunikasi melalui whatsapp dengan guru. Tolong diperhatikan agar hubungan dengan guru terjalin baik.

4. Contoh Teks Prosedur Tentang Covid 19  

Tips Menjaga  Diri dari Wabah Covid 19

Tujuan
Wabah covid 19 masih berlangsung. Pengidapnya dari hari ke hari terus bertambah. Termasuk, mereka yang meninggal. Kamu tentu harus waspada dan mengetahui cara menjaga diri agar tidak terkena wabah ini. Bagaimana caranya?

Langkah-Langkah
Pertama, selalu gunakan masker kemanapun bepergian keluar rumah.  Hal ini akan mengurangi resiko penularan. Sehingga wabah covid 19 bisa cepat berlalu.

Kedua, jangan lupa cuci tangan setelah memegang benda-benda asing dari luar rumah. Hal ini karena kita tidak pernah tau apakah pemegang benda sebelumnya pengidap Covid 19 atau bukan. Sehingga perlu dilakukan kewaspadaan.

Ketiga, menjaga jarak sosial dengan orang di luar ramah. Hindari beredesakan dan bersentuhan dengan orang lain yang tidak bisa kita pastikan aman dari Covid 19.  Itu bisa berbahaya jika dilakukan.

Keempat, selalu berdoa. Memohon perlindungan kepada Sang Kuasa agar terhindar dari wabah.
Demikianlah contoh teks prosedur tentang covid 19 yang juga termasuk contoh teks prosedur tentang kesehatan. Sudahkah kalian melaksanakannya?

5. Contoh Teks Prosedur Memasak

Membuat Cobek Ikan Mas

Tujuan
Cobek Ikan Mas adalah salah satu jenis oleh dari ikan mas. Masakan ini tergolong masakan rumahan yang cocok disajikan sebagai menu makan di rumah. Terutama untuk menu makan siang. Jangankan memakannya, membayangkannya saja sepertinya sudah sangat lezat.
Langkah-Langkah atau Tahapan
Untuk membat cobek ikan mas, pertama-tama, kamu harus menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Apa saja bahannya? Bahannya terbagi menjadi dua. Bahakn ikan dan bahan sambal.
Untuk bahan ikan, ada 500 gram ikan mas, 1 sendok teh air jeruk nipis, 1 sendok teh garam,3 lembar daun kemangi, dan minyak untuk menggoreng. Sedangkan untuk bahan sambal, yang perlu disiapkan adalah 4 butir bawang merah, 6 buah cabai rawit, 4 buah cabai keriting, dan setengah sendok terasi yang semuanya sudah dibakar. Selain itu, siapkan juga 3 cm kencur, 2 sendok the gula pasir, dan 1 buah jeruk limo.
Ketika bahan sudah siap, tahapan kedua adalah memproses ikan agar memiliki rasa yang meresap. Caranya dengan menyiangi ikan terlebih dahulu. Kemudian, cuci hingga bersih. Setelah itu tiriskan dan lumuri ikan dengan air jeruk nipis. Selanjutnya, biarkan dan tunggu sampai berlalu 15 menit.
Tahapan ketiga adalah menggoreng ikan. Sebelum menggoreng ikan, pastikan minyak yang digunakan sudah dalam kondisi yang benar-benar panas. Setelah itu, baru masukan ikan dalam penggorengan dan goring hingga warnanya berubah kecoklatan.  Baru selepas warnanya menjadi kecoklatan, kamu bisa angkat ikan tersebut dan sisihkan dari penggorengan.
Tahap terakhir, adalah membuat sambal dan mencampurkannya dengan ikan. Caranya adalah dengan menghaluskan semua bahan sambal dan tambahkan air jeruk limo. Ketika semua sudah tercampur, aduk-aduk hingga rata. Lalu letakkan ikan di atas sambal dan tekan-tekan hingga sambalnya menembal di tubuh ikan. Untuk menambah aroma, taburi dengan daun kemangi.
Demikianlah tahapan membuat cobek ikan mas. Mudah bukan? Saya jamin, semua bisa mencobanya selama bahan-bahannya tersedia dan juga koceknya tentunya. Selamat mencoba dan menikmati. Semoga bermanfaat.

6. Contoh Teks Prosedur Belajar

Tips Tidak Mengantuk Di Kelas

Tujuan
Salah satu masalah yang mungkin kamu hadapi ketika belajar di kelas adalah mengantuk. Mengantuk menjadi masalah karena akan menghilangkan fokus ketika belajar. Akibatnya, kamu berpotensi untuk ketinggalan materi pelajaran. Agar itu tak terjadi, kami berikan beberapa tips agar kamu tidak mengantuk di kelas.
Pertama , pastikan tidurmu cukup ketika malam. Tidur yang cukup akan memulihkan energimu. Sehingga menjadi segar ketika bangun. Jangan sampai kamu tidur terlalu larut apalagi untuk urusan yang tidak ada manfaatnya. Ketika tidurmu kurang, pasti harimu akan berat.
Kedua , mandi sebelum berangkat. Ya, kamu wajib mandi dulu. Mandi membuat tubuh menjadi segar dan bugar. Apalagi dilakukan di pagi hari. Jangan sampai kamu lupa melakukan hal ini, karena dampaknya akan membawa rasa malas saat beraktivitas seharian.
Ketiga, minum yang cukup. Kamu juga perlu asupan cairan yang cukup. Untuk itu, minumlah yang cukup dan teratur. Manfaatkan waktu istirahat dengan minum sekitar satu atau dua gelas untuk memulihkan kondisimu yang mungkin lelah. Lebih baik lagi jika membawa bekal dari rumah.
Keempat, luruskan niat ketika belajar. Dengan niat yang kuat, maka motivasi belajar akan meningkat. Ketika motivasi belajar meningkat, kemungkinan untuk mengantuk akan berkurang. Semangat yang datang dari dalam diri akan membantumu menahan rasa kantuk.
Kelima, berdoa. Kamu juga dapat berdoa agar dihindarkan dari rasa malas dan membuat ngantuk. Bagaimanapun, doa memiliki pengaruh dalam kehidupan manusia.
Demikianlah tips yang dapat kamu lakukan agar kamu tidak mengantuk di kelas. Sebagai pelajar yang berharap masa depannya bersinar, sudah semestinya kamu senantiasa semangat ketika berada di kelas dan berusaha menghindari kemalasan dan rasa kantuk.

7. Contoh Teks Prosedur Bekerja

Cara Menjadi Youtuber

Salah satu profesi yang menjadi impian banyak anak sekolah zaman now adalah menjadi youtuber. Banyak sosok-sosok yang sukses menjadi youtuber dan menjadi inspirasi karena telah menghasilan uang yang tak sedikit. Namun ternyata, jalan untuk sukses di profesi ini tidaklah semudah yang dibayangkan.
Untuk itu, penting bagi kamu memahami cara-cara agar menjadi seorang yotuber yang sukses. Bagaimana caranya? Berikut ini kami coba sajikan untuk kamu. Cekidot.

Pertama, buatlah akun youtube. Ini adalah awal mula dari kesuksesanmu. Buatlah akun youtubemu sendiri. Berilah ia nama dan profil yang menarik. Jangan lupa masukan foto profil terbaikmu. Bisa berupa foto pribadi, avatar, atau logo dari channel yang akan kamu bangun.
Kedua, tentukanlah satu atau beberapa topik yang akan kamu tekuni. Ini tergantung pilihanmu. Apakah kamu akan menjadi youtuber gaming? Vlogger? Pembuat konten-konten islami? Atau yang bagaimana? Sebaiknya, pilihlah yang kira-kira kamu sukai sehingga nanti kamu bisa lebih konsisten membuatnya.
Ketiga, buatlah konten. Konten yang mula-mula dibuat tak harus sempurna. Buat saja sesuai dengan kemampuanmu. Jangan terlalu banyak mikir ini dan itu sehingga tak buat-buat. Meskipun awalnya kamu membuat konten yang masih kurang bagus, dalam perjalanannya kamu akan menemukan pola dan semakin bagus. Ini jelas lebih baik ketimbang kamu tak mulai-mulai.
Keempat, belajarlah dari yang sudah sukses. Kamu bisa belajar dan mencontoh yotuber-youtuber lain yang sudah sukses. Terutama, mereka yang menggarap bidang yang sama dengan kamu. Kamu bisa menjadikan mereka patokan dan pedoman sebelum akhirnya kamu bisa lebih baik dari mereka.
Kelima, promosikan kontenmu. Sebagai manusia yang bersosialisasi, pasti kamu punya teman. Maka sebarkanlah kontenmu kepada teman-temanmu. Jangan malu dan ragu. Berusaha untuk tak peduli jika ada hinaan dan menerima ketika ada masukan. Meskipun pahit, itu akan membuat semakin lebih baik dari waktu ke waktu.
Demikianlah proses yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang yotuber sukses. Tentu saja, jangan dilupakan, kamu harus menjadi youtuber yang sukses di dunia juga akhirat. Oke?
**

Tinggalkan komentar