12+ Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya


Salah satu cara paling mudah untuk memahami sekaligus memahamkan siswa terhadap suatu teks yang sedang dibahas dalam pembelajaran bahasa Indonesia, adalah dengan menghadirkan langsung contoh teksnya secara langsung. Berikut ini saya sajikan contoh teks eksplanasi dari berbagai topik yang bisa dijadikan bahan.

Contoh Teks Eksplanasi

Dalam artikel ini, kami menyajikan teks yang sedang, agak panjang, termasuk juga yang singkat. Anda pilih saja tergantung kebutuhan.

Contoh Teks Eksplanasi Covid 19

Penyebab Covid 19 Cepat Menyebar
Pernyataan Umum
Wabah covid 19 yang melanda dunia memang mengerikan. Sejak kasusnya ditemukan di Wuhan Cina pada bulan Desember 2019, ia dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru dunia. Belum sampai setahun, pengidapnya sudah mencapai puluhan juta. Pada tanggal 16 Agustus, tercatat hingga 21 juta jiwa.
Proses Kejadian
Mengenai alasan mengapa wabah ini sangat cepat menyebar, salah seorang dokter bernama Darmawan Budi Setyanto menjelaskannya dengan sederhana. Menurutnya, hal ini karena covid 19 adalah penyakit yang berhubungan dengan sistem pernafasan.
Menurut Darmawan, penyakit yang menginfeksi saluran pernafasan lebih cepat penyebaran atau penularannya. Hal ini disebabkan karena pengidapnya pasti bernafas dan mengeluarkan kuman yang disemburkan melalui mulut. Apa yang keluar dari mulut itulah yang disebut dengan droplet atau percikan.Percikan inilah yang menjadi awa mula penularan.
Percikan itu kita tau jumlahnya sulit dilihat dan dideteksi. Bisa jadi menempel pada berbagai macam benda dan tak bisa dilihat dengan kasat mata keberadaannya. Sehingga tanpa sadar, banyak manusia yang terserang penyakit ini.
Di tambah lagi, gejalanya yang bisa muncul dan bisa tidak. Ada yang dikenal Orang Tanpa Gejala atau OTG. Orang ini merasa sehat sehat saja, berkeliaran kemana-mana, lalu menyebarkan virus melalui droplet kemana-mana. Tentu ini menambah cepat penyebaran covid 19.

Interpretasi
Dengan berbagai fakta di atas, maka menjadi wajar kita waspada dengan penyakit ini. Tidak bisa kita menyepelekan berbagai macam protokol kesehatan dengan mudah. Gunakan selalu masker dan jangan lupa cuci tangan ketika selepas memegang benda-benda. Mengingat kita tidak bernah tau dimana virus itu bersemayam.


Contoh Teks Eksplanasi Sosial


Akibat Pergaulan Bebas

Pernyataan Umum
Dalam kehidupan manusia, pasti diantara manusia saling bergaul satu sama lain. Hal ini dikarenakan manusia adalah makhluk sosial atau zoon politicoon. Hanya saja, pergaulan ini tidak bisa dilakukan sembarangan karena malah bisa jadi berbahaya. Termasuk, diantaranya sampai terjadi yang namanya pergaulan bebas.

Proses
Pergaulan bebas telah mengakibatkan sesuatu yang membuat miris, termasuk apabila dilakukan oleh kalangan pelajar. Tak sedikit pelajar yang harus putus sekolah akibat hamil di luar nikah. Dimana hamil di luar nikah ini tentu saja menghambat masa depan pelajar yang mengalaminya.

Married by accident ini sebetulnya bermula dari kegiatan bergaul diantara siswa dan siswi. Mulanya mungkin dari saling bercanda, berkomunikasi, curhat, hingga kemudian pacaran. Nah, pacaran inilah yang biasanya menjadi gerbang menuju pergaulan bebas hingga akhirnya hamil diluar nikah.
Ketika pacaran, antar pasangan merasa terikat satu sama lain. Mereka yang terlibat juga merasa mesti menuruti kemauan pasangannya satu sama lain. Masalah terjadi manakala diantara mereka ada yang punya niat jahat. Mereka inilah yang disebut salah satunya sebagai fakboi.

Fakboi ini menginginkan sesuatu yang buruk pada pasangannya. Sekedar merasakan kenikmataan sesaat lalu meninggalkan sang wanita begitu saja. Rayuan mautnya membuat wanita bertekuk lutut hingga akhirnya mengikuti kemauan fakboi. Inilah keumuman yang terjadi sebagai sebab dari hamil diluar nikah.

Interpretasi
Berdasarkan kenyataan tersebut, sudah semestinya para pelajar menjaga diri dari pergaulan bebas. Mereka sebaiknya lebih fokus belajar dan menggapai cita-citanya, sehingga masa depannya menjadi lebih cerah, ketimbang sibuk pacaran yang bisa menjadi gerbang menuju hamil diluar nikah bagi perempuan.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya


Mengapa Indonesia Kental dengan Budaya Jimat?

Pernyataan Umum
Jimat atau sering disebut juga benda pusaka, adalah benda-benda yang diyakini memiliki tuah atau kemampuan-kemampuan tertentu bagi pemiliknya. Banyak sekali benda yang dijadikan jimat dan dikenal di Indonesia, seperti batu mustika, rajah, keris, dan sebagainya. Padahal, mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim. Bahkan dalam beberapa sumber, benda semacam itu dianggap bagian dari benda yang memicu syirik.

Proses Kejadian
Sebenarnya, kalau kita melihat sejarah Indonesia, keberadaan banyak jimat ini tidak bisa dilepaskan dari peristiwa masa lalu. Sebelum datangnya agama-agama samawi seperti Islam, masyarakat di Nusantara menganut keyakinin primitif bernama animisme dan dinamisme. Yakni kepercayaan kepada luluhur dan benda-benda tertentu yang dianggap punya kekuatan.
Ketika Islam datang ke Nusantara melalui para dainya seperti para Wali Songo, para dai ini bersentuhan dengan masyarakat. Mereka berdakwah di tengah masyarakat yang memiliki keyakinan-keyakinan semacam itu.
Bahkan katanya, berdasarkan dari cerita-cerita orang yang mengalami peristiwa perjuangan melawan penjajah Belanda, banyak orang yang mempersenjatai dirinya dengan jimat-jimat. Jimat itu digunakan untuk pegangan yang diyakini bisa mengalahkan musuh.
Meski sekarang, tujuan orang-orang memiliki jimat-jimat semacam ini berlainan. Mulai dari untuk melariskan dagangan atau bisnis, menjadi pelet pengasihan, menambah kewibawaan, dan sebagainya. Untuk mendapatkannya, mereka rela memburu jimat dengan harga dan usaha yang bermacam-macam.
Meskipun harus diakui, tidak ada bukti yang terukur dan didasarkan penelitian, apakah Jimat itu efektif untuk mewujudkan tujuan. Perlu ada penelitian lebih jauh apakah orang-orang terkaya dunia seperti Mark Zuckerberg atau Bill Gates memelihara jimat?

Interpretasi
Jika anda adalah orang muslim, sebaiknya cukup jadikan saja benda-benda pusaka sebagai koleksi. Mengingat masalah meyakininya itu cukup kontroversial. Banyak para ulama yang bahkan menyampaikan larangannya. Satu hal saja yang jelas diyakini, Allah Swt-lah satu-satunya tempat meminta dan memohon perlindungan.

Contoh Teks Eksplanasi Banjir


Penyebab Banjir di Daerah Padat Penduduk

Pernyataan Umum
Setiap musim hujan tiba,  banyak masyarakat yang merasa was-was. Terutama, yang tinggal di daerah padat penduduk seperti Jakarta. Sebagian dari mereka khawatir banjir akan menghampiri tempat mereka tinggal. Maklum, yang namanya banjir tentu saja mengganggu jalannya kehidupan mereka.

Proses Kejadian
Banjir sebagaimana kita ketahui, keadaan dimana air menggenang dalam jumlah yang melimpah beberapa waktu di suatu tempat.  Masalahnya, tempat menggenangnya ini berada dipemukiman yang bisa menghambat aktivitas mereka.
Pertanyaannya, mengapa bisa terjadi seperti itu. Penyebabnya bisa beberapa hal. Pertama, bisa jadi karena memang curah hujan yang datang dari langit terlampau besar dan tidak biasa. Sehingga permukaan bumi tidak sanggup dengan cepat menyerap air yang datang ke tanah atau mengalirkannya ke daerah aliran air.
Namun dalam banyak kasus, curah hujan yang tidak terlalu besar juga faktanya menyebabkan banjir. Nah, untuk kasus-kasus semacam ini lebih diakibatkan kurangnya daerah resapan air. Jarangnya tumbuhan dan pepohonan di suatu daerah serta penggundulan hutan menjadi sebab.
Tentu saja, ini semua tidak bisa dilepaskan dari kelakukan manusia yang mengelola lingkungan. Mereka yang serakah demi aneka kepentingan pribadi tidak memperhatikan AMDAL atau Analisis Dampak Lingkungan. Hingga pembangunan gedung-gedung tinggi, pemukiman, dilakukan tanpa melihat dampai lingkungannya.
Ditambah lagi, banyaknya prilaku buang sampah sembarangan. Ini menambah masalah karena banyaknya sampah kerap menghambat aliran air yang mengalir di gorong-gorong ataupun sungai. Sehingga air yang mestinya mengalir dijalurnya, keluar jalur hingga sampai di jalanan pemukiman manusia.

Interpretasi
Banjir ini meski bisa jadi murni diakibatkan alam, namun lebih banyak dikarenakan ulah manusia. Maka dari itu, mengatasinya juga perlu ada upaya dari manusia. Manusia mesti memiliki kesadaran untuk tergerak lebih memperhatikan lingkungannya agar tidak terjadi banjir.

Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan


Fenomena Perundungan (Bullying) Di Sekolah

Pernyataan Umum
Sekolah mestinya menjadi tempat belajar dan berkembang anak-anak generasi penerus. Hanya saja, alih-alih demikian, ada diantara siswa yang malah tersiksa berada di sekolah. Mereka tidak bahagia karena menjadi korban perundungan. Perundungan adalah prilaku tidak menyenangkan yang dilakukan kepada seseorang. Baik dalam bentuk fisik maupun verbal.

Proses Kejadian
Peristiwa ini biasanya dialami oleh orang-orang yang dianggap rendah dan tidak memiliki kekuatan. Di dalam kehidupan siswa, biasanya mereka memiliki opini umum tentang anak mana yang berada di struktur level atas dan anak mana yang berada di level bawah. Contoh pelevelan ini biasanya dalam bidang ekonomi.
Anak sekolah yang berasal dari kelas ekonomi rendah, biasanya jadi korban perundungan. Di antara siswa mereka bisa saling melihat mana siswa yang nampak kaya dan mana yang nampak miskin. Bisa dilihat dari kendaraan yang digunakan saat datang ke sekolah, dari lusuh atau tidaknya baju, dari harga sepatu, hingga tipe HP.
Di sekolah-sekolah yang siswanya berasal dari level menengah atau menengah ke atas, siswa yang tidak mampu mengejar ketertinggalan fasilitas berpotensi menjadi korban bully. Merek dianggap lemah sehingga layak untuk diperlakukan buru. Baik dengan perlakuan fisik maupun perlakuan verbal.  Ini hanya salah satu sebab saja. Sebenarnya banyak sebab yang lain.

Interpretasi
Untuk menghindari maraknya fenomena bully atau perundungan, maka diperlukan perhatian khusus dari orangtua dan guru terhadap prilaku anak. Mau tidak mau kedua pihak ini mesti menyelami kehidupan anak-anak ini. Sehingga ketika dideteksi ada kasta atau level-level dalam kehidupan mereka, maka guru dan orangtua bisa langsung turun tangan.


Contoh Teks Eksplanasi Kemiskinan (Ekonomi)


Mencari Penyebab Kemiskinan

Pernyataan Umum
Pada tahun 2019, menurut Badan Pusat Statistik, jumlah orang miskin di Indonesia diperkirakan mencapai hampir 25 juta orang. Jumlah yang banyak tentunya. Secara ekonomi, yang dimaksud orang miskin adalah orang yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mereka inilah yang disebut orang yang mengalami kemiskinan.

Proses Kejadian
Kemiskinan ini dilihat dari sebabnya, ada dua macam kemiskinan. Pertama, ada kemiskinan individual. Kedua, ada kemiskinan struktural.
Kemiskinan individual adalah kemiskinan yang dakibatkan oleh prilaku diri sendiri. Misalnya, karena orang tersebut melakukan berbagai hal yang beresiko secara hitung-hitungan logis bakal mengakibatkan kemiskinan. Contohnya adalah orang yang miskin karena kalah judi, karena tidak bekerja namun suka berfoya-foya, punya kemampuan bekerja tapi memilih menganggur, dan sebagainya.
Sedangkan kemiskinan struktur adalah kemiskinan yang dialami orang-orang yang sebetulnya sudah berusaha tidak miskin, namun struktur kehidupan memaksanya untuk menjadi miskin. Kemiskinannya lebih disebabkan pada aturan yang diterapkan dalam kehidupan atau ketiadaan privilage yang dimiliki.
Orang-orang semacam ini adalah orang-orang yang tidak bisa mengakses pendidikan bagus untuk meningkatkan karirnya karena pendidikan mahal, atau orang yang terlahir dari orangtua miskin lalu terpaksa putus sekolah karena tidak ada yang melakukan covering terhadap kebutuhan hidupnya.

Interpretasi
Dari kedua macam penyebab kemiskinan ini, kita tidak bisa sembarangan menghakimi orang yang miskin itu semuanya pemalas dan orang-orang yang bodoh. Karena tidak semua kasus kemiskinan karena itu. Bahkan lebih banyak karena ketiadaan kesempatan. Untuk itulah, kita yang sekarang berkecukupan mesti peduli dengan mereka.


Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam


Tentang Tsunami yang Melenyapkan Pesisir

Pernyataan Umum
Tsunami pernah beberapa kali terjadi di Indonesia. Peristiwa tsunami yang paling besar adalah tsunami yang terjadi di Aceh pada tahun 2004. Kala itu, ratusan ribu orang kehilangan nyawa dan banyak bangunan hancur karenanya.

Proses Kejadian
Tsunami terjadi karena adanya gangguan yang terjadi di dalam dasar lautan. Salah satu gangguan yang dimaksud umumnya adalah gempa bumi. Akibat adanya getaran ini, maka terjadilah goncangan dilaut dan muncul gelombang yang menyebar ke berbagai penjuru.
Kecepatan gelombang akibat gempa ini sangat cepat. Paling cepat bahkan bisa mencapai 900 kilometer perjam. Beberapa kali lebih cepat ketimbang kecepatan mobil-mobil formula one. Gelombang ombak yang cepat itu menjadi petaka ketika sampai ke daratan. Inilah yang dinamakan tsunami.
Ketika sampai kedaratan, tingginya bisa mencapai belasan hingga puluhan meter. Sehingga terjadi banjir yang alirannya sangat deras dan cepat. Memang ketika sudah didarat kecepatannya sudah tak seperti ketika dilaut. Hanya saja tetap cepat. Bisa sampai 90 kilometer perjam. Wajar bila bangunan-bangunan yang dilaluinya bisa hancur berhamburan.

Interpretasi
Meskipun Tsunami datangnya sulit diprediksi, namun manusia dengan kemampuan berpikirnya mestinya bisa berupaya terus menerus mengembangkan teknologi yang bisa membuat dampak tsunami bisa diminimalisir. Sistem deteksi dan mitigasi dini perlu ditingkatkan.


Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Indahnya Pelangi Mewarnai Langit

Pernyataan Umum
Alam raya ini memiliki potensi keindahan yang luar biasa. Banyak hal yang ada di langit maupun di bumi yang membuat kita sebagai manusia berdecak kagum ketika menyaksikannya. Salah satunya adalah ketika menyaksikan fenomena pelangi. Yakni fenomana yang menampakan sesuatu berwarna-warni dengan bentuk melengkung menghiasi langit.

Proses Kejadian
Pelangi tidak muncul begitu saja. Ada proses yang menyertainya sebelum ia menampakan keindahnnya kepada semesta yang menyaksikannya.
Fenomena munculnya pelangi dapat mulai dijelaskan dari pembahasan tentang cahaya matahari. Cahaya yang dimiliki matahari sesungguhnya bersiifat polikromatik, yakni memiliki banyak warna.
Kalaupun kita menyaksikan secara kasat mata warnanya putih, itu sebenarnya hanya mencerminkan gabungan dari beragam cahaya yang berwarna-warni. Yakni warna yang terdapat pada pelangi. Yakni merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu atau violet.
Warna-warna tersebut akan nampak menjadi pelangi karena ada tiga unsur yang terlibat. Yakni cahaya matahari, butiran air dari hujan, serta atmosfer bumi atau udara. Mulanya adalah cahaya matahari masuk ke dalam butiran-butiran air hujan dengan gerakan yang melambat lalu menekuk ketika bergerak dari udara sampai menuju air yang ukurannya lebih padat.
Nah, ketika cahaya itu masuk ke dalam butiran air, cahaya tersebut akan memantulkan bagian dalam yang ada pada tetesan air. Sehingga pada akhirnya memunculkan warna-warni yang sering kita lihat pada pelangi.  

Interpretasi
Sungguh luar biasa memang keindahan alam semesta ini. Tentu saja, itu tidak terlepas dari kehebatan Sang Pencipta yang telah mendesainnya sehingga menjadi sesuatu yang membuat takjub manusia. Subhanallah.


Contoh Teks Eksplanasi Tentang Kebakaran Hutan


Penyebab Kebakaran Hutan

Pernyataan Umum
Indonesia terkenal dengan hutannya yang luas, lebat, dan subur. Namun sayangnya, dari waktu ke waktu jumlahnya terus berkurang. Hal ini karena terjadi banyak sekali kebakaran hutan. Tentu saja jika terus dibiarkan, lama-lama hutan bisa habis dan negeri yang dikenal Jamrud Khatulistiwa ini menjadi negeri yang tandus.

Proses Kejadian
Kebakaran hutan bisa terjadi akibat dua hal. Pertama, akibat sesuatu yang tidak disengaja, dengan kata lain bukan karena ulah manusia. Misalnya karena cuaca kering, erupsi vulkanik, atau petir. Namun bisa juga yang kedua. Yakni karena ulah tangan manusia yang tidak mempedulikan alam.
Di Indonesia sendiri, yang banyak terjadi adalah kebakaran hutan akibat ulah tangan manusia sendiri. Biasanya, orang-orang yang dengan sengaja menciptakan kebakaran hutan memiliki maksud tersendiri dalam melaksanakan aksinya.
Diantaranya yang banyak terjadi adalah untuk pembukaan lahan. Ketimbang hutannya ditebang satu persatu, para pengembang lahan seringkali memilih menggunakan api dan membakar hutan agar tanah yang akan mereka gunakan cepat rata. Biasanya ini dilakukan oleh industri-industri yang tidak memiliki cara berpikir ambil enaknya saja.
Padahal, dampak yang ditimbulkan dari kegiatan yang dilakukan tidak sedikit. Diantaranya adalah membuat rusak ekosistem berbagai makhluk hidup, hancurnya kehidupan fauna dan flora, bahkan asapnya juga bisa mengganggu saluran pernafasan manusia. Beberapa tahun lalu kita masih ingat, bagaimana kabut asap menyelimuti sumatera bahkan hingga sampai ke Singapura.

Interpretasi
Dengan berbagai akibat buruk yang ditimbulkannya, sudah semestinya pemerintah lebih memantau dan mengawasi hutan. Selain itu, tentunya memberikan hukuman bagi para pembakar hutan yang ilegal dan tidak memperhatikan dampak kerusakan alam.

Contoh Teks Eksplanasi Politik

Penyebab Para Pejabat Jadi Koruptor

Pernyataan Umum
Berbicara politik di tanah air, ada salah satu prilaku buruk para politisi yang tak kunjung berhenti. Apa itu? Prilaku yang dimaksud adalah korupsi. Banyak mereka yang mendaku pejabat dan orang terhormat itu malah menjadi koruptor. Menyalahgunakan kepemimpinan dan kewenangannya untuk memperkaya diri sendiri.

Proses Kejadian
Sudah tidak terhitung kerugian negara yang diakibatkan oleh para koruptor ini. Mengingat satu kali korupsi, pelakunya bisa memberikan kerugian negara mulai dari ratusan juta hingga triliunan. Celakanya, banyak yang lambat disentuh hukum dan sulit ditangkap. Persis sulitnya seperti menangkap tikus. Kita bisa mengingat ulang kasus yang menimpa Ketua DPR tempo dulu yakni Setya Novanto.
Penyebab korupsi ini jika dilihat bisa disebabkan karena dua hal. Yakni faktor dalam diri dan kedua faktor sistem atau lingkungan yang memaksa. Namun, meski bagaimanapun juga, keduanya tetap saja sama salahnya. Tidak bisa dibenarkan.
Ada para politisi yang ingin menjadi pejabat memang tujuannya bukan mengabdi. Mereka memang sedari awal ingin memperkaya diri. Baik dengan cara bekerjasama dengan para pengusaha yang membutuhkan legalitas usaha tertentu. Maupun dengan cara mengotak-atik aturan yang hanya menguntungkan diri sendiri.
Meskipun, harus diakui juga ada yang awalnya memang tidak berniat seperti itu. Mereka ingin jadi pejabat murni ingin memperbaiki keadaan. Namun, budaya korupsi yang sudah mengakar memaksa mereka untuk ikut-ikutan melakukan hal tercela tersebut. Baik itu ditekan oleh orang-orang disekitarnya, atau diiming-imingi oleh para pengusaha nakal.

Interpretasi
Satu hal yang pasti, korupsi ini sesuatu yang buruk. Negara mestinya terus menerus untuk memperbaiki sistemnya agar tidak ada celah bagi koruptor untuk korupsi. Sementara rakyat, sebaiknya terus berani untuk mengawasi para pejabatnya.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Pendidikan

Mengapa Pembelajaran Jarak Jauh Membosankan?

Pernyataan Umum
Selama pandemi covid-19 berlangsung, seluruh siswa di Indonesia belajar dengan metode pembelajaran jarak jauh. Hal ini untuk mengikuti protokol kesehatan. Namun, nyatanya ini membuat banyak siswa yang menjadi cepat bosan.

Proses Kejadian
Bosan yang dialami ini tentu saja mengakibatkan stres dan ketidaknyamanan. Lantas, mengapa bisa bosan? Bosan terjadi karena saat pembelajaran jarak jauh yang dikerjakan hanya mengerjakan tugas. Tidak ada variasi kegiatan lain. Berbeda dengan belajar di sekolah. Bisa diselingi ngobrol denga banyak teman, bermain, jajan ke kantin, dan sebagainya.

Interpretasi
Namun, meskipun membosankan, para siswa harus tetap bertahan. Hal ini demi kebaikan bersama. Agar wabah ini cepat berlalu dan keadaan menjadi normal kembali.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Game

Akibat Kecanduan Game

Pernyataan Umum
Hiburan adalah sesuatu yang dicari manusia. Dalam hal ini, bermain game menjadi salah satu sarana untuk mendapatkan hiburan.

Proses Kejadian
Sayangnya, pada kenyatannya, hiburan ini pada level tertentu bisa menyebabkan kecanduan. Orang yang kecanduan game jadi bisa lupa berbagai macam. Seperti mandi, tidur, mengerjakan tugas, dan banyak lagi.Penyebab kecanduan ini antara lain karena gamenya mungkin membuat keseruan dan tidak ada yang mengontrol serta memberi rambu-rambu agar waktunya diatur.

Interpretasi
Sebagai seorang pelajar dengan kewajiban utam bersekolah, sudah selayaknya kita mengatur waktu bermain game. Jangan sampai banyak hal terlewatkan agar kecanduan game.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Bucin

Ketika Bucin Melanda

Pernyataan Umum
Bucin atau budak cinta adalah istilah yang digunakan untuk menyebut orang yang nampak gila ga-gara cinta. Ia rela melakukan dan mengorbankan apapun demi cinta hingga terkadang mengabaikan logika. Pengidap bucin ini banyak dari kalangan pelajar.

Proses Kejadian
Rasa cinta yang berlebihan tidak terkontrol ini salah satunya adalah karena kurangnya kendali agama. Pasalnya dalam agama seperti Islam, sudah jelas ada keterangan bahwa kita tidak boleh mencintai secara berlebihan manusia biasa lebih dari pada Allah Swt dan Rasul-Nya.
Akibat dilanggar, ada banyak kerugian yang didapat. Mulai dari rugi waktu, uang, tenaga, dan sebagainya. Padahal diwaktu yang sama, belum tentu yang dicinta itu nanti jadi jodohnya.

Interpretasi
Daripada sibuk mencintai yang belum jelas, lebih baik sibuk dengan kegiatan lain yang lebih bermakna. Mungkin saja para budak cinta itu juga belum maksimal mengekspresikan cinta kepada kedua orangtua dengan berbakti kepadanya. Padahal itu lebih jelas dan menjadi pahala.
 **

Tinggalkan komentar