RPP Surat Lamaran Pekerjaan Daring Bahasa Indonesia Kelas 12

Materi pertama bahasa Indonesia yang di bahas di kelas XII adalah tentang Surat Lamaran Pekerjaan. Untuk membantu anda yang kesulitan dan masih mengawang-awang menyiapkan pembelajaran daring, saya mencoba membantu anda dengan mempublikasikan RPP Surat Lamaran Pekerjaan Daring untuk KD 3.1 dan 4.1.

Memasuki kelas 12, siswa SMA, SMK, dan sederajat perlu membahas hal-hal yang terkait dengan persiapannya selepas lulus. Tentu saja, jika bicara apa yang akan dilakukan anak-anak kita di sekolah setelah beres melewati pendidikan sepanjang dua belas tahun, jawabannya adalah mereka akan bekerja. Untuk itulah materi ini sangat penting.

Namun, jangan sampai kita sebagai guru hanya sekedar menyiapkan materi alakadarnya dengan tidak mencoba mengontekstualisasikan pembahasan ini dengan dunia kerja yang berkembang saat ini. Mengingat bukan hanya jenis pekerjaannya saja yang berubah, namun cara menyusun lamaran kerja juga tidak lagi sama dan semakin modern.

Untuk itu, idealnya ketika membagikan bahasan ini, ada spirit juga agar anak-anak yang kita ajar kelak bisa memanfaatkan ilmunya untuk meraih pekerjaan yang didapat. Berikut apa yang saya coba persiapkan.

Tujuan Pembelajaran

1. Siswa mampu mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca. (Agar lebih kontekstual, saya pikir perlu juga menyiapkan murid untuk identifikasi penyerta-penyerta lamaran yang zaman sekarang sering di cek oleh pemberi kerja semisal CV, portofolio, dan akun sosial media)

2. Siswa mampu menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur dari surat tersebut. (Sama seperti tujuan yang pertama, ada baiknya juga siswa diminta menyimpulkan CV yang baik, berikut porotofolio dan akun sosial media)

Notes: silakan baca ini portofolio kerja itu penting dan tips akun sosial media dilirik pemberi kerja untuk meyakinkan bahwa kedua hal itu juga perlu dibahas dalam materi ini.

Media dan Bahan

1. Media yang cocok dalam kegiatan identifikasi dan membantu siswa lebih mudah menyimpulkan menurut saya adalah media visual. Sebaiknya anak didik diberikan contoh surat lemaran pekerjaan, curriculum vitae, porotfolio, dan akun sosial media yang baik.

Berikut ini contoh surat:
Untuk contoh curriculum vitae yang baik dan menarik, ajak siswa menjelajahi aplikasi atau website canva. Ada banyak contoh CV atau resume yang bagus dan menarik untuk diidentifikasi.

Untuk portofolio karya, bisa siswa diminta melakuka browsing di google untuk melihat contoh portofolio yang bagus untuk dapat menarik pemberi kerja.
Sedangkan untuk akun sosial media, bisa anda berikan contoh akun sosial media tokoh tertentu yang menurut anda menunjukan citra yang bagus dan berpotensi membuat orang-orang suka untuk mempekerjakannya. Saya pribadi mereferensikan untuk meminta identifikasi akun facebook atau instagram orang bernama Dewa Eka Prayoga.
2. Media audio berupa rekaman tentang penjelasan materi. Bisa dibuat mendadak melalui voice note, aplikasi perekam suara, atau pembuat podcast.

3. Bahan yang dibutuhkan dapat diambil dari berbagai sumber. Misalnya google atau media sosial yang relevan dijadikan konten untuk media yang disiapkan.

Persiapan Pembelajaran

1. Guru melakukan pengecekan kuota dan batre perangkat komunikasinya. Baik itu smartphone, handphone, atau laptop. Pastikan aman.

2. Guru melakukan pengecekan untuk memasyikan bahwa bahan dan media yang akan digunakan sudah siap sedia beberapa menit sebelum pembelajaran dimulai.

3. Guru melakukan pengondisian tempat dan lingkungan sekitarnya agar terbebas dan gangguan yang memungkinkan menghambat kegiatan belajar daring.

4. Guru mempersiapkan instruksi-instruksi yang relevan dengan aktivitas belajar untuk mendukung pembelajaran.

Kegiatan Pembelajaran


1. Pendahuluan

a. Guru menyampaikan salam ke grup whatsapp (atau forum lain jika sarananya bukan whatsapp group.

b. Guru menghangatkan dan mencairkan suasana dengan menyampaikan hal-hal yang berbau basa-basi agar suasana grup menjadi cair.

c. Guru mengabsen atau mengecek kehadiran siswa. Absensi dapat dibuat manual dengan meminta siswa mengirimkan jempol, namun bisa juga melalui media yang lebih praktis dan rapi seperti google form.

d. Absen dibatasi dalam waktu tertentu semisal 15 menit. Guru boleh saja memberikan sanksi bagi yang terlambat, tentu saja yang tidak memberatkan juga.

e. Guru melakukan menyampaikan tujuan dari materi yang akan dibahasnya dalam kesempatan tersebut dengan mengaitkan manfaatnya dengan kehidupan siswa yang sebenarnya.

2. Kegiatan Inti

a. Guru memberi sedikit penjelasan mengenai hal-hal yang menunjang untuk proses melamar kerja. Selain surat lamaran pekerjaan yang diminta oleh KD 3.1 dan 4.1, jelaskan juga bahwa pemberi kerja memberi pertimbangan pada aspek lain semisal CV, portofolio, serta akun sosial media pelamarnya. Tidak perlu terlalu panjang, 5 menit audio sepertinya cukup.

b. Guru mengirimkan contoh-contoh yang baik dari surat lamaran, curriculum vitae, portofolio, dan akun sosial media sosok tertentu yang bisa dicontoh. Berisi siswa waktu untuk melakukan identifikasi apa saja sistematika serta hal-hal yang menjadi standar bagi baiknya konten-konten yang guru kirimkan.

c. Setelah itu, lakukan diskusi dan beri kesempatan murid untuk berpendapat tentang hasil yang diamatinya. Apa saja yang mereka temukan dari hasil identifikasinya.

d. Beri mereka tugas dengan 4 pertanyaan berikut ini. Bagaimana sistematika lamaran pekerjaan yang baik? Bagaimana CV yang baik? Bagaimana porotofolio karya yang baik? Bagaimana akun sosial media yang baik? Minta mereka mengirimkan dalam waktu mungkin sekitar 10-15 menit.

3. Kegiatan Penutup

1. Guru memberikan kesimpulan dan pandangan tentang jawaban-jawaban yang masuk dan dikirimkan siswa. Berikan apresiasi bagi yang mengumpulkan dan nasihat bagi yang lalai.

2. Guru menjelaskan tentang apa yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya untuk memicu rasa penasaran siswa.

Penilaian

1. Pengetahuan:  dapat diambil dari tugas yang dikirim siswa sebagai ukurannya.

2. Sikap: dapat diambil dari sikap-sikap positif siswa didalam grup. Baik itu mengenai kehadiran maupun keaktifannya.

3. Keterampilan: dapat diambil dari cara siswa mengeksperesikan diri melalui apa yang dituturkannya dalam grup. Jika ia berbahasa santun, berikan nilai yang baik.

Nah, demikianlah contoh RPP Surat Lamaran Pekerjaan Daring untuk KD 3.1 dan 4.1. Jika anda pikir ini membantu, bisa anda coba aplikasikan. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 8 Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan

Tinggalkan komentar